PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) DI KELAS V SDN 06 BATANG ANAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25494Keywords:
model Read, Answer, Discuss, Explain, Create, hasil belajar, pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini didasarkan pada masalah belum optimalnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada saat proses pelaksanaan pembelajaran di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Read, Answer, Discuss, Explain, Create untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian tindakan kelas meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Modul Ajar, proses pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Modul Ajar siklus I dengan rata-rata 87,48% (baik) dan siklus II 95,83% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 78,57% (cukup) dan siklus II 92,85% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I dengan rata-rata 76,78% (cukup), dan siklus II 92,85% (sangat baik), c) Penilaian terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 72,79% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,24%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan model Read, Answer, Discuss, Explain, Create dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada pembelaajaran Bahasa Indonesia.Downloads
References
Abidin, Z. (2018). Hubungan Motivasi
Belajar Dengan Hasil Belajar
Pada Siswa Kelas V SD Negeri
Gugus
IV
Kecamatan
Banuhampu Kabupaten Agam.
Jurnal Inovasi Pendidikan Dan
Pembelajaran Sekolah Dasar,
2(2), 21-29.
Aldona, R., Pratiwi, C. P., &
Tryanasari, D. (2023, Juni).
Meningkatkan
Keterampilan
Membaca Pemahaman Peserta
Didik Kelas V Sekolah Dasar
(SD)
Menggunakan Model
Pembelajaran RADEC (Read,
Answer,
Discuss,
Create).
In
Explain,
SEMINAR
NASIONAL SOSIAL, SAINS,
PENDIDIKAN,
HUMANIORA
(SENASSDRA) (Vol. 2, No. 2,
pp. 333-339).
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan
kekurangan kurikulum merdeka
pada pembelajaran sejarah
dalam
perspektif
MUKADIMAH:
historis.
Jurnal
Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu
ilmu Sosial, 7(1), 111-117.
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., &
Wahyudin, D. (2021). Analisis
kemampuan
pemahaman
membaca
pada
siswa
sekolah dasar. Edukatif: Jurnal
Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336
2344.
Anatasya, D., Yanti, F. W., Mellenia,
R., Angreska, R., Putri, S.,
Kuntarto, E., & Noviyanti, S.
(2017). Pembelajaran bahasa
Indonesia di sekolah dasar.
Jurnal Kajian Kebahasaan, 1-9.
Andini, S. R., & Fitria, Y. (2021).
Pengaruh Model RADEC pada
Pembelajaran
Tematik
Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(3), 1435-1443.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah,
I., Hernawan, A. H., & Prihantini,
P.
(2022).
Komparasi
Implementasi Kurikulum 2013
dan Kurikulum Merdeka di
Sekolah
Dasar
Kabupaten
Garut. Jurnal Basicedu, 6(4),
77-89.
Arwin. (2018). Peningkatan Aktivitas
Dan Hasil Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran
Ips
Dengan
Model Quantum Teaching Di
Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal
Inovasi
Pendidikan
Dan Pembelajaran Sekolah Dasar,
2(2),
1–
11.
https://doi.org/10.24036/jippsd.v
2i2.102699
Asep,
J.
(2012).
Pembelajaran.
Multi Presindo.
Evaluasi
Yogyakarta:
Cahyanda, B., & Yunisrul. (2020).
Peningkatan Hasil Belajar pada
Pembelajaran Tematik Terpadu
Menggunakan Model Example
Non Example di Sekolah Dasar.
E-Journal Inovasi Pembelajaran
SD, 8(4), 1–9.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W.
(2017). Pentingnya peningkatan
kemampuan
pemecahan
masalah melalui PBL untuk
mempersiapkan
generasi
unggul menghadapi MEA. In
PRISMA, Prosiding Seminar
Nasional Matematika (pp. 151
160).
Chairunnisa, C. C., & Sukardi, R. R.
(2022). Model Read, Answer,
Discuss, Explain, and Create
untuk
Meningkatkan
Belajar
IPS
Hasil
Siswa Pada
Pembelajaran Daring. Jurnal
Educatio FKIP UNMA, 8(1),
151-156.
Desyandri, D., Muhammadi, M.,
Mansurdin, M., & Fahmi, R.
(2019).
Development
of
integrated thematic teaching
material used discovery learning
model in grade V elementary
school. Jurnal Konseling Dan
Pendidikan, 7(1), 16-22.
Djuanda, D. (2014). Pembelajaran
sastra di SD dalam gamitan
Kurikulum
2013.
Mimbar
Sekolah Dasar, 1(2), 191-200.
Emzir. (2016). Metodologi penelitian
kualitatif : analisis data. Jakarta:
Rajawali Pers.
Farhurohman,
Implementasi
O.
(2017).
Pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD/MI.
Primary: Jurnal Keilmuan dan
Kependidikan Dasar, 9(1), 23
34.
Fathurrohman, M. (2018). Mengenal
Lebih Dekat PENDEKATAN
DAN
MODEL
PEMBELAJARAN. Yogyakarta:
KALIMEDIA.
Fuziani, I., Istianti, T., & Arifin, M. H.
(2021).
Penerapan
Model
Pembelajaran Radec dalam
Merancang
Kegiatan Pembelajaran
Keberagaman
Budaya di SD Kelas IV. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 5(3).
Gunawan, Kustiani, L., & Hariani, L.
S. (2018). Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Penelitian Dan
Pendidikan IPS (JPPI), 12(1),
14–22.
Hafisah, N., & Zuardi. (2020).
Peningkatan
Hasil
Peserta
didik
Belajar
Pada
Pembelajaran Tematik Terpadu
Menggunakan Model Think Pair
Share Learning Kelas IV SD.
Inovasi Pembelajaran SD, 8,
131–136.
Halim, A. (2022). Pengaruh Model
Read
Answer
Discussion
Explain and Create (Radec)
Pada Pembelajaran Tematik
Terhadap Hasil Belajar Siswa
Dimoderasi Motivasi Belajar.
Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan Dan Sosial, 11(1),
121-129.
Handayani, H., Sopandi, W., Syaodih,
E., Setiawan, D., & Suhendra, I.
(2019).
Dampak perlakuan
model pembelajaran RADEC
bagi
calon guru terhadap
kemampuan
merencanakan
pembelajaran di sekolah dasar.
Pendas:
Jurnal
Ilmiah
Pendidikan Dasar, 4(1), 79-93.
Hayati, I., & Alwi, N. A. (2022).
Peningkatan
Hasil
Peserta
Didik
Belajar
Dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu
Menggunakan Model Discovery
Lerning Di Kelas IV SD Negeri
07 Teladan Bukittinggi. Journal
of Basic Education Studies,
5(1), 1052–1062.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan
Saintifik dan Kontekstual dalam
Pembelajaran Abad 21. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Hotimah, H. (2023). Studi Literature:
Analisis
Konsep
Pengembangan Modul Ajar
Hypercontent
Berbasis
Multiplatform.
Journal
Education, 6(1), 3005- 3014.
on
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A.,
& Arifin, B. S. (2022). Profil
pelajar Pancasila sebagai upaya
mewujudkan karakter bangsa.
Edumaspul: Jurnal Pendidikan,
6(1), 1224-1238.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.