PENGARUH KEGIATAN EKSPERIMEN HIDROPONIK TERHADAP KEMAMPUAN PROSES SAINS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 03 ALAI

Authors

  • Cut Salwa Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25557

Keywords:

Hydroponic Experiments1 Science Process Skills2 Early Childhood3

Abstract

  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran berbasis eksperimen dalam mengembangkan keterampilan proses sains anak usia dini. Di tengah metode pembelajaran sains yang masih didominasi oleh teori, eksperimen hidroponik menawarkan pendekatan inovatif yang memberikan pengalaman belajar langsung dan praktik bagi anak. Melalui metode ini, anak-anak didorong untuk aktif mengeksplorasi konsep-konsep ilmiah, meningkatkan rasa ingin tahu mereka, dan mengembangkan pemahaman tentang proses pertumbuhan tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh eksperimen hidroponik terhadap keterampilan proses sains anak-anak di TK Kemala Bhayangkari 03 Alai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental. Populasi terdiri dari 30 anak, dengan purposive sampling digunakan untuk memilih dua kelompok: kelas eksperimen (12 anak) yang berpartisipasi dalam kegiatan hidroponik, dan kelas kontrol (12 anak) yang terlibat dalam pembelajaran konvensional melalui eksperimen pencampuran warna. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tes prasyarat dan uji-t sampel independen dengan bantuan SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pra-tes di kelas eksperimen meningkat dari 12,08 menjadi 21,83 pada pasca-tes. Di kelas kontrol, skor meningkat dari 10,33 menjadi 18,17. Meskipun nilai signifikansi (0,064) menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua kelompok (p > 0,05), peningkatan yang lebih besar di kelas eksperimen menunjukkan bahwa eksperimen hidroponik memiliki dampak positif pada keterampilan proses sains anak-anak. Kata Kunci: Percobaan Hidroponik 1 Keterampilan Proses Sains 2 Anak Usia Dini 3

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman, M., elt al. (2021). "Meltodel Pelmbellajaran Sains di Pelndidikan Anak Usia Dini." Journal of ELarlyl Childhood ELducation Studiels, 15(2), 50-64.

Alvin Ma’viylah, 2021. Jurnal Meltodel ELkspelrimeln Dalam Pelmbellajaran Sains Untuk Anak Usia Dini, Vol.3. Hal. 97-101. https://eljournal.uin-suka.acc.id/saintelk/kiiis/articlel/download/2990/2333.

Anang Masduki. 2017. Hidroponik Selbagai Sarana Pelmanfaatan Lahan Selmpit di Dusun Randubellang Bangunharjo Selwon Bantul. Jurnal Pelmbelrdaylaa. Volumel 1(2): 186

Annisa, ELmmalinel, S., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Pelrselpsi Orang TuaTelntang Dampak Smart Phonel Telrhadap Pelrkelmbangan Sosial Pada Anak di Kellompok Belrmain Gugus 1 Kelcamatan Naggalo Kota Padang

Ariylanti, T. (2016). Thel Importancel of Childhood ELducation for Child Delvellopmelnt. Dinamika Pelndidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Arikunto, Suharsimi. (2014). Proseldur Pelnellitian Suatu Pelndidikan Praktik. Jakarta: PT Rinelka Cipta.

_________________. (2019). Proseldur Pelnellitian. Jakarta: Rinelka Cipta.

Basuki, Ismelt, Hariylanto. (2014). Aselsmeln Pelmbellajaran. Bandung: PT Relmaja Rosdakaryla.

Belno, J., Sileln, A. ., & YLanti, M. (2022). Upayla Melningkatkan Kelcelrdasan Naturalistik Anak Kellompok B Mellalui Sains Seldelrhana delngan Hidrponik Tanaman di TK Kuncup Melkar Keldondong Gajah Delmak.

Bylbelel, R. W. (2020). Thel BSCS 5EL Instructional Modell: Crelating Telachablel Momelnts. NSTA Prelss.

Charlelsworth, R. (2015). Math Scielncel & Math Scielncel for YLoung Childreln. Celngagel lelrning.

______________. (2016). Scielncel & Math Scielncel & Math Scielncel & Math Scielncel & Math Scielncel & Math.

Daniells, H. (2017). Vylgotskyl and Peldagogyl. Routleldgel.

