PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) DI KELAS V SDN 06 BATANG ANAI

Authors

  • Ainul Husna Ainul Husna Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25494

Keywords:

model Read, Answer, Discuss, Explain, Create, hasil belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah belum optimalnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada saat proses pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Read, Answer, Discuss, Explain, Create untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Modul Ajar, proses pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Modul Ajar siklus I dengan rata-rata 87,48% (baik) dan siklus II 95,83% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 78,57% (cukup) dan siklus II 92,85% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 76,78% (cukup), dan siklus II 92,85% (sangat baik), c) Penilaian terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 72,79% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,24%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan model Read, Answer, Discuss, Explain, Create dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada pembelaajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2018). Hubungan Motivasi

Belajar Dengan Hasil Belajar

Pada Siswa Kelas V SD Negeri

Gugus

IV

Kecamatan

Banuhampu Kabupaten Agam.

Jurnal Inovasi Pendidikan Dan

Pembelajaran Sekolah Dasar,

2(2), 21-29.

Aldona, R., Pratiwi, C. P., &

Tryanasari, D. (2023, Juni).

Meningkatkan

Keterampilan

Membaca Pemahaman Peserta

Didik Kelas V Sekolah Dasar

(SD)

Menggunakan Model

Pembelajaran RADEC (Read,

Answer,

Discuss,

Create).

In

Explain,

SEMINAR

NASIONAL SOSIAL, SAINS,

PENDIDIKAN,

HUMANIORA

(SENASSDRA) (Vol. 2, No. 2,

pp. 333-339).

Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan

kekurangan kurikulum merdeka

pada pembelajaran sejarah

dalam

perspektif

MUKADIMAH:

historis.

Jurnal

Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu

ilmu Sosial, 7(1), 111-117.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., &

Wahyudin, D. (2021). Analisis

kemampuan

pemahaman

membaca

pada

siswa

sekolah dasar. Edukatif: Jurnal

Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336

2344.

Anatasya, D., Yanti, F. W., Mellenia,

R., Angreska, R., Putri, S.,

Kuntarto, E., & Noviyanti, S.

(2017). Pembelajaran bahasa

Indonesia di sekolah dasar.

Jurnal Kajian Kebahasaan, 1-9.

Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021).

Pengaruh Model RADEC pada

Pembelajaran

Tematik

Terhadap Hasil Belajar Peserta

Didik Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(3), 1435-1443.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah,

I., Hernawan, A. H., & Prihantini,

P.

(2022).

Komparasi

Implementasi Kurikulum 2013

dan Kurikulum Merdeka di

Sekolah

Dasar

Kabupaten

Garut. Jurnal Basicedu, 6(4),

77-89.

Arwin. (2018). Peningkatan Aktivitas

Dan Hasil Belajar Siswa Dalam

Pembelajaran

Ips

Dengan

Model Quantum Teaching Di

Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal

Inovasi

Pendidikan

Dan Pembelajaran Sekolah Dasar,

2(2),

1–

11.

https://doi.org/10.24036/jippsd.v

2i2.102699

Asep,

J.

(2012).

Pembelajaran.

Multi Presindo.

Evaluasi

Yogyakarta:

Cahyanda, B., & Yunisrul. (2020).

Peningkatan Hasil Belajar pada

Pembelajaran Tematik Terpadu

Menggunakan Model Example

Non Example di Sekolah Dasar.

E-Journal Inovasi Pembelajaran

SD, 8(4), 1–9.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W.

(2017). Pentingnya peningkatan

kemampuan

pemecahan

masalah melalui PBL untuk

mempersiapkan

generasi

unggul menghadapi MEA. In

PRISMA, Prosiding Seminar

Nasional Matematika (pp. 151

160).

Chairunnisa, C. C., & Sukardi, R. R.

(2022). Model Read, Answer,

Discuss, Explain, and Create

untuk

Meningkatkan

Belajar

IPS

Hasil

Siswa Pada

Pembelajaran Daring. Jurnal

Educatio FKIP UNMA, 8(1),

151-156.

Desyandri, D., Muhammadi, M.,

Mansurdin, M., & Fahmi, R.

(2019).

Development

of

integrated thematic teaching

material used discovery learning

model in grade V elementary

school. Jurnal Konseling Dan

Pendidikan, 7(1), 16-22.

Djuanda, D. (2014). Pembelajaran

sastra di SD dalam gamitan

Kurikulum

2013.

Mimbar

Sekolah Dasar, 1(2), 191-200.

Emzir. (2016). Metodologi penelitian

kualitatif : analisis data. Jakarta:

Rajawali Pers.

Farhurohman,

Implementasi

O.

(2017).

Pembelajaran

Bahasa Indonesia di SD/MI.

Primary: Jurnal Keilmuan dan

Kependidikan Dasar, 9(1), 23

34.

Fathurrohman, M. (2018). Mengenal

Lebih Dekat PENDEKATAN

DAN

MODEL

PEMBELAJARAN. Yogyakarta:

KALIMEDIA.

Fuziani, I., Istianti, T., & Arifin, M. H.

(2021).

Penerapan

Model

Pembelajaran Radec dalam

Merancang

Kegiatan Pembelajaran

Keberagaman

Budaya di SD Kelas IV. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(3).

Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L.

S. (2018). Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Hasil Belajar

Siswa. Jurnal Penelitian Dan

Pendidikan IPS (JPPI), 12(1),

14–22.

Hafisah, N., & Zuardi. (2020).

Peningkatan

Hasil

Peserta

didik

Belajar

Pada

Pembelajaran Tematik Terpadu

Menggunakan Model Think Pair

Share Learning Kelas IV SD.

Inovasi Pembelajaran SD, 8,

131–136.

Halim, A. (2022). Pengaruh Model

Read

Answer

Discussion

Explain and Create (Radec)

Pada Pembelajaran Tematik

Terhadap Hasil Belajar Siswa

Dimoderasi Motivasi Belajar.

Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan Dan Sosial, 11(1),

121-129.

Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih,

E., Setiawan, D., & Suhendra, I.

(2019).

Dampak perlakuan

model pembelajaran RADEC

bagi

calon guru terhadap

kemampuan

merencanakan

pembelajaran di sekolah dasar.

Pendas:

Jurnal

Ilmiah

Pendidikan Dasar, 4(1), 79-93.

Hayati, I., & Alwi, N. A. (2022).

Peningkatan

Hasil

Peserta

Didik

Belajar

Dalam

Pembelajaran Tematik Terpadu

Menggunakan Model Discovery

Lerning Di Kelas IV SD Negeri

07 Teladan Bukittinggi. Journal

of Basic Education Studies,

5(1), 1052–1062.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan

Saintifik dan Kontekstual dalam

Pembelajaran Abad 21. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Hotimah, H. (2023). Studi Literature:

Analisis

Konsep

Pengembangan Modul Ajar

Hypercontent

Berbasis

Multiplatform.

Journal

Education, 6(1), 3005- 3014.

on

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A.,

& Arifin, B. S. (2022). Profil

pelajar Pancasila sebagai upaya

mewujudkan karakter bangsa.

Edumaspul: Jurnal Pendidikan,

6(1), 1224-1238.

Downloads

Published

2025-05-30