Manajemen Emosi Guru Dalam Pengelolaan Kelas: Studi Kualitatif Tentang Strateg Mengatasi Perilaku Agresif Peserta Didik

Authors

  • Vicensia Araya PGSD FKIP Universitas Sanata Dharma
  • Kintan Limiansih Universitas Sanata Dharma
  • Gracendy Aluz Clarita Budiono Kinderstation Primary School

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25718

Keywords:

Aggressive behavior, Emotional management, Elementary school teachers

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi pengelolaan emosi guru dalam menghadapi perilaku agresif siswa di kelas, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Permasalahan yang dipecahkan adalah bagaimana guru mengaplikasikan kelima indikator pengelolaan emosi menurut Daniel Goleman, yakni kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, dalam menghadapi perilaku agresif yang sering terjadi di lingkungan belajar. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam terhadap tiga orang guru di salah satu sekolah dasar swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu mengenali dan mengelola emosi pribadi melalui strategi seperti melakukan tarik napas, berdiam diri, atau melakukan pendekatan personal kepada siswa. Motivasi intrinsik yang bersumber dari nilai-nilai spiritual, profesional, dan moral menjadi kekuatan utama dalam mengendalikan emosi. Guru juga menunjukkan empati dengan memahami latar belakang siswa dan membangun komunikasi yang suportif dan personal. Keterampilan sosial ditampilkan melalui pendekatan yang fleksibel dan adaptif dalam menjalin hubungan yang positif dengan siswa yang agresif. Sebagai kesimpulan, kelima indikator manajemen emosi berperan penting dalam membantu guru menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mengelola ketahanan emosi di kelas. Disarankan agar pelatihan manajemen emosi dan dukungan kelembagaan terus ditingkatkan untuk memperkuat profesionalisme guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhadi, Said, Purwadi, and Siti Muyana. 2017. “Memahami Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter 288–94.

Amaludin, Asep. 2020. “Pengaruh Efikasi Guru Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pengelolaan Kelas Dimoderasi Gaya Kepemimpinan Transformasional.” Madaniyah 10(Gaya Kepemimpinan Transformasional):117–30.

Aprilia, Bina Fatma, and Syunu Trihantoyo. 2020. “Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran.” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 08(04):434–49.

Buss, A. .., and M. Perry. 1992. “The Aggression Questionnaire.” Journal of Personality and Social Psychology.

Dewi, Rahmia, Cut Ita Zahara, Safuwan Amin, Nur Afni Safarina, and Shabrina Hanifa. 2023. “Emotion Management Training for Elementary School Teachers in Guiding Students in the Classroom Pelatihan Manajemen Emosi Guru Sekoalh Dasar.” 1(2):58–67.

Goleman, D. 1995. Emotional Intelligence. 1st ed. Scientific American Inc.

Prabu, A. A. Anwar, and Mela Puspitasari. 2015. “Kecerdasan Emosi, Stress Kerja, Dan Kinerja Guru SMA.” Jurnal Kependidikan 45:142–55.

Ramdan Samadi, Mochammad, Laesti Nurishlah, and Ani Sri Mulyani. 2023. “Peran Regulasi Emosi Dalam Profesionalisme Guru.” TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1(2):207–17. doi: 10.69768/jt.v1i2.32.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Downloads

Published

2025-06-09