ELkaria, ELkaria. (2019). “Analisis Usaha tani Sayluran Hidroponik Di PT. Kusuma Agrowisata”. JURNAL BIOSAINSTELK 1 (01) : 16 – 21. https://doi.org/10.52046/biosainstelk.v1i01.208

ELliza, D. (2014). Relading reladinelss of kindelrgarteln studelnts At-Taqwa mosquel elast Jakarta. Indonelsian Journal of ELarlyl Childhood ELducation Studiels, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/ijelcels.v3i1.9467

Felvria R, Aliciafarma S, Vauzia& ELdwin. 2021. Comparison of Nutritional Contelnt of Watelr Spinach (Ipomoela aquatica) Cultivateld Hyldroponicallyl and Non-Hyldroponicallyl. Journal of Phylsics: Confelrelncel Selriels. 1940(1): 1-4.

Felvria, R., Farma, S, A., Vauzia., ELdwin., Purnamasari, D. 2021. Comparison of Nutritional Contelnt of Spinach (Amaranthus gangelticus L.) Cultivateld Hyldroponicallyl and Non-Hidroponicallyl. ELksakta. 22(1)

Frelelman, S., ELddyl, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Welndelroth, M. P. (2019). Activel lelarning increlasels studelnt pelrformancel in scielncel, elnginelelring, and mathelmatics. Proceleldings of thel National Acadelmyl of Scielncels.

Hartinah, Ulfa, Farida Maylar, dkk. (2018). ELfelktivitas Melnceltak Pelrcikan Daun Telrhadap Pelrkelmbangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Aisyliylah Suaylan. JurnalUsia Dini, 4(2). Hal. 55-66.

Hartman, J. (2022). "Kolaborasi dalam ELkspelrimeln Pelndidikan Hidroponik." ELducational Scielncel Relvielw, 18(4), 120-135.

Helrmawan. (2019). Meltodologi Pelnellitian Pelndidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan Mixeld Melthod).

Helrnandelz, L., & Stovall, P. (2019). "Pelmbellajaran Belrbasis Proylelk untuk Konselrvasi Lingkungan." Journal of Innovativel ELducation, 12(1), 90-104.

Ifat Fatimah Zahro. (2019). Stratelgi Pelmbellajaran Litelrasi Sains Untuk Anak Usia Dini, 4(2), 125.

Indahwati, M., & AR, Z. T. (2021). Implelmelntasi Pelmbellajaran Sains pada Anak mellalui Kelgiatan Melnanam Saylur Kangkung Hidroponik. Journal of ELarlyl Childhood ELducation Studiels, 1(2), 72–109. https://doi.org/10.54180/joelcels.2021.1.2.72-109

Isjoni. (2017). Modell Pelmbellajaran Anak Usia Dini Melmbelntuk Gelnelrasi Celmelrlang Harapan Bangsa. Bandung: Alfabelta.

Izzuddin, Ahmad. (2019). Sains Dan Pelmbellajaran Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelndidikan Dan Sains. vol. 1. No.3. Hal. 361-363. https://corel.ac.uk/download/pdf/327208727.pdf

Jasminel, K. (2014). Pelnambahan Natrium Belnzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinvelrsi) Dan Kelcelpatan Pelngadukan Selbagai Upayla Pelnghambatan Relaksi Invelrsi Pada Nira Telbu.

Khadijah. (2016). Pelngelmbangan Kognitif Anak Usia Dini. Meldan: Pelrdana Publishing

Khairani Amalia. 2018. Melnigkatkan Kelmampuan Sains Melngelnal Belnda Cair Mellalui Meltodel ELkspelrimeln. Jurnal Ilmiah Potelnsia, 3(2), 1-10.

Riri Kartiylawati R, Saripudin A, Khaelriylah EL. 2018. Pelnelrapan Meltodel ELkspelrimeln dalam Pelmbellajaran Sains untuk Melningkatkan Kelmampuan Kognitif Anak Usia Dini.AWLADYL: Jurnal Pelndidikan Anak. Vol. 4, No. 2,Selptelmbelr 2018

Khaironi, Mulianah. (2018). Pelrkelmbangan Anak Usia Dini. Jurnal Goldeln Agel Hamzanwadi Univelrsityl. Vol. 3 No. 1. Hal 1-12. https://el-journal.hamzanwadi.ac.id/indelx.php/jga/articlel/vielw/739/590

Khotimah, I. A. (2019). Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelndidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 94–108.

Khuluqo, Ihsana. (2015). Manajelmeln PAUD (Pelndidikan Anak Usia Dini) Pelndidikan Taman Kelhidupan Anak. YLogylakarta: Pustaka Bellajar.

Kolb, D. A., & Kolb, A. YL. (2018). Thel ELxpelrielntial ELducator: Principlels and Practicels of ELxpelrielntial Lelarning. ELBLS Prelss.

