PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAMES EDUKATIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 3 PADANG
Penelitian jenis pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen (Eksperimen semu)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25717Keywords:
Kosakata Bahasa Inggris, Wordwall, Anak Usia DiniAbstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang meunjukkan kemampuan pengenalan kosakata bahasa Inggris anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 3 Padang belum berkembang secara optimal, masih ada anak yang mengalami kesulitan dalam mengenalkan kosakata bahasa Inggris. Dikarenakan pengenalan kosakata bahasa Inggris masih menggunakan media dan metode yang kurang efektif dalam membantu anak menguasai kosakata bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran games edukatif berbasis Wordwall terhadap peningkatan pengenalan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Kemala Bhayangkari 3 Padang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen (Eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 3 Padang berjumlah 85 orang anak, dan sampel sebanyak 30 anak, terdiri dari kelas B1 dan B2 masing-masingnya berjumlah 15 orang anak. Tes lisan adalah metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan uji t, sebelum itu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian data diolah menggunakan aplikasi SPPS 30. Hasil data memperlihatkan dimana rata-rata skor pre-test pada kelas eksperimen adalah 13.27 dan skor post-test sebesar 16.93. Hasil pre-test rata-rata kelas kontrol adalah 12.53 dan skor post test kelas kontrol 14.60. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0.003 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa media wordwall memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 3 Padang. Kata Kunci: Kosakata Bahasa Inggris, Wordwall, Anak Usia DiniDownloads
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Adriani, L & Eliyasni R.(2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 pada pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Bandar Buat. Journal of Basic Education Studies. 5(1), 872- 886
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301
Arifin, Z., & Kanan, S. A.-H. B. A. W. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology. Jurnal Al-Hikmah, 1–140. https://doi.org/10.4324/9781315149783
Asadi, H., & Suryana, D. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Permainan Snakes and Ladders Terhadap Perkenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2993–3006.
Dr. M. Ihsan Dacholfany, M. E., & Uswatun Hasanah, M. P. . (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam (Budiyadi (ed.); 1st ed.). Amzah, 2018.
Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127. https://doi.org/10.29240/zuriah.v1i2.2100
Nuryadi, N., Astuti, D., Utami, S., & M Budiantara, M. B. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian.
Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, 10(2), 167–178. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/article/view/2409
Sinaga, & Muryanti. (2023). Pengenalan Media E-Flashcard Dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Simpang Empat Pasaman Barat. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 6(2), 9–18.
Solfiah et al., 2024. (2024). Pengaruh Media Game Edukasi Berbasis Wordwalll . Net Terhadap Pengenalan Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Santa Maria Pasir Putih. 4, 12526–12538.
Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak (Dr. Dadan Suryana) (z-lib.org).pdf. December 2016.
Tiara, D. R., Safira, A. R., & Sugito, S. (2023). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dengan Tingkat Ekonomi Rendah Di Kota Surabaya. Jurnal Golden Age, 7(1), 219–230. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/16596/3545
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.