PENGARUH TACTICAL GAMES MODEL TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25588Keywords:
Tactical Games Model, Playing Skills, FutsalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi Pengaruh Tactical Games Model Terhadap Keterampilan Bermain Futsal Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 6 Karawang Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian One Grup Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 21 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal, sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh semua populasi dijadikan sampel, instrumen yang digunakan yaitu Game Performance Assesment Instrument (GPAI). Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa adanya hasil yang signifikan dilihat melalui nilai rata-rata yang berbeda yaitu pretest sebesar 4,76 dan setelah diberikan treatment serta dilakukan posttest nilai rata-rata naik menjadi 6,75. Juga didukung dengan hasil perhitungan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 nilai sig. (2-tailed) < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan untuk keterampilan bermain futsal data pretest dan posttest. Artinya terdapat pengaruh yang meningkat dari hasil dengan perlakuan yang telah di berikan. Pengaruh tersebut di tunjukan dengan peningkatan kemapuan ketermpilan bermain futsal siswa pada saat pretest dan posttest yaitu dilihat dari hasil mean mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 1,9. Kata kunci: Tactical Games Model1, Keterampillan Bermain2, Futsal3.Downloads
References
Jurnal :
Aziz, M. I. M., & KN, J. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Permainan Bola Besar. Jurnal Pendidikan Mutiara, 6(1), 5–16.
Farhaini, Nurul, et al. (2023). Efektifitas Tactical Games Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Permainan Bola Basket Terhadap Kerjasama Siswa Sekolah Menengah Kejurusan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4093–4096.
Gani, R. A., Nugroho, S., & Afrinaldi, R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Dada. Jurnal Speed Unsika, Vol 2(1), 52–80. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35706/speed.v1i2.173
Hijriani, A., Muludi, K., & Andini, E. A. (2017). Implementasi Metode Regresi Linier Sederhana Pada Penyajian Hasil Prediksi Pemakaian Air Bersih Pdam Way Rilau Kota Bandar Lampung Dengan Sistem Informasi Geofrafis. Jurnal Informatika Mulawarman, 11(2), 37–42.
Nasution, N. S. (2018). Pengembangan Kecerdasan Sosial Melalui Metode Pembelajaran Outdoor Education. JUDIKA(Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6, 73–80. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika
Rafsanjani, H., Musrifin, A. Y., & Hartika, R. F. (2023). Penerapan Model Tactical Games Approach Terhadap Kemampuan Belajar Shooting Bola Basket Pada Sisiwa Kelas Viii. Gelora : Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP Mataram, 10(2), 132. https://doi.org/10.33394/gjpok.v10i2.9096
Sudrazat, A., & Rustiawan, H. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Keterampilan Sosial. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.23498
Sugiarto, A. (2020). SInergitas Pelatih dengan Atlet dalam Upaya Meraih Prestasi Puncak. Cendekia (Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran) IKIP PGRI Kalimantan Timur, 4(2), 1–10.
Buku:
Rahayu, E. T. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. In Bandung: Alfabeta. alfabeta.
Sugiyono (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.