KALIBRASI GURU DALAM PENDIDIKAN, AKANKAH MENJADI WACANA?
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25528Keywords:
kalibrasi guru, profesionalisme, kebijakan pendidikanAbstract
Perubahan cepat dalam dunia pendidikan menuntut adanya penyesuaian mutu tenaga pendidik secara berkelanjutan. Namun, hingga kini upaya standarisasi kualitas guru masih terfragmentasi dan belum menyentuh aspek substantif yang menjamin konsistensi kompetensi di berbagai wilayah dan jenjang pendidikan. Salah satu konsep yang mulai diperbincangkan di kalangan akademisi dan praktisi adalah kalibrasi guru—sebuah pendekatan yang menekankan pada penyesuaian dan penyelarasan kemampuan pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian guru secara kontekstual dan objektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana konsep kalibrasi guru telah berkembang sebagai wacana dalam dunia pendidikan Indonesia serta mengidentifikasi potensi dan hambatan implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, diskusi kelompok terfokus (FGD), dan studi dokumentasi terhadap regulasi serta kebijakan pendidikan yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kalibrasi guru belum menjadi agenda strategis dalam kebijakan pendidikan nasional, melainkan masih terbatas dalam diskursus akademik dan pelatihan guru berskala kecil. Meskipun demikian, terdapat antusiasme dari para pendidik dan pemangku kepentingan terhadap pentingnya penyusunan kerangka kalibrasi yang terstruktur dan aplikatif guna mendukung profesionalisme dan keadilan evaluasi guru. Kesimpulannya, kalibrasi guru merupakan wacana potensial yang layak dikembangkan menjadi instrumen strategis peningkatan mutu pendidikan nasional melalui sinergi antara akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan.Downloads
References
Abdillah, Muhamad. (2023). Penggunaan Video Tutorial Youtube Kalibrasi Mikrometer sebagai Inovasi dalam Manajemen Pembelajaran Interaktif. Jurnal Studi Inovasi, 3(3).
Arikunto, Suharsimi. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Bank., World. (2013). Teacher Certification and Beyond: An Empirical Evaluation of the Teacher Certification Program and Education Quality Improvements in Indonesia. 1–67.
Creswell, John W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.
Creswell, John W. (2015). Educational Research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education, Inc.
Irnidayanti, Yulia, & Fadhilah, Nurul. (2023). Teaching quality in Indonesia: What needs to be improved? Effective Teaching Around the World: Theoretical, Empirical, Methodological and Practical Insights, 225–244. https://doi.org/10.1007/978-3-031-31678-4_10
Junaidi, Roni, Jailani, M. Syahran, & Nasution, Faisal Hakim. (2024). Prinsip-prinsip pengembangan kalibrasi instrumen dalam penelitian. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 11–19.
Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).
Nabella, Septa Diana, Rivaldo, Yandra, Kurniawan, Robby, Nurmayunita, Sari, Dewi Permata, Luran, Muhammad Fadli, Amirullah, Saputra, Eka Kurnia, Rizki, Muhammad, Sova, Maya, Sidik, M., Nurhayati, & Wulandari, Kiki. (2022). The Influence of Leadership and Organizational Culture Mediated by Organizational Climate on Governance at Senior High School in Batam City. Journal of Educational and Social Research, 12(5), 119–130. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0127
Novita, Pipit. (2022). The Quest for Teacher Education Quality in Indonesia: The Long andWinding Road. Handbook of Research on Teacher Education: Innovations and Practices in Asia, 651–673. https://doi.org/10.1007/978-981-16-9785-2_32
Nurhayati, Lias Hasibuan, & Rosyadi, Kemas Imron. (n.d.). Determinasi Minat Belajar Dan Sikap Terhadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Idea, 3, 1503.
Nurhayati, N., Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, & Rosadi, Kemas Imron. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.
Ramli. (2014). Implementation and Impact of Teacher ( Perspective in Education ). Lingua Scientia, 6(2), 227–233. https://doi.org/10.21274/ls.2014.6.2.227-233
Revina, S. (2020). Four Decades of Teacher Professional Development in Indonesia: One Step Forward, Two Steps Back. RISE Programme.
Satori, Djaman. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suginah, Suginah. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP Berbasis Karakter Melalui Pembimbingan Berkelanjutan (BinJut). Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 1(1), 137–150.
Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Sunyoto, Sunyoto. (2021). Penerapan Pembimbingan Teknik “APIK” untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan, 1(1), 151–162.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.