Ekstrakurikuler, kompetensi, Strategi Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial dan Karakter Siswa
Strategi Pengelolaan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial dan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25626Keywords:
ekstrakurikuler, strategi pengelolaan, karakter siswa, kompetensi sosialAbstract
Artikel ini membahas strategi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka meningkatkan kompetensi sosial dan karakter siswa di jenjang sekolah menengah. Penguatan pendidikan karakter menjadi prioritas dalam kurikulum nasional, dan ekstrakurikuler dipandang sebagai sarana pembelajaran nonformal yang efektif dalam mendukung tujuan tersebut. Melalui studi kualitatif berbasis analisis dokumen dan literatur ilmiah, artikel ini menelaah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler yang berorientasi pada pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan visi sekolah dan kebutuhan peserta didik mampu mendorong perubahan perilaku positif, seperti peningkatan tanggung jawab, kepedulian sosial, dan kerja sama. Evaluasi berkelanjutan dan refleksi menjadi elemen penting dalam menjaga relevansi serta efektivitas kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.Downloads
References
Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter ( PPK ). Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119.
Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Analisis Isi, 5(9), 1–20. https://www.academia.edu/download/81413125/DesainPenelitianContentAnalysis_revisedJumalAhmad.pdf
Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971
Akbar, A., Rezki, A., Putri, E., & Rahmatika, N. U. (2024). Penerapan Evaluasi Portofolio dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Sukadana. Jurnal of Education Research, 5(4), 5567–5575.
Alivia, T., & Sudadi, S. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(2), 108. https://doi.org/10.56630/jti.v5i2.447
Anwar, F., Suaidi, Widdah, M. el, Sari, N. H., & Aldila, R. (2025). Rekomendasi Kebijakan Pendidikan Islam. At-Ta’lim: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 1–19.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Ariyanti, A. Z. (2024). Upaya Menanamkan Nilai dan Moral Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar. Educare : Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 2(1), 95–101.
Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jayapangus Press, 4(1), 98–112.
Arviansyah, M. R., & Safitri, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 49–54. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.13383
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). EFEKTIVITAS DAN PERAN DARI GURU DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Lentera Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 40–50.
Bahri, H. S. (2008). USAHA-USAHA KEPALA SEKOLAH DALA INOVASI PENDIDIKAN (studi kasus Di MTs Al-Y Yakin Pumpungan Kalitidu Bojonegoro). UIN Malang.
Efferi, A. (2019). Strategi Rekrutmen Peserta Didik Baru Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di MA Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus. Edukasia, 14(1), 25–48. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/download/4844/pdf_1
Fakhruddin, A. (2012). MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI SEKOLAH Oleh : Agus Fakhruddin. Jurnal Upi.
Farchan, F. (2016). Teknikal manajemen sumber daya manusia strategik sebuah paradigma pengukuran kinerja. Jurnal Risalah, 1(1), 42–62.
Febrianti, F., Mahmud, M., & Hifid, R. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 1535. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1535-1552.2022
Hidayanah, L. (2024). Penerapan metode 3t+1m untuk meningkatkan kemampuan hafalan al - qur’an siswa di kelas x - ipa 1 man 4 aceh timur. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM-BANDA ACEH.
Kristina, M., Sari, R. N., & Puastuti, D. (2021). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Alam Al Karim Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 347. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24376
Mujahidin, M. D., Sarmini, Segara, N. B., & Setyawan, K. G. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila “ Gaya Hidup Berkelanjutan ” dalam Menanamkan Peduli Lingkungan di SMP Negeri 2 Taman. Jurnal Dialektika, 3(4), 24–40.
Mukti, A., Arsyad, J., & Bahtiar, A. (2023). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an dan Hadits Pada Siswa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1485–1500. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4213
Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakulikuler di SD AL Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 5(1), 115–129.
Prasetiawati, E. (2017). Urgensi pendidikan multikultural untuk menumbuhkan nilai toleransi agama di indonesia. TAPIS, 1(2).
Prasetyo, H. T., Rohmadi, T., & Muhibbin, A. (2025). Evaluasi P5RA Tema Suara Demokrasi sebagai Upaya Menanamkan Pendidikan Demokrasi di Pesantren. Jurnal Didaktika, 14(2), 1943–1954.
Rahayu, N. (2019). Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di SMK 10 November Sidoarjo [UIN SUNAN AMPEL SURABAYA]. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif (pp. 1–37). http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4494/1/METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan Praktis Kualitatif.pdf
Salmah, T., Siregar, I., Nola, I. S., & Hartati, T. (2025). PROSEDUR PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK ) MENGUBAH TANTANGAN KELAS MENJADI SOLUSI. Jurnal Pendidikan, 3(1), 63–73.
Saman, A. M., & Hasanah, E. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Melaksanankan Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatkan Kompetensi Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1913–1920. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.2512
Santoso, N., & Pambudi, F. A. (2016). Survei Manajemen Program Ektrakurikuler Olahraga Di Sma Sebagai Faktor Pendukung Olahraga Prestasi Di Kabupatan Klaten. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(2), 85–92.
Sari, V. K., Akhwani, Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Antikorupsi melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Shalahudin, F., & Sifaq, A. (2023). JPO: Jurnal Prestasi Olahraga SURABAYA. JPO: Jurnal Prestasi Olahraga, 6(1), 20–24.
Sumardjoko, B., & Haryanto, S. (2024). Manajemen Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam Menumbuhkembangkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik. Jurnal Didaktika, 13(001), 593–606.
Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.45
Suryana, E. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Melalui Kegiatan Keagamaan. Muaddib Islamic Education Journal, 7(1), 46–53.
Warnida, A. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KURIKULUM DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP LETJEN JAMIN GINTING’S BERASTAGI. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(2), 338–342.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.