PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 4 MEGUGEDE

Authors

  • Muhamad Al Furqoni Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Prabawati Nurhabibah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Endra Setiawan SDN 4 Megugede

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25572

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), Peningkatan Hasil Belajar, Media Flash Card

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS, khususnya pada materi keanekaragaman hayati, menjadi salah satu tantangan yang dihadapi di kelas 4A SDN 4 Megugede. Proses pembelajaran yang masih bersifat satu arah menyebabkan peserta didik memiliki keterbatasan dalam berpikir kritis dan mengeksplorasi materi secara lebih mendalam. Untuk mengatasi kondisi tersebut, diperlukan media pembelajaran yang dapat mendorong keterlibatan aktif mereka dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran flash card sebagai alat bantu dalam memahami konsep keanekaragaman hayati. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 26 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam capaian belajar peserta didik. Ketuntasan belajar meningkat dari 50% pada prasiklus menjadi 96% pada siklus II, menunjukkan efektivitas penggunaan flash card dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, strategi ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi (2010:16), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Dipin, D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Problem Based Introduction Pada Tema 8 Bumiku Di Kelas VI Semester Genap SD Negeri 1 Tempayung: Efforts To Improve Thematic Learning Outcomes Through The Problem Based Introduction Method In 8 Bumiku Themes In Grade VI Even Semester At SD Negeri 1 Tempayung. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 8-14.Larasati, F. (2018). Student Centered Learning: an Approach To Develop Speaking Skill in Efl Classroom. English Community Journal

Febriyanto, B. & Yanto, Ari. (2019). Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.3 No.2.

Fitriyani, E. dan Nulanda, P.Z. Efektivitas Media Flash Cards Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi. 4, (2), hlm.167-182.

Handayani, E. S. & Subakti, Hani. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 3 (1). 151-164.

Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1, (2), hlm. 1-13.

Marwa,n.w.s. ,usman, & qodriani,b. (2023). Persepsi guru sekolah dasar terhadap mata pelajaran ipas pada kurikulum merdeka. metodik didaktik: jurnal pendidikan ke-sd-an

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Susilana R. dan Riyana C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Downloads

Published

2025-06-09