PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25521Keywords:
Learning outcomes, IPAS, Problem Based Learning (PBL, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS (Integrasi IPA dan IPS) sebagaimana yang terjadi di lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 24 Parupuk Tabing Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: Pertama, aspek perencanaan terkait modul ajar pada Siklus I mencapai persentase rata-rata 87,49% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada Siklus II menjadi 95,83% dengan kualifikasi sangat baik (A). Kedua, aspek keterlaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada Siklus I mencapai persentase rata-rata 85,71% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada Siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (A). Dari aspek siswa, persentase rata-rata pada Siklus I sebesar 82,14% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada Siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (A). Ketiga, hasil belajar siswa pada Siklus I menunjukkan nilai rata-rata sebesar 76,32 dengan kualifikasi perlu bimbingan (D) meningkat pada Siklus II menjadi 87,82 dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAAS di Kelas IV SDN 24 Parupuk Tabing. (Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS berdasarkan pengamatan di lapangan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaraan IPAS menggunkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 24 Parupuk Tabing Kota Padang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan dengan aspek modul ajar siklus I diperoleh rata-rata persentase 87,49% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 95,83% dengan kualifikasi sangat baik (A). Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran dilihat dari aspek guru siklus I memperoleh rata-rata persentase 85,71% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (A). Kemudian, hasil pelaksanaan pembelajaran dari aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata persentase 82,14% dengan kualisikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (A). Ketiga, hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 76,32 dengan kualifikasi perlu bimbingan (D) meningkat pada siklus II menjadi 87,82 dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 24 Parupuk Tabing)Downloads
References
Agustina, N., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9186. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Amalia, F., & Asyari, L. (2024). Analisis Perubahan Kurikulum Di Indonesia Dan Pengembangan Pendekatan Understanding By Design. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 65–72. https://doi.org/10.31980/caxra.v3i1.877
Anisah, A. S., Widyastuti, R., Mubarokah, G., & Istiqomah, I. (2023). Pemetaan Materi IPA Dan IPS Dalam Kurikulum Merdeka ( Studi Kasus di Sekolah Pengggerak SDN 04 Sukanegla Kabupaten Garut ). Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 196–211. https://scholar.google.com/scholar?cluster=11272730357741778694&hl=en&oi=scholar
Arwin, A. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Dengan Model Quantum Teaching Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 1. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102699
Aryaningrum, Me. R., Suntari, Y., & E.W, E. D. (2024). STUDI LITERATUR: HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal DIKDAS BANTARA, 7(1), 11–24.
Asmaul Husnah, O., Fitriani, A., Patricya, F., & Putri Handayani, T. (2023). ANALISIS MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 57–64. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230
Hamimah, Kenedi, A. K., Zuryanty, & Nelliarti. (2020). Improving Critical Thinking Ability By Using The Problem-Based Learning Model. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 173–184.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hartoyo, A., Melati, R., & Martono, M. (2023). Dampak Perubahan Kurikulum Merdeka Dan Kesiapan Tenaga Pendidik Terhadap Penyesuaian Pembelajaran Di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 412–428. https://doi.org/10.31932/jpdp.v9i2.2773
Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., Arifudin, O., Purandina, I. P. Y., Latifah, E. D., Septiyani, T., Pangestika, R. R., Fatayah, Ayuningtyas, P., Lemba, V. C., & Hartono, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG.
Kemendikbudristek. (2021). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran, 130.
Ma’ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan (Journal of Islamic Education and Teacher Training) Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif. 3(1), 27. https://jurnal.mtsddicilellang.sch.id/index.php/al-musannif
Nurhasanah, & Zuryanty. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD …. Innovative: Journal Of Social Science …, 3(C), 4777–4784. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/878%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/878/689
Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5766
Rohman, A. D., Hanifah, H., & Hayudina, H. G. (2023). Penggunaan Media Kartu Transformasi Energi Pada Mata Pelajaran Ipas Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Mii Degayu 02 Pekalongan. Prosiding SEMAI 2, 35–43.
Rusman. (2021). Model-Model Pembelajaran: Menegembangkan Profesionalisme Guru (Y. S. Hayati (ed.); 2nd ed.). Rajawali Pers (PT rajaGrafindo Persada).
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
Zakso, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 916. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.65142
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.