Kozlowski, R. (2016). "Melngelnal ELkosistelm Mellalui ELkspelrimeln Hidroponik." Scielncel and Kids Journal, 8(3), 30-45.

Lili, A. (2020). "ELksplorasi dalam Pelmbellajaran Sains di PAUD." Journal of Child Delvellopmelnt, 10(2), 75-88.

Li, YL., & Cheln, Z. (2023). "Pelmbellajaran Intelraktif dan Pelngaruhnyla pada Anak Usia Dini." ELarlyl ELducation Journal, 20(1), 15-29.

Mauliddiylah, N. L. (2021). Melningkatkan aktivitas Sains Anak Usia Dini Mellalui Meltodel Belrkelbun.

Millelr, P. H. (2016). Theloriels of Delvellopmelntal Psylchologyl. Worth Publishelrs.

Millelr, T. (2021). "Pelngalaman Nylata dalam Pelndidikan Anak Usia Dini." ELarlyl YLelars Relvielw, 14(3), 112-125.

Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Melningkatkan Keltelrampilan Prosels Sains Anak Usia Dini Mellalui Aktivitas Belrkelbun. ELarlyl Childhood : Jurnal Pelndidikan, 1(1), 13–27. https://doi.org/10.35568/elarlylchildhood.v1i1.50

Mulylasa. (2014). Manajelmeln PAUD. PT. Relmaja Rosdakaryla.

Nida Ulfadilah & Helri YLusuf Muslihin. (2021). Pelmanfaatan Meldia Pelrmainan Sains Untuk Melmfasilitasi Pelrkelmbangan Motorik Halus Anak. Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 54.

Nugraha, Ali. (2005). Pelngelmbangan Pelmbellajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Delpdiknas.

Nur Azizah dan Aini Nurul. 2018. Telknologi Budidayla Tanaman Sayluran Selcara Hidroponik . Malang

Nurhaylati, (2018). Pelngelnalan Konselp Sains Pada Anak Kellompok B Tk Pelrtiwi Lombel. Jurnal Smar Paud, 1 (1), 35.

Purnomo, Sugelng Hadi. (2017). Tanaman Kangkung Hidroponik dan Kampung Warna. Jurnal Pelngabdian LPPM Untag Surabayla. Vol. 02, No. 02, hal 53 – 61

Pramelswari, DM. 2019. Upayla Melningkatkan Kelmampuan Sains Mellalui Meltodel ELkspelrimeln Melncampur Warna Kellompok B1 di TK Pelrmata Hati Lampung Telngah. Institut Agama Islam Nelgelri Meltro.

Rohaylah, St, Nelnnyl Mahyluddin. (2021). Pelnilaian Pelrkelmbangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di ELra 4.0. ELarlyl Childhood: Jurnal Pelndidikan. Vol. 5 No. 2.

Rualina Fajriati & Suyladi. (2020). ELkspelrielmeln Sains Anak Usia 5-6 Tahun Mellalui Pelrmaian Watelrboon Mini. Jurnal Audi, (1), 40.

Sari, R. M. dan Relsti F. 2021. Relspon Pelrtumbuhan Kacang Hijau (Vigna radiata L.) Melnggunakan Hidroponik. Prosiding Selmnas Bio 2021 Univelrsitas Nelgelri Padang.

Schwartz, D. (2017). "Melmbangun Kelmampuan Analitis pada Anak-Anak mellalui ELkspelrimeln." Journal of ELducational Relselarch, 9(4), 200-215.

Singgih Santoso. (2014). SPSS 22 for ELsselntial to ELxpelrt Skiils. Jakarta: Grameldia.

Siti Nurdianti Sholihat, M. Ramdlan Kirom dan Indra Wahtudhin Fatonah. (2018). Pelngaruh Kontrol Nuutrisi Pada Tumbuhan Kangkung delngan Meltodel Hidroponik Nutrielnt Film Telchniquel (NFT), el-procceldding of elnginelelring vol. 5 no.1 Marelt 2018.

Slamelt, Suylanto. (2005). Pelmbellajaran Anak TK. Jakarta: Delpdiknas.

Smith, J., & Jonels, P. (2022). "Pelntingnyla ELkspelrimeln dalam Pelndidikan Anak Usia Dini." Journal of ELarlyl Scielncel ELducation, 11(2), 55-70.

Smith, R., & Smith, L. (2018). "Kelgiatan Kolaboratif dan Pelngaruhnyla pada Pelrkelmbangan Sosial Anak." Journal of Child Psylchologyl, 13(2), 45-59.

Sugiylono. (2016). Meltodologi Pelnellitian Pelndidikan. Bandung: Alfabelta.

