Strategi pembelajaran berbasis kearifan lokal (Permainan tradisional) di MIN Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25725Keywords:
Strategi Pembelajaran , Kearifan lokal, Permainan tradisionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana strategi pembelajaran berbasis permainan tradisional di MIN Kota Bima. Permainan tradisional merupakan bagian dari warisan budaya yang memiliki nilai edukatif tinggi. Banyak permainan tradisional yang mengandung unsur pemecahan masalah, strategi, kerja sama, dan komunikasi, serta memperkuat pemahaman konsep pembelajaran siswa. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan kearifan lokal dalam strategi pembelajaran, sehingga pembelajaran cenderung menoton dan kurang kontekstual dengan budaya setempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan tradisional dalam strategi pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat nilai-nilai budaya lokal, dan memperbaiki suasana kelas menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Strategi ini juga terbukti efektif dalam menanamkan nilai kerja sama, sportivitas, dan tanggung jawab dalam diri siswa. Dengan demikian, integrasi permainan tradisional dalam mewujudkan pendidikan penjaskes yang dihapuskan pada budaya lokal sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.Downloads
References
Asani, Sarida Nur. 2023. “Systematic Literature Review Efektivitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 3 (2): 17–23.
JASMINE, KHANZA. 2024. “Penerapan contextual teaching and learning dengan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas iv sekolah dasar.” Penerapan contextual teaching and learning dengan pendekatan culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas iv sekolah dasar 09 (1): 571–86.
Navi Ismail, Siraj, and Abdurrahman. 2023. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Manajemen Berbasis Kearifan Lokal Di SDN Ujong Tanjong Pada Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat.” JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8 (3): 3234–49.
Prayitno, Harun Joko, Faradiyah Nurul Rahmawati, Khoirunnisa’ Ismi Nur Intani, and Fajar Gemilang Pradana. 2022. “Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 1 (1): 1–9.
Putri, Qonita, Mudopar Mudopar, and Ira Rahayu. 2021. “Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar 4 (1): 20.
VYGOTSKY, L. S. 2021. “Interaction between Learning and Development.” Mind in Society.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.