PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25719Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri, Bangun Ruang, Volume, Luas Ruangan, Matematika SDAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan pemahaman konsep volume dan luas permukaan bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri 047174 Kutarayat. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa. Model pembelajaran inkuiri diimplementasikan melalui enam sintaks utama: stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi. Pembelajaran dirancang dengan memanfaatkan benda konkret dan teknologi seperti Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep matematis, kemampuan berhitung, serta keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. Keterlibatan aktif siswa dalam proses penemuan konsep matematis melalui eksplorasi mandiri dan kerja kelompok terbukti efektif dalam membangun pemahaman konseptual yang kokoh. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui asesmen formatif, sumatif, observasi sikap, dan penilaian proyek mini. Simpulan penelitian menegaskan bahwa model pembelajaran inkuiri mampu mendorong pembelajaran bermakna, meningkatkan keterlibatan siswa, serta mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis sebagai salah satu dimensi Profil Pelajar Pancasila. Rekomendasi penelitian mencakup integrasi model inkuiri dalam topik matematika lainnya dan pengembangan kemampuan guru dalam merancang pembelajaran berbasis eksplorasi dan penemuan.Downloads
References
Andriani, D. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 12–21.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Fitriani, R., & Wahyuni, A. (2020). Implementasi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 45–52.
Gunawan, H., & Sutarto, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1897–1905.
Hidayat, R., & Ningsih, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 30–38.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan, 18(2), 144–151.
Mulyasa, E. (2021). Pengembangan Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 210–220.
Nasution, A. S. (2022). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 59–67.
Putri, A. S., & Siregar, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(3), 191–198.
Rahmah, S. (2022). Efektivitas Multimedia Interaktif dalam Model Discovery Learning pada Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 51–60.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, N. W., & Yuliana, D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 130–138.
Suhartini, S., & Kurniawan, A. (2020). Strategi Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(3), 478–489.
Yuliani, K., & Saragih, S. (2015). The Development of Learning Devices Based on Discovery Learning Model to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 8–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.