PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PERBANDINGAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN

Authors

  • Musayana STKIP PGRI Bangkalan
  • Ikhwan Firmansyah STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25498

Keywords:

Media papan perbandingan, Pemahaman, Kemandirian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh media papan perbandingan terhadap pemahaman dan kemandirian siswa di SD muhammdiyah 1 Bangkalan.  Berdasarkan output diperoleh sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa menunjukkan adanya perbedaan rata rata antar subjek penelitian dengan media pembelajaran papan perbandingan terhadap pemahaman dan kemandirian . Hal ini dibuktikan dengan hasil test soal dan angket siswa mengenai perbandingan bilangan yang diperoleh berdasarkan output yang telah diuji diperoleh deskripsi data terdapat nilai yang signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh media papan perbandingan terhadap pemahaman dan kemandirian siswa di SD Muhammdiyah 1 Bangkalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianti, resti, eko sujarwanto, and endang surahman. 2021. “diffraction: journal for physics education and applied physics problem-based learning: apa dan bagaimana.” Diffraction: journal for physics education and applied physics 3(1): 27–35. Http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/diffraction.

Fauzia, hadist awalia. 2018. “penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika sd hadist awalia fauzia.” 7(april): 40–47

Khoerunnisa, putri, syifa masyhuril aqwal, and universitas Muhammadiyah tangerang. 2020. “analisis model-model pembelajaran.” 4: 1–27.

Lestari, sudarsri. 2018. “peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi.” Edureligia; jurnal pendidikan agama islam 2(2): 94–100. Doi:10.33650/edureligia.v2i2.459.

Siregar, suriani. 2016. “pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas visual siswa pada konsep sistem indra suriani siregar.” 3(2): 100–106.

Syifani, alya, atep sujana, enjang yusup ali, program studi, pendidikan guru, and sekolah dasar. 2024. “pengaruh model pembelajaran radec terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa kelas v sekolah dasar.” 07(03): 554–60.

Downloads

Published

2025-06-09