Pendidikan Islam di Era Society 5.0: Perspektif Nurcholish Madjid dalam Dinamika Kontemporer

Authors

  • Adam Hasyim Institut Miftahul Huda Subang
  • M. Mahbub AI Basyari, Ernawati, Amir Syaripudin, Neli Puswanti, Fadli Daud Abdullah Institut Miftahul Huda Subang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25900

Keywords:

Era Society 5.0, Pendidikan Islam, Nurcholish Madjid, Moralitas

Abstract

Era Society 5.0 membawa perubahan drastis dalam dunia pendidikan, termasuk pendidikan Islam yang dihadapkan pada tantangan mengintegrasikan teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Namun, hambatan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya kesiapan tenaga pendidik, dan resistensi terhadap perubahan masih menjadi kendala utama. Pemikiran Nurcholish Madjid menawarkan pendekatan yang relevan, dengan menekankan pentingnya nilai-nilai inklusivitas, pluralisme, dan humanisme dalam pendidikan Islam. Perspektif ini tidak hanya mendorong penguatan moralitas dan spiritualitas tetapi juga beradaptasi terhadap kebutuhan zaman melalui inovasi berbasis teknologi. Dalam penulisan ini menggunakan Metode penelitian library research atau studi kepustakaan yang update dan relevan, adalah metode penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber literatur yang relevan. Penelitian ini juga memperhatikan pentingnya pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang responsif terhadap tantangan Society 5.0. Kurikulum tersebut harus mampu mengintegrasikan literasi teknologi, data, dan manusia dengan nilai-nilai keislaman universal. Di sisi lain, pendidikan Islam perlu menjadi wadah pembinaan karakter yang bercirikan pada etika, moralitas dan spiritualitas dalam menghadapi dampak negatif disrupsi teknologi. Dengan pendekatan ini, pendidikan Islam diharapkan tidak hanya relevan tetapi juga mampu berkontribusi dalam menciptakan generasi yang kompeten secara global dan kokoh secara moral.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, F. D., Ludfi, A., Fatihah, I., & Wiwaha, S. M. (2024). Santri Entrepreneurship Education in the Market Day Program at Kuningan Pembangunan Islamic Boarding School. Jurnal Al Burhan, 4(2), 87-101.

Ernanto, H., & Hermawan, S. (2022). Preparing Adaptive Graduates, Islamic and Professional in the Era Society 5.0. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 14(4), 6–14.

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. 08(01), 68–73.

Haryono, E. (2023). Metodologi penelitian kualitatif di perguruan tinggi keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).

Husain, H. (2011). Menggali Nalar Saintifik Peradaban Islam (R. Aan & H. Suteja (eds.)). Mizan.

Istiqomah, I. (2023). Problematika Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Agama Islam Di Era Society 5.0. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 161–172. https://jurnal.stikes-ibnusina.ac.id/index.php/IHSANIKA/article/view/614

Jayana, T. A., & Siswanto, S. (2022). Penjabaran Nilai-Nilai Pluralisme Perspektif Nurcholish Madjid dalam Konteks Pendidikan Islam Multikultural. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i1.4864

Jumari, J., & Umam, K. (2022). Era Society 5.0: Suatu Tantangan Bagi Pendidikan Islam Kekinian. Journal of Islamic Education and Pesantren, 2(2), 155–170. https://doi.org/10.33752/jiep.v2i2.3790

Madjid, N. (2000). Islam: Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Paramadina. Dian Rakyat.

Muhammad, S. (2008). Filsafat dan Metafisika dalam Islam (Gunawan (ed.)). Narasi.

Mukaromah, S. (2020). Pemikiran Nurcholis Majid dan Pengembangan Pendidikan Islam: Analisis Spirit Keislaman dan Keindonesiaan. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 3(2), 123. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2019.0301-09

Muzamil, M. (2020). Urgensi Pendidikan Islam Dalam Memprogresivitaskan Sumberdaya Manusia di Era Pandemi Ciovid-19. Journal Piwulang, 3(1), 65. https://doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.505

Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0, 19(02), 107–109. https://www.ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/458

Rahman, M. T., & Mimbar, A. S. (2018). Konsep Politik Islam Kultural Perspektif Nurcholish Madjid. FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 3, 385. https://doi.org/10.25217/jf.v3i2.308

Ramli, M. A. (2023). Konsep Regulasi Artificial Intelligence dan Isu-Isu Aktual Cyber law (Wildan (ed.)). PT. Refika Aditama.

Rozi, A. F., Dewi, R. A., Fatah, I. K., Mahmud, M., & Madekhan, M. (2022). Urgensi Pendidikan Islam Non-Dikotomi Di Era Society 5.0. Kuttab, 6(1), 92. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.782

Safitri, A. R., Diana, N., Zain, S., & Rofiq, M. (2022). Pendidikan Islam Inklusif. 16(1), 1–23.

Downloads

Published

2025-06-13