KONSEP MANUSIA DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25432Keywords:
pengertian manusia, terminologi manusia ,konsep manusia dalam Al-Qur’an.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka di SDII Luqman Al-Hakim 02 Batam dan dampaknya terhadap mutu pendidikan. Kurikulum Merdeka merupakan inisiatif baru dalam sistem pendidikan Indonesia yang memberikan kebebasan kepada sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk mengkaji ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan konsep manusia. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis bagaimana konsep-konsep tersebut dapat diterapkan dalam sistem pendidikan untuk membentuk individu yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan bertakwa kepada Allah SWT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep manusia dalam Al-Qur'an memiliki relevansi yang tinggi terhadap pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang konsep manusia dalam Al-Qur'an sangat penting untuk pengembangan sistem pendidikan yang holistik dan integratif. Rekomendasi yang diberikan antara lain adalah penguatan pendidikan agama dalam kurikulum, peningkatan literasi Al-Qur'an, dan pengembangan program-program pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter dan akhlak mulia.Downloads
References
Abdurrahman, Aisyah. (1997). Manusia, Sensitivitas Hermeneutika al-Qur’an, terj. M. Adib Al-Arief Yogyakarta: LKPSM.
Alim, Akhmad. (2017). Islamisasi Ilmu Pendidikan. Bogor: UIKA Press.
Asy’ari, Musa. (1992). Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Al Qur’an, cet I Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam.
Daulay, H. Haidar Putra. (2014). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Kencana.
Departemen Agama, R. I. (2002). Al-qur’an. Al-Qurâ€TM an Dan Terjemahan, Jakarta: Al-Muhaimin, Yayasan