HUBUNGAN KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA DI SD NEGERI ASEMPAPAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25738Keywords:
Learning Discipline, Cognitive Learning Outcomes, Mathematics, Elementary SchoolAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini bermula dari rendahnya hasil belajar matematika siswa di SD Negeri Asempapan yang diduga dipengaruhi oleh kurangnya kedisiplinan dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar kognitif matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto, melibatkan 52 siswa kelas V yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari angket kedisiplinan belajar dan tes hasil belajar kognitif matematika berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kedisiplinan belajar siswa berada dalam kategori rendah (mean = 66,8), sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif matematika berada dalam kategori sedang (mean = 70,63). Uji korelasi Pearson Product Moment menghasilkan nilai r = 0,595 dengan signifikansi p = 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar kognitif. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa, maka semakin tinggi pula pencapaian hasil belajar kognitif matematika mereka. Kesimpulannya, kedisiplinan belajar mempunyai kontribusi penting terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar.Downloads
References
Abidin, Z., & Tohir, M. (2019). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Memecahkan Deret Aritmatika Dua Dimensi Berdasarkan Taksonomi Bloom. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 44–60. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.44-60
Adolph, R. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Pengertian Akhlak Tercela Melalui Model Pembelajaran Interaktif Di Kelas VIII SMP Negeri 11 Banda Aceh. 5(2), 1–23.
Anwar, A., & Mardiana, M. (2022). Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 185–199. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1330
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory: Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/index
Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sdn 2 Bila Kec. Dua Pitue Kab. Sidrap. 3(2), 91–102.
Lestari, N. D. (2022). Penanaman Kemandirian Dan Pola Asuh Anak Melalui Konseling Integrasi Metode Mengaji “Ummi” Di Desa Seketi, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(4), 93–103. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i4.262
Neviyarni, A. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2380
Nilda, janna miftahul. (2021). Variabel dan skala pengukuran statistik. Jurnal Pengukuran Statistik, 1(1), 1–8.
Nurmala, C. (2020). Hubungan Motivasi Intrisik Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Terhadap Pencapaian Nilai Mata Kuliah Asuhan …. Jurnal Kesehatan Indra Husada, 8(1), 69–80.
Patras, Y. E., Sabti, N. B., Windiyani, T., & Hidayat, R. (2021). The Effect of Learning Discipline on Independence Student Learning. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 70–79. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i2.3937
Rahayu, J., & Lidinillah, D. A. M. (2022). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(4), 231–544. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v9i4.53974
Sholikha, A. N., Zahra, F. Y., Amalia, M., Susanto, K., & Sari, N. (2024). Analisis Gaya Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Rendah Di Kelas V Sdn Kelurahan Rawajati. 187–195.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Wahyuni Amelia, R., & Purnama, T. (2023). Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return on Assets Pada Pt Ace Hardware Indonesia Tbk Periode Tahun 2012-2021. JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation, 1(1), 82–88.
Wahyuningtyas, A. (2020). Problematika Guru Dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 5 Mi Sailul Ulum Pagotan Madiun. i.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.