INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ

Authors

  • Muhammad Dorsata Suaka Pamungkas UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
  • Wiwin Fachrudin Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25480

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Media Pembelajaran, Quizizz, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi pembelajaran berbasis teknologi dengan menggunakan media Quizizz di MIN 2 Kota Pasuruan. Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan Quizizz terhadap motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, serta efektivitas implementasi Quizizz sebagai media pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz secara signifikan meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Elemen-elemen seperti leaderboard, umpan balik instan, dan fitur permainan membuat pembelajaran lebih menarik dan kompetitif. Peserta didik merasa lebih termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, implementasi Quizizz terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman materi, mempermudah evaluasi pembelajaran, dan menciptakan pengalaman belajar berbasis teknologi yang menarik. Meskipun demikian, penelitian ini juga menyoroti tantangan seperti ketergantungan pada koneksi internet dan keterbatasan perangkat. Secara keseluruhan, Quizizz memiliki potensi besar untuk mengubah cara pembelajaran, namun implementasinya memerlukan perencanaan yang matang dan pemanfaatan teknologi yang optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiyawarman, M. Andra, Meini Sondang, Lilik Hanifah, and Lusiana Dewi Kusumayati. “Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Penelitian 7, no. 1 (2022): 24–36. https://doi.org/10.46491/jp.v7i1.840.

Agama, Pendidikan, Islam Di, and M A N Medan. “Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di MAN 1 Medan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 3, no. 2 (2022): 147–53. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758.

Aliyyah, Rusi Rusmiati. “Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz and Wordwall” 10 (2024): 172–76.

Ananda, Sukma Riski, Abdul Muis Mappalotteng, and Hasrul Bakri. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Articulate Storyline.” Jurnal MediaTIK : Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer 58, no. 1 (2022).

Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Astuti, Ani Puji. “Hubungan Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Pembentukan Karakter Siswa Di MIS Ath-Thohiriyah Batanghari.” Pendidikan Profesi Guru Madrasah 2 (2022): 211–18.

Aulia, Tasya Dwi. “Inovasi Pendidikan Di Indonesia.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–99.

Azis, Taufiq Nur. “Strategi Pembelajaran Era Digital.” Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019) 1, no. 2 (2019): 308–18.

Desya, Ratih Sukma, and Wirdati Wirdati. “Efektivitas Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Keaktifan Belajar PAI Kelas XII SMAN 1 Lareh Sago Halaban.” Yasin 3, no. 6 (2023): 1530–36. https://doi.org/10.58578/yasin.v3i6.1994.

Direktorat KSKK Madrasah, and Ditjen Pendidikan Islam. “TP, ATP DAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA PADA MADRASAH Contoh Akidah Akhlak,” 2022, 1–87.

Gustanu, Pendit, Sri Surachmi W, and Gunawan Setiadi. “Pemanfaatan Aplikasi Quiz-Quizizz Sebagai Media Pembelajaran IPAS Kelas IV Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Wonorejo 1 Kabupaten Kediri.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (2023): 3543–50. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5752.

Hardiansyah, Dadang. “Penggunaan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Era Digital Guna Meningkatkan Nilai Kognitif Pada Siswa MAN 3 Medan Kelas Xi.” Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran 2, no. 2 (2023): 9–17. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i2.21.

Hendra, Hery Afriyadi, Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Sinta Nur Laila, Yana Fajar Prakasa, Rahmat Putra Ahmad Hasibuan, and Achmad Dzulfikri Almufti Asyhar. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. https://repository.uinmataram.ac.id/2683/1/Media pembelajaran berbasis digital.pdf.

Hermawan, Wawan. “Sosialisasi Pemanfaatan Game Base Learning (GBL) Dalam Pembelajaran Di SMP N 2 Ngronggot.” Communnity Development Journal 5, no. 1 (2024): 1263–69.

Husen, Achmad. “Al-Authar” 3, no. 1 (2024): 1–20.

Downloads

Published

2025-06-15