PENDIDIKAN KARAKTER DAN MODERASI ISLAM BERBASIS VISI MISI MA ALI MAKSUM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25690Keywords:
Pendidikan karakter, Moderasi islam, Kurikulum integratifAbstract
Pendidikan karakter dan moderasi Islam sering kali belum terintegrasi secara optimal dalam sistem pembelajaran formal di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan integrasi pendidikan karakter dan moderasi Islam di MA Ali Maksum yang berbasis pesantren. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara terhadap Waka Kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan moderasi telah berjalan melalui kegiatan sehari-hari seperti kerja bakti (ro'an) dan interaksi antar siswa dari berbagai latar belakang, meskipun belum terprogram secara tertulis. Nilai-nilai tersebut disisipkan dalam mata pelajaran, dengan perencanaan berbasis visi madrasah: Agamawan, Ilmuwan, dan Bahasawan. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, mencakup aspek kognitif dan afektif. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi karakter dan moderasi dapat berjalan efektif melalui pendekatan berbasis budaya sekolah dan kurikulum terpadu. Disarankan agar program ini lebih terdokumentasi dan ditingkatkan melalui pelatihan guru dan penguatan kebijakan sekolah.Downloads
References
Afdhal, Manuputty, F., Litaay, S. C. H., & Makaruku, N. D. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Maluku dalam Hidden curriculum: Strategi Membangun Perdamaian dan Toleransi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4).
Ahmadi, & Afifa, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Studi Keislaman, 2(2).
Aisyah, S., & Anshori, M. (2023). Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Sikap Positif Strengthening Student Character Through Positive Attitude Conditioning. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar.
Azhari, D. S., & Mustapa. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.
Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Sukabina Press.
Damariswara, R., Wiguna, F. A., Hunaifi, A. A., Zaman, W. I., & Nurwenda, D. D. (2021). Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona. Diambil dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/dedikasi
Hairiyah, Hayani, A., & Susilowati, I. T. (2022). Penurunan Moral Pendidikan di Era Digitaliasi. LITERASI.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Badan Penerbit UNM.
Morgan, H. (2021). Celebrating Giants and Trailblazers in Creativity Research and Related Fields Howard Gardner’s Multiple Intelligences Theory and His Ideas on Promoting Creativity.
Musrifah. (2019). The Relevance of Al-Ghazali’s Tazkiyatun-Nafs Concept With Islamic Education in The Millennial Era. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 15. https://doi.org/10.21580/nw.2019.1.1.3899
Nata, A., & Indra, H. (2023). Kebijakan tentang pengembangan madrasah: Visi-misi dan tujuan, kurikulum, metode pembelajaran, manajemen dan SDM. Journal of Management in Islamic Education, 4(1), 81–88. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i1.8088
Nurjali, A., & Ruslan, U. W. (2024). Konsep Adab Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman, 11(1).
Purwanto. (2019). Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar: Domain dan Taksonomi. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Rosita, Safitri, R. D., Suwarma, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri. (2024). Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian.
Sanusi, I. (2024). Program Pengembangan Keberagamaan Peserta Didik di SMA Melalui Kegiatan Pembelajaran Berbasis PAI di Luar Kelas (Studi Kasus di SMAN 5 Bandung). Atthulab.
Sobari, A. A., Al-Ghazal, S., & Suhardini, A. D. (2017). Konsep Ilmu Menurut Imam Al-Ghazali dan Implikasinya terhadap Etika Menuntut Ilmu. Prosiding Pendidikan Agama Islam.
Sulistiani, I., & Nursiwi, N. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222
Supriatna, E. (2019). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Soshum Insentif, 128–135. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i1.106
Tien, L. (t.t.). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dalam Pengembangan Karakter Pancasila pada Siswa Madrasah Aliyah. Ta’limDiniyah (Journal of Islamic Education Studies), 4(2).
Zuhriansah, M. (2025). Modernisasi Pendidikan Perspektif Azyumardi Azra Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Islam. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam. Diambil dari http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.