DESKRIPSI PEMBERIAN PENGUATAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI SDN 011 TARAKAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2583Keywords:
Strengthening Skills, Motivation, QualitativeAbstract
The purpose of this study is to describe the basic teaching skills of teachers in providing reinforcement to the fifth graders at SDN 011 Tarakan and to determine the benefits of skills to strengthen student motivation. This qualitative research was carried out at SDN 011 Tarakan in the 2018/2019 school year. This research focused on the basic teaching skills of the teachers in providing reinforcement and the benefits of skills in providing reinforcement to student motivation. Primary and secondary data were used as sources with the principal, teachers, school supervisors, and student as informants. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The collected data were analyzed qualitatively through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the teacher at SDN 011 Tarakan had applied basic teaching skills in providing reinforcement, such as verbal, psychomotor, signal,gestural,approaching, and activeness so that it was benefical to improve learning motivation of the fifth grade students. Keywords: Strengthening Skills, Motivation, Qualitative ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan dasar mengajar guru dalam memberi penguatan di kelas V SDN 011 Tarakan dan untuk mengetahui manfaat keterampilan memberi penguatan terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 011 Tarakan pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini berfokus pada keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan dan manfaat keterampilan memberi penguatan tehadap motivasi siswa. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, guru, pengawas sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN 011 Tarakan telah menerapkan keterampilan dasar dalam memberikan penguatan, seperti penguatan verbal, penguatan sentuhan, penguatan tanda, penguatan gestural, penguatan mendekati, dan penguatan kegiatan sehingga bermanfaat pada motivasi belajar yang baik pada siswa kelas V. Kata Kunci: Keterampilan Memberikan Penguatan, motivasi, kualitatifDownloads
References
Andini, DM., Supardi, E., 2018. Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, (3)1, 151.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Fadhilaturrahmi. 2018. Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basiceda, 2(2), 62.
Febianti, YN. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. Jurnal Edunomic, 6(2), 97.
Halimah, Lelli. 2017. Keterampilan Mengajar Sebagai Inspirasi Untuk Menjadi Guru Yang Excellent Di Abad Ke-21. Bandung: PT. Refika Aditama.
Handayani, Hindri. Analisis Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Globalisasi Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN 4 Tapan Tahun Ajaran 2017/2018. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 249 - 258, jan. 2020. ISSN 2548-6950. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1094>. Date accessed: 08 may 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v4i2.1094
Hastuti, NLD. 2016. Studi Komparasi Motivasi Belajar Biologi Anatar Siswa Kelompok Peminatan dan Kelompok Lintas Minat di SMA Negeri 13 Semarang Tahun Pembelajaran 2016-2017. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo
Moleong, JL. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sabransyah. 2018. Deskripsi Keterampilan Dasar Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Kelas V SDN 007 Tarakan. Skripsi. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan
Sardiman, AM. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Raja Grafindo Persada.
Yunus, Muhammad; Andari, Kadek Dewi Wahyuni; Addinul Islam, Muhammad. The Principal's Competences In Implementing Cultural And Environmental Management Of The School In Sdn 033 Tarakan. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 263-273, oct. 2017. ISSN 2541-7207. Available at: <https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/11982/8587>. Date accessed: 08 may 2020. doi:http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i2.11982.