Peran Guru dalam Membangun Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pendidikan Islam
Peran Guru dalam Membangun Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25680Keywords:
: Kesejahteraan guru, kebijakan pendidikan, kondisi kerja guru, regulasi pemerintah, keseimbangan kerja-kehidupan.Abstract
Kecerdasan emosional merupakan sebuah dimensi untuk berkembangnya anak mampu memberikan pengaruh berhasilnya bidang pendidikan, sosial, dan spiritual. Guru ini memiliki peranan utama dalam memberikan bantuan terhadap siswa agar memberikanperkembangan kecerdasan emosional dengan berkomunikasi dalam kehidupannya dan tahapan cara belajar lebih bermakna. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mempelajari peranan guru dalam membentuk kecerdasan emosional siswa dan bagaimana pandangan pendidikan Islam mampu memberi dukungan bagian ini. Pendekatan yang digunakan yaitu library research mempelajari penelitian terdahulu lebih relavan dengan pembahasan. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa adannya kecerdasan emosional tidak bersifat bawaan, namun dapat dikembangkan melalui pendidikan, pembiasaan, dan sikap baik di lingkungan keluarga maupun sekolah. Dalam pendidikan Islam, pengembangan kecerdasan emosional selaras dengan mampu membentuk sikap mulia yang bertujuan pendidikan. Oleh karena itu, guru tidak memiliki peranan untuk pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing emosional dan moral siswa.Downloads
References
Akhmad Rofik, Ashari Ashari, & Rudolf Crysoekamtoe. (2024). Peran Guru Agama Dalam Mengembangkan Emosional Dan Spiritual Siswa Di SMP PGRI 2 Driyorejo. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(6), 94–115.
Apriani, T. (2020). Guru Peranan Mengajarkan Pendidikan Agama Islam Peningkatan Emosional Peserta Didik Di Smp Pgri 6 Bandar Lampung Skripsi. Skripsi, 5(3), 248–253.
Fahriati, H. (2022). Peran Guru Dalam Membangun Kecerdasan Emosional Anak Kelompok B Di TK Islam AL Azhar 4 Kebayoran Lama. In UIN Syarif Hidayatullah. https://repository.uinjkt.ac.id/ Fatimah, S. (2017). Peran Guru Agama Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Pada Anak Di Smp Swasta Al-Hikmah Medan Marelan Pasar 1v Barat. 11(1), 92–105.
Faudillah, A. N., Khadijah, K., Putri, H. A., Munthe, A. F., & Ramdhani, A. S. (2024). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Pada Anak. Ami: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(1), 13–18.
Istiqomah. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 512–518.
Jannah, E. (2021). Upaya Guru Pai Dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Siswa Di Sma Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Iain Metro, 75(17), 399–405.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.