Peran Guru dalam Membangun Kecerdasan Emosional Siswa dalam ‎Pendidikan Islam

Peran Guru dalam Membangun Kecerdasan Emosional Siswa dalam ‎Pendidikan Islam

Authors

  • zapia gustina uinfas bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25680

Keywords:

: Kesejahteraan guru, kebijakan pendidikan, kondisi kerja guru, regulasi pemerintah, keseimbangan kerja-kehidupan.

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan sebuah dimensi untuk berkembangnya  anak mampu memberikan pengaruh berhasilnya bidang pendidikan, sosial, dan spiritual. Guru ini memiliki peranan utama dalam memberikan bantuan terhadap siswa agar memberikanperkembangan kecerdasan emosional dengan berkomunikasi dalam kehidupannya dan tahapan cara belajar  lebih bermakna. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu mempelajari peranan guru dalam membentuk kecerdasan emosional siswa dan bagaimana pandangan pendidikan Islam mampu memberi dukungan bagian ini. Pendekatan yang digunakan yaitu library research mempelajari penelitian terdahulu lebih relavan dengan pembahasan. Hasil pembahasan menjelaskan bahwa adannya kecerdasan emosional tidak bersifat bawaan, namun dapat dikembangkan melalui pendidikan, pembiasaan, dan sikap baik di lingkungan keluarga maupun sekolah. Dalam pendidikan Islam, pengembangan kecerdasan emosional selaras dengan mampu membentuk sikap mulia yang bertujuan pendidikan. Oleh karena itu, guru tidak memiliki peranan untuk pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing emosional dan moral siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad Rofik, Ashari Ashari, & ‎Rudolf Crysoekamtoe. (2024). ‎Peran Guru Agama Dalam ‎Mengembangkan Emosional ‎Dan Spiritual Siswa Di SMP ‎PGRI 2 Driyorejo. Jurnal Budi ‎Pekerti Agama Islam, 2(6), 94–‎‎115. ‎

Apriani, T. (2020). Guru Peranan ‎Mengajarkan Pendidikan Agama ‎Islam Peningkatan Emosional ‎Peserta Didik Di Smp Pgri 6 ‎Bandar Lampung Skripsi. ‎Skripsi, 5(3), 248–253.‎

Fahriati, H. (2022). Peran Guru ‎Dalam Membangun Kecerdasan ‎Emosional Anak Kelompok B Di ‎TK Islam AL Azhar 4 Kebayoran ‎Lama. In UIN Syarif Hidayatullah. ‎https://repository.uinjkt.ac.id/ ‎Fatimah, S. (2017). Peran Guru ‎Agama Dalam Mengembangkan ‎Kecerdasan Emosional Dan ‎Spiritual Pada Anak Di Smp ‎Swasta Al-Hikmah Medan ‎Marelan Pasar 1v Barat. 11(1), ‎‎92–105.‎

Faudillah, A. N., Khadijah, K., Putri, ‎H. A., Munthe, A. F., & ‎Ramdhani, A. S. (2024). Peran ‎Guru Dalam Mengembangkan ‎Kecerdasan Emosional Pada ‎Anak. Ami: Jurnal Pendidikan ‎Dan Riset, 2(1), 13–18.‎

Istiqomah. (2022). Peran Guru ‎Pendidikan Agama Islam dalam ‎Meningkatkan Karakter Disiplin ‎Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah ‎Ilmu Pendidikan, 5(2), 512–518. ‎

Jannah, E. (2021). Upaya Guru Pai ‎Dalam Pembentukan ‎Kecerdasan Emosional Siswa Di ‎Sma Muhammadiyah 1 ‎Sekampung Udik. Iain Metro, ‎‎75(17), 399–405.‎

Downloads

Published

2025-06-02