PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM REKONTRUKSI SOSIAL DAN IMPLEMENTASINYA PADA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH

Authors

  • Elsa Feryani institut agama islam abdullah said batam
  • Abudin Nata

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25568

Keywords:

kurikulum, rekonstruksi sosial, implementasi, pendidikan karakter

Abstract

Kurikulum sebagai suatu rancangan dalam melaksanakan pendidikan di sekolah berkedudukan penting dalam pelaksanaannya. Kurikulum banyak mengalami perubahan dan perbaikan seiring berkembangnya jaman, salah satunya yaitu model kurikulum rekontruksi sosial. Perkembangan kurikulum ini menekankan suatu lembaga sekolah sebagai suatu ajang untuk membawa perubahan positif yang akan membangun masyarakat lebih baik. Sehubungan mengenai hal tersebut tujuan penulisan artikel yaitu untuk menggali hubungan pengembangan model kurikulum rekontruksi sosial dengan implementasinya dalam pembelajaran pendidikan karakter di dalam lembaga sekolah. Perlu diketahui bahwa pada zaman sekarang banyak peserta didik yang mulai melupakan beberapa karakter yang tertanam dalam diri bangsa sejak bangsa tersebut merdeka. Pendidikan karakter sebagai implementasi pengembangan model kurikulum rekontruksi sosial inilah yang nantinya dapat diharapkan untuk mengubah karakter peserta didik yang dapat nantinya dapat membangun masyarakat menjadi lebih baik terutama bagi peserta didik pada jenjang pendidikan menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhara, Orsy, Mustiningsih, Mustiningsih, & Karimah, Kingkin Zuhrotul. (2020). Implementasi model dan desain kurikulum di indonesia. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Azis, Rosmiaty. (2018). Implementasi pengembangan kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44–50.

Counts, G. S. (n.d.). Dare the School Build a New Social Order? John Day Company. Retrieved from https://archive.org/details/dareschoolbuildn00countuoft

Creswell, John W. (2015). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: SAGE Publications Ltd.

Fadilah, M. Pd, Alim, Wahab Syakhirul, Zumrudiana, Ainu, Lestari, Iin Widya, Baidawi, Achmad, Elisanti, Alinea Dwi, & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Gunawan, Muhammad Indra Adi, & Usman, Eng Fadly. (2022). Curriculum Management In Improving The Quality Of Education. Journal of Social Science and Economics, 1(2), 146–167.

Kusumaningrum, Hanifah, & Hafida, Siti Hadiyati Nur. (2021). Analisis Literasi Digital terhadap Karakter Jujur Siswa selama Pembelajaran Daring. PEDAGOGIA, 19(1), 24–35.

Mahdi, Asmin, SABARUDIN, SABARUDIN, & AFRIANI, GUSMA. (2022). Pendekatan Rekonstruksi Sosial dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(1), 95–108.

Marshanda, Syabilah, Syahruddin, Syamsiah, & Nuha, Dias Akhwatun. (2023). Perencanaan Sistem Pendidikan Islam: Pandangan Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11).

Molenda, M. (2003). In Search of the Elusive ADDIE Model. Performance Improvement, 42(5), 34–37. Retrieved from https://doi.org/10.1002/pfi.4930420508

Moleong, J. (2006). Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif Cetakan keduapuluh dua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mubaroq, Syahrul. (2018). Konsep kurikulum rekonstruksi sosial dalam menghadapi pembelajaran di era modern. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1).

Musyarri, Fazal Akmal. (2020). Anotasi atas Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Hukum Lex Generalis, 1(7), 40–46.

Nurdyansyah, Nurdyansyah. (2015). Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti–Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare. Halaqa, 14(1), 13–22.

Nurhayati, & Rosadi, Kemas Imron. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (n.d.). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues (7th ed.). 2017. Retrieved from https://www.pearson.com/us/higher-education/program/Ornstein-Curriculum-Foundations-Principles-and-Issues-7th-Edition/PGM334548.html

Pinar, W. F. (2012). What Is Curriculum Theory? Routledge. Retrieved from https://www.routledge.com/What-Is-Curriculum-Theory/Pinar/p/book/9780415899456

Savitri, Silvi Diah. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Rekontruksi Sosial Dan Implementasinya Pada Jenjang Pendidikan Menengah. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19.

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Tyler, R. W. (n.d.). Basic Principles of Curriculum and Instruction. Retrieved from https://press.uchicago.edu/ucp/books/book/chicago/B/bo3620202.html

Warnandi, Nandi. (n.d.). Konsep kurikulum rekonstruksi sosial dalam pengembangan program muatan lokal. Unpublished Student Paper. Program Studi Pengembangan Kurikulum, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Downloads

Published

2025-05-29