PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PERBANDINGAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25498Keywords:
Media papan perbandingan, Pemahaman, KemandirianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh media papan perbandingan terhadap pemahaman dan kemandirian siswa di SD muhammdiyah 1 Bangkalan. Berdasarkan output diperoleh sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa menunjukkan adanya perbedaan rata rata antar subjek penelitian dengan media pembelajaran papan perbandingan terhadap pemahaman dan kemandirian . Hal ini dibuktikan dengan hasil test soal dan angket siswa mengenai perbandingan bilangan yang diperoleh berdasarkan output yang telah diuji diperoleh deskripsi data terdapat nilai yang signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh media papan perbandingan terhadap pemahaman dan kemandirian siswa di SD Muhammdiyah 1 Bangkalan.Downloads
References
Ardianti, resti, eko sujarwanto, and endang surahman. 2021. “diffraction: journal for physics education and applied physics problem-based learning: apa dan bagaimana.” Diffraction: journal for physics education and applied physics 3(1): 27–35. Http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/diffraction.
Fauzia, hadist awalia. 2018. “penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika sd hadist awalia fauzia.” 7(april): 40–47
Khoerunnisa, putri, syifa masyhuril aqwal, and universitas Muhammadiyah tangerang. 2020. “analisis model-model pembelajaran.” 4: 1–27.
Lestari, sudarsri. 2018. “peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi.” Edureligia; jurnal pendidikan agama islam 2(2): 94–100. Doi:10.33650/edureligia.v2i2.459.
Siregar, suriani. 2016. “pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar dan aktivitas visual siswa pada konsep sistem indra suriani siregar.” 3(2): 100–106.
Syifani, alya, atep sujana, enjang yusup ali, program studi, pendidikan guru, and sekolah dasar. 2024. “pengaruh model pembelajaran radec terhadap kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa kelas v sekolah dasar.” 07(03): 554–60.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.