ANALISIS VALIDITAS INSTRUMEN ASESMEN PADA MATERI TOKOH-TOKOH GERAKAN PEMBARUAN ISLAM DALAM BUKU SKI KELAS 12 MA MUALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Authors

  • Rahmadani Akbar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Fikri Noor Fadjri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suwadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25807

Keywords:

Validitas Instrumen, Asesmen Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Tokoh Pembaruan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas instrumen penilaian topik gerakan pembaruan Islam dalam buku teks Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk Kelas 12 di MA Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian sebelumnya menyoroti dalam desain alat penilaian guru, khususnya dalam mengembangkan pertanyaan yang mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi dan nilai-nilai reflektif dalam pembelajaran sejarah Islam. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-analitis, penelitian ini fokus pada analisis validitas konten dan validitas konstruk dari lima pertanyaan esai dalam Bab V buku teks SKI. Sumber data primer meliputi buku teks SKI Kelas 12 dan instrumen penilaian yang menyertainya, sedangkan data sekunder meliputi dokumen kurikulum dan referensi terkait. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa instrumen penilaian menunjukkan validitas sedang hingga tinggi, tetapi validitas konstruknya bervariasi secara signifikan. Sebagian besar pertanyaan menargetkan tingkat kognitif rendah hingga menengah (C2-C3), dengan hanya satu pertanyaan yang mencapai tingkat kognitif lebih tinggi (C4-C5). Hal ini menunjukkan perlunya penyempurnaan alat penilaian untuk tidak hanya menyebarkan pengetahuan faktual tetapi juga menumbuhkan pemikiran kritis, keterampilan analitis, dan kemampuan siswa untuk mengintegrasikan nilai-nilai pembaruan Islam ke dalam konteks kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rahmadani Akbar, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Muhammad Fikri Noor Fadjri, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Suwadi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Anifarka, A., & Rosnawati, R. (2023). Analisis Buku Teks Matematika SMP Berdasarkan Tingkat Kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi dan Numerasi pada AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2151–2166. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.1701

Anisah, G., & Amreta, M. Y. (2023). Pengembangan instrument assessment as learning berbasis projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 9(1), 76–88. https://doi.org/10.22219/kembara.v9i1.22701

Ariawan, R., Zetriuslita, Z., Anggara, R. P., & Winanda, S. V. (2022). Pelatihan Penyusunan Soal Hots Bagi Guru Matematika. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 65–74. https://doi.org/10.25008/altifani.v2i1.207

Arifin, Z. (2015). Evaluasi Pembelajaran Penulis. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Asrofi, A., Hamilaturroyya, H., & Purwoko, P. (2025). Asesmen Pembelajaran Profetik Dalam Pendidikan Islam: Strategi Holistik Untuk Penguatan Nilai Spiritual Dan Karakter Peserta Didik. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 5(2), 9–21. https://doi.org/10.51878/strategi.v5i2.4839

Ayumi, A. Y., Sudiyati, C. A., Daulay, S. N., Wagiran, W., & Luriawati, D. (2021). Rekonstruksi Soal Penilaian Aspek Keterampilan Reseptif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Tahun Pelajaran 2018/2019 Smp Semesta Semarang. Asas: Jurnal Sastra, 2(3), 52. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26257

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th Edition). SAGE Publications.

Hadaina, N., Widiana, I. W., & Astawan, I. G. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok B. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.31116

Hambali, B., Ma’mun, A., Susetyo, B., Hidayat, Y., & Gumilar, A. (2022). Validitas dan Reliabilitas Rubrik Penilaian Tes Hasil Belajar Keterampilan High Service Untuk Siswa Sekolah Dasar. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 5(2). https://doi.org/10.17509/tegar.v5i2.46208

Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.2196

Hastuti, I., Asmawulan, T., & ... (2022). Asesmen PAUD Berdasar Konsep Merdeka Belajar Merdeka Bermain di PAUD Inklusi Saymara. Jurnal Obsesi: Jurnal …, Query date: 2025-02-25 14:48:54. https://pdfs.semanticscholar.org/f686/b616f613f5033fe6ae6d050c6da7d800b676.pdf

Hasudungan, A. N. (2022). Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR): Konstruksi Nilai-Nilai Karakter dalam Materi Sejarah Maritim Untuk Sekolah Menengah Atas. Education & Learning, 2(2), 64–73. https://doi.org/10.57251/el.v2i2.347

Kaaffah, R. R. S., Wijiyono, A. W., & Rahmayanti, I. (2021). Validitas Isi Pada Alat Evaluasi Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 158–167. https://doi.org/10.22236/imajeri.v3i2.6572

Kemendikbud. (2020). Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Lestari, G. P., Yensy, N. A., Hanifah, H., Agustinsa, R., & Susanto, E. (2022). Analisis Soal Latihan Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas Viii Materi Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.23-31

Listiani, W., & Rachmawati, R. (2022). Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 397–402. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.266

Lukman, H., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori krulik dan rudnick: Analisis validitas konten. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Query date: 2025-02-25 14:48:54.

Magdalena, I., Septiani, R., Ilmah, S. N., & Faridah, D. N. (2020). Analisis Kompetensi Guru dalam Proses Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran di SDN Peninggilan 05. NUSANTARA, 2, 262–275. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.814

Maharani, B., & Wahidin, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6(4), 5656–5663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097

Mahrunnisya, D. (2022). Analisis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah. Journal of Social Education, 3(2), 92–98. https://doi.org/10.23960/JIPS/v3i2.92-98

Maielfi, D. (2021). Validitas Instrument Penerapan Model Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Mahasiswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 404–411. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.316

Mulyanti, S., & Rahmania, S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Penguasaan Konsep Senyawa Alkil Halida: Analisis Validitas Model RASCH. Jurnal Zarah, 10(1), 21–27. https://doi.org/10.31629/zarah.v10i1.4161

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. (2016).

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Purnamasari, M. I. (2023). Analisis Validitas Konstruk, Konvergen, dan Diskriminan dari Instrument Well-Being. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 48–55. https://doi.org/10.21137/jpp.2023.15.1.6

Putra, M. D. K., & El Fahmi, E. F. F. (2024). Tes Penilaian Situasional Kecemasan Mahasiswa Jurusan Psikologi terhadap Statistika: Uji validitas konstruk. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(3), 2010–2022. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6601

Ratnawulan, E., & Rusdiana, H. A. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Dengan Pendekatan Kurikulum 2013 . Pustaka Setia.

Silalahi, S. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Kita Menulis.

Siti Mariyah. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Instrumen Penilaian Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik Teknik Kelompok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.62

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukardi. (2015). Evaluasi Pendidikan Prisip dan Operasionalnya. Bumi Aksara.

Sullivan, G. M. (2011). A Primer on the Validity of Assessment Instruments. Journal of Graduate Medical Education, 3(2), 119–120. https://doi.org/10.4300/JGME-D-11-00075.1

Supriyadi, G. (2011). Pengantar & Teknik Evaluasi Pembelajaran. Intimedia.

Surur, M., & Rakhman, F. (2022). Workshop Penyusunan Kisi Dan Soal MA Wali Songo Situbondo. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i1.59

Suryadi, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jilid II. CV. Jejak.

Suttrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Di Era Merdeka Belajar. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.37812/zahra.v3i1.409

Suyasa, P. W. A., & Divayana, D. G. H. (2022). Instrumen Evaluasi Model Discrepancy-CSE-UCLA Dalam Rangka Menunjang Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Synchronous. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5(2), 197–207. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48447

Valentina Sahra, F., & Aisiah, A. (2023). Validitas Isi Instrumen Pengukuran Literasi Sejarah. Jurnal Family Education, 3(3), 328–334. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i3.127

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2025-06-02