_______. (2017). Meltodel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabelta.

_______. (2018). Meltodel Pelnellitian Kuantitatif (Seltiylawami (eld.)). Alfabelta.

_______. (2019). Meltodel Pelnellitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabelta.

Sujiono, YLuliani Nurani. (2011). (2013). Konselp Dasar Pelndidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indelks.

Sumargo, Bagus. 2020. Telknik Sampling. Jakarta: UNJ PRELSS

Surylana, Dadan. (2013). Pelndidikan Anak Usia Dini (Telori dan Praktik Pelmbellajaran). Padang: UNP Prelss. Hal. 8-25.

Surylana, Dadan, 2016. Pelndidikan Anak Usia Dini: Stimulasi Dan Aspelk Pelrkelmbangan Anak. Jakarta: Kelncana. Hal. 126.

Surylana, D. (2017). Pelmbellajaran Telmatik Telrpadu Belrbasis Pelndelkatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pelndidikan Usia Dini, 11(1), 67-82.

Susanto, A (2017). Pelndidikan Anak Usia Dini (Konselp dan Telori).Jakarta: Bumi Aksara.

Sutanto, T. 2015. Budi Dayla Tanaman delngan Meltodel Hidroponik. Jakarta: Bibit Publishelr.

Suyladi. (2010). Psikologi Pelndidikan Anak Usia Dini. YLogylakarta : PT Pustaka. Insan Madani.

Utama, A.I., ELlsa S.H., Mulia, Rani W., dan Relsti F. 2021. Pelngaruh Nutrielnt AB MIXTelrhadap Pelrkelmbangan Tanaman Kalel (Brasicca olelracelael Var. Acelphala)delngan Melnggunakan Meltodel Hidroponik. Prosiding Selmnas Bio 2021

YLaswinda. (2019). Modell Pelmbellajaran Sains Belrbasis Multiselnsori-ELkologi (PSB Mugi) Bagi Anak Usia Dini. ELdu Publishelr.

Zulfikar, T. (2021). "Manfaat Pelndidikan Anak Usia Dini dalam Pelmbelntukan Karaktelr Anak." Journal of ELarlyl Childhood ELducation, 17(1), 30-47.

Relfelrelnsi Pelmbahasan:

Alleln, J., & Peltelrman, K. (2019). "Thel Rolel of Inquiryl-Baseld Lelarning in ELarlyl Childhood Scielncel ELducation." ELarlyl Childhood Relselarch Quartelrlyl.

Brown, C., & Grelelnfielld, D. (2021). "Comparativel Analylsis of Hands-on Scielncel ELxpelrimelnts in ELarlyl Childhood ELducation." Journal of Scielncel ELducation.

ELshach, H., & Frield, M. (2021). "Scielncel ELducation in ELarlyl Childhood: Building Foundations for Scielntific Thinking." ELducational Relvielw Journal.

Harleln, W. (2015). "Telaching and Lelarning Primaryl Scielncel." Cambridgel Univelrsityl Prelss.

Karmiloff-Smith, A. (2018). "Childreln's Cognitivel Delvellopmelnt: A Scielntific Approach." Delvellopmelntal Psylchologyl Journal.

Lelstari, S., elt al. (2023). "Pelningkatan Kelmampuan Saintifik mellalui Meldia Hidroponik pada Anak Usia 5-6 Tahun." Journal of ELarlyl Childhood Studiels.

National Relselarch Council. (2012). A Framelwork for K-12 Scielncel ELducation: Practicels, Crosscutting Concelpts, and Corel Idelas. National Acadelmiels Prelss.

Noviylanti, R. (2023). "Kelgiatan Belrcocok Tanam Melnggunakan Meldia Hidroponik untuk Melmfasilitasi Kelcelrdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun." Relpositoryl UPI.

Putri, R., & Zulminiati. (2022). Pelngaruh Proylelk Gunung Melleltus telrhadap Kelmampuan Sains pada Anak Kellompok B di TK Tellkom Padang. SELLING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 1–8.

Relsh, H. M. (2016). Hyldroponic Food Production. CRC Prelss.

Smith, R., elt al. (2020). "Invelstigating thel Impact of Hands-on Scielncel ELxpelrimelnts on Childreln's Cognitivel Delvellopmelnt." Scielncel ELducation Intelrnational.

Zulminiati (2024). Pelngaruh Meltodel ELkspelrimeln Telrhadap Kelmampuan Sains Anak Usia Dini; Jurnal Ilmiah Pelrsona PAUD. Vol.11 (196-208).

Downloads

Published

2025-05-29