PENGELOLAAN KECERDASAN MAJEMUK PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS I SD NEGERI 010 SANGATTA SELATAN

Authors

  • Mau Lina Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25885

Keywords:

kecerdasan, majemuk, berdiferensiasi, Pengelolaan

Abstract

Beragamnya kecerdasan majemuk peserta didik menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam mengelolah dan mengembangkan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk bisa mengakomodir semua semua kecerdasan majemuk peserta didik. Kecerdasan majemuk sendiri dikembangkan oleh Howard Gardner, seorang psikolog kognitif. Teori kecerdasan majemuk Gardner menekankan bahwa setiap orang memiliki keunik dalam memahami materi pelajaran, ia juga berpendapat bahwa kecerdasan dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui pengalaman dan pembelajaran. Agar proses pembelajaran bisa memfasilitasi semua kecerdasan majemuk peserta didik, maka guru harus mengembangkan pembelajaran berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik. Namun tentu itu bukanlah perkara yang mudah. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang dalam prosesnya menjadikan peserta didik sebagi subjek utama dalam pembelajaran. Pembelajaran berdiferensiasi dapat mengakomodasi berbagai jenis kecerdasan majemuk peserta didik dan meningkatkan motivasi serta partisipasi mereka dalam pembelajaran. Guru menggunakan strategi pembelajaran yang beragam untuk mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda-beda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kecerdasan majemuk melalui pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan berbasis pada kecerdasan majemuk peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New York, NY: Longman.

Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences (3rd ed.). New York, NY: Basic Books.

Mulyasa, E. (2021). Pengembangan dan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms (3rd ed.). Alexandria, VA: ASCD.

Uno, H. B., & Mohamad, A. (2019). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sani, R. A. (2020). Pembelajaran inovatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Ningsih, D. A., & Wahyuni, T. S. (in press). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam membentuk profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(2).

Setiawan, M. R., & Lestari, D. (in press). Strategi guru dalam mengelola kecerdasan majemuk siswa melalui pendekatan tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 10(1).

Firmansyah, R. (2023). Pengembangan pembelajaran berdiferensiasi berbasis kecerdasan majemuk di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 45–56.

Sutarto, R., Permana, Y., & Suryani, I. (2023). Analisis kebutuhan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di jenjang SD. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 112–125.

Yunita, R., & Harahap, F. (2022). Pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(3), 189–198.

Putri, A. M., & Wijaya, H. (2021). Penggunaan asesmen diagnostik dalam pembelajaran berdiferensiasi di kelas rendah. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 4(2), 78–85.

Handayani, S., & Prasetyo, A. (2023). Pemetaan kecerdasan majemuk siswa SD dan pengaruhnya terhadap keterlibatan dalam pembelajaran. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 7(1), 33–42.

Downloads

Published

2025-06-07