PENERAPAN TEORI BELAJAR KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN PJOK TERKAIT KETERAMPILAN MANIPULATIF SISWA KELAS V SDN 009 LONG KALI

Authors

  • Mau Lina Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25858

Keywords:

Belajar, kognitif siswa, PJOK, Interactive Learning Media, Learning Outcomes, Teacher skills, manipulative learning media, , siswa sekolah dasar, pembelajaran aktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bisa mengetahui peningkatan keterampilan manipulatif siswa kelas V di SDN 009 Long Kali melalui penerapan dari teori belajar kognitif dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Dalam memahami sebuah informasi, memecahkan suatu masalah, serta menghubungkan pengetahuan dengan pengalaman yang sebelumnya, teori belajar kognitif menekankan keterlibatan aktif dari peserta didik. Dalam pembelajaran PJOK, pendekatan ini dipakai untuk siswa agar tidak sekadar meniru gerakan secara mekanis. Fokus utama juga adalah pemahaman konsep yang mendasari gerakan tersebut. Instrumen pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta lembar penilaian keterampilan. Menurut hasil penelitian, keterampilan manipulatif siswa seperti melempar, menangkap, menendang, serta memukul mengalami peningkatan yang signifikan setelah penerapan dari pembelajaran berbasis teori kognitif. Sikap positif siswa ditunjukkan pula dalam kegiatan belajar PJOK, selain partisipasi aktif serta pemahaman konsep gerak yang meningkat. Hasil ini selaras dengan teori kognitif. Teori tersebut menyatakan bahwa pembelajaran bermakna itu terjadi pada saat siswa aktif membangun pengetahuan untuk dirinya sendiri. Sebagai upaya meningkatkan kompetensi motorik beserta kognitif siswa secara bersamaan, penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan kognitif secara lebih luas di dalam pembelajaran PJOK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendra, Jhony, and Ghazali Indra Putra. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Anak Melalui Permainan Olahraga Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Muara Pendidikan 4(2):438–44.

Hendra, Jhony, and Ghazali Indra Putra. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Anak Melalui Permainan Olahraga Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Muara Pendidikan 4(2):438–44.

Hidayat, Arif. 2017. “Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 2(2):21.

Irwandi, Betrisya, Nuryadi Nuryadi, and Agus Gumilar. 2023. “Keterampilan Gerak Manipulatif Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gender Pasca Pandemi Covid-19.” Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO) 6(2):145–53.

Lubis, Putriani, Maria Bintang Hasibuan, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Teori-Teori Belajar Dalam Pembelajaran.” Intelletika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2(3):1–18.

Maulana, Bayu, Bekti Wulandari, Bimo Tanjung Nugroho, and Citra Putri Perdana. 2025. “Model Pembelajaran PJBL ( Project Based Learning ) Terhadap Peningkatan Senam Irama Pada Mata Pelajaran PJOK.”

Nurhadi. 2020. “Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran.” 2:77–95.

Pahliwandari, Rovi. 2016. “Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.” Pendidikan Olaraga 5:154–64.

Putu, Ni, Dwi Sucita, Putu Budi Adnyana, I. Putu Wisna Ariawan, and I. Gede. 2025. “Implementasi Teori Sosial Kognitif Dalam Pendidikan Jasmani.” 16:11–19.

Rahayu, Risma Jati. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Manipulatif Lengan Pada Pembelajaran Model Pendidikan Gerak Berformat Permainan.” TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School 2(2):99–104.

Spradley, Perspektif, and Miles Huberman. 2024. “Kajian Teoritis Tentang Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kualitatif : Perspektif Spradley, Miles Dan Huberman.” 1(2):77–84.

Sulastri. 2016. “Penerapan Teori Kognitif Sosial Dalam Pembelajaran Di SD/MI (Analisis Pemikiran Albert Bandura).” AL-ASHR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Prodi PGMI-FAI-Universitas Islam Jember 1(1):125–41.

Downloads

Published

2025-06-07