PENGGUNAAN MEDIA FLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK SLOW LEARNER

Authors

  • Saniya Ayesha Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya
  • Nasywa Butsainah Annurqo Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Rizki Yusup Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Shafinatun Najah Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Widajati Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25484

Keywords:

Flipbook, keterampilan membaca permulaan, slow learner

Abstract

Kemampuan membaca merupakan keterampilan esensial yang menjadi landasan keberhasilan akademik. Membaca berperan penting dalam proses perolehan pengetahuan bagi semua siswa, termasuk mereka yang mengalami keterlambatan akademik (slow learner) yang menghadapi kesulitan dalam memahami simbol dan teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media flipbook interaktif bernama Flippykata dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak slow learner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR) dan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah siswa slow learner kelas V di SDN 4 Lidah Wetan, Surabaya. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap: baseline awal (A1) untuk mengukur kemampuan membaca sebelum intervensi, fase intervensi (B) yang terdiri atas lima sesi penggunaan media Flippykata, serta baseline akhir (A2) untuk menilai kemampuan mempertahankan keterampilan membaca tanpa menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor kemampuan membaca selama fase intervensi. Selain itu, siswa juga mampu mempertahankan keterampilan membaca yang telah diperoleh setelah intervensi dihentikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa media flipbook interaktif seperti Flippykata efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada anak slow learner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Amalia, D., dkk. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Amanda, D. R. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 185-199. https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3181.

Anggita, L., Sulistri., & Desi, E. C. D. (2024). Perbandingan Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Tesis Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(6), 992-1000. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16451.

Anggraeni, S.W., Yayan, A., Depi, P., & Devi, N. (2021). Analısıs Kesulıtan Belajar Membaca Sıswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 42-54. http://dx.doi.org/10.31949/jee.v4i1.2849.

Bagus, S. N., Wawan, S. A., & Yudie, S. (2022). Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca. Journal Of Social Studies, Arts And Humanities (JSSAH), 2(2), 137-142. https://doi.org/10.33751/jssah.v2i2.7146.

Fitri, N. D., & Nur, S. (2020). Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA, 8(2), 471-485. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850.

Gasiwe., Andi, L. N., Mag, V. J., Fiqih, N. A. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. EDUKTIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575-3581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2669.

Hulu, D. M., Karmila, P., Engrati, S., Setia, Y. W., Cici, F. B. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2580-2586. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3056.

Husna, K., & Supriyadi. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al Mikraj – Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(1), 981-990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.427.

Khaerawati, Z., Nurhasannah., & Itsna, O. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Educatio, 9(2), 637-643. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4521.

Kusnarto., Dewi, P. A., Natalia, D. A., Eni, N., & Erin, A, P. (2023). Analisis Membaca Menggunakan Mind Mapping Pada Anak Slow Learner. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4683-4694.

Mirnawati, L. B., & Regy, A. V. F. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 22-38.

Oktaviani, A. T., Zahrotun, N., Siti, M., & Kiki, N. N. (2021). Metode Pembelajaran yang Tepat Diterapkan pada Siswa dengan Gaya Belajar Visual. Dalam: Posiding SEMAI (Seminar Nasional PGMI). 2021. Hlm 731-741.

Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Yogyakarta: UAD Press

Puspitasari, D. K., &Wagino. (2020). Pengembangan Digital Flipbook Kvisoft Maker Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Tunarungu. Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1), 1-8.

Rahayu, A. W., Henry, J., Noor, M., & Siti, K. K. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 2471-2480. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13200.

Ridha, A. A. (2021). Memahami Perkembangan Siswa Slow Learner. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Sauqi, I., & Nova, E. H. (2024). Menganalisis Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner di Sekolah Dasar Negeri Keleyan 1. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya (MORFOLOGI), 2(4), 29-43. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.797.

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721-2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657.

Sukma, H. H, dkk. (2021). Pembelajaran Slow Learner di Sekolah Dasar. Yogyakarta: K-Media.

Widodo, S. A., K, Kustantini., Krida, S. K., & Fiki, A. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78-89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040.

Winangsih, E., & Risma, D. H. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 7(1), 452-461. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433.

Downloads

Published

2025-06-10