ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MELALUI METODE READING ALOUD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI ROMANG RAPPOA

Authors

  • Miftahuljannah Natsir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Maria Ulviani Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25794

Keywords:

Kata kunci: Kemampuan Literasi, Metode Reading Aloud, Pembelajaran

Abstract

Masalah utama   melalui metode reading aloud pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Romang Rappoa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan mengambil 9 sampel yang sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menggunakan reading aloud banyak siswa yang masih terbata-bata saat membaca. Namun setelah beberapa kali latihan mereka mampu dan mulai dapat memahami makna bacaan dengan lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi melalui metode ini membantu menggambarkan kemampuan literasi siswa melalui kegiatan membaca nyaring karena penerapan metode reading aloud menunjukkan hasil yang positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. Https://Doi.Org/10.31851/Pernik.V3i2.4839

Arianti, F. A., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Analisis metode reading aloud dalam pembelajaran literasi siswa sekolah dasar analisis metode reading aloud dalam pembelajaran literasi siswa sekolah dasar. Perseda, V(2), 142–151.

Faan, E. M., Yulianto, A., & Asrul, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 69–75. Https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.832

Hemamalini, Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa. Journal of Classroom Action, 4(4), 148–152. Https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2233

Suryani, L., Angela, E. N., Panca, U., & Bekasi, S. (2024). Penggunaan Metode Read Aloud Dalam Pengembangan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. 6(1), 1–12.

Downloads

Published

2025-06-09

Most read articles by the same author(s)