HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vina Febriana Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Engga Dallion Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25569

Keywords:

Pendidikan, Pancasila, Toleransi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila dengan sikap toleransi yang dimiliki oleh siswa kelas V di sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah minimnya Sikap Toleransi siswa seperti, masih banyak siswa yang mengejek teman, tidak menghormati dan menghargai perbedaan antar teman, serta masih ada siswa yang sering memaksakan kehendaknya, maka dari itu pentingnya meningkatkan pemahaman nilai-nilai pancasila kepada siswa untuk menumbuhkan sikap toleransi yang tinggi, seperti saling menghargai dan menghormati antar teman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pegangsaan Dua 05 pada kelas V dengan Jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sumpling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk Variebal X (Pemahaman Nilai-nilai Pancasila) dan angket kuesioner untuk Variabel Y (Sikap Toleransi), dengan jumlah masing-masing instrumen sebanyak 15 item. Data dianalisis menggunakan Uji Korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang cukup signifikan antara Pemahaman Nilai-nilai Pancasila dengan toleransi Sikap, dimana hasil Koefisien Korelasi yang ditandai dengan nilai r sebesar 0,599. Dengan demikian, semakin tinggi pemahaman nilai-nilai pancasila siswa, maka semakin tinggi pula sikap toleransi yang ditunjukan siswa dalam kehidupan yang beragam. Maka guru diharapkan memberikan nilai-nilai pancasila secara bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia Nuraini, R., Syahrul Jiwandono, I., & Guru Sekolah Dasar, P. (2021). HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PPKn DENGAN KARAKTER SISWA KELAS V SDN GUGUS V AMPENAN ARTICLE INFO ABSTRACT. Primary Education Journal, 2(1), 2021. https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas

Arifin. (2019). The Role of Citizens Education in forming the Attitude of Diversity Tolerance. In Jurnal Mantik (Vol. 3, Issue 3).

Gentala, J., & Dasar, P. (2023). IMPLEMENTASI SIKAP TOLERANSI SISWA DI SEKOLAH DASAR Informasi Artikel. 8(1), 52–63. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.xxxxx

Khaerunisa Syaumi, I., & Anggraeni Dewi, D. (2022). IMPLEMENTASI NILAI NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Nafiah, M., sutrisno, & Tri Rosmana, D. (2022). Aktualisai Nilai Pancasila Sila Persatuan Melalui Sikap Toleransi Siswa SDN Angke 05. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7 No 1, 26.

Sari, E., Hestiana, I., & Nurlita, R. (2024). Membangun Pengetahuan dan Sikap Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.451

Shalsabilla Firdhaus, T., & Sulistyawati, I. (2024). HUBUNGAN PEMAHAMAN NILAI KEMANUSIAAN DALAM SILA KEDUA PANCASILA DENGAN SIKAP EMPATI SISWA SEKOLAH DASAR. Journal Binagogik, 11(1), 124–133. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd

Taniredja, T., Pradana, D. W., & Priyanto, E. (2021). Hubungan pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dengan sikap toleransi peserta didik. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 18. https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i1.18017

Downloads

Published

2025-06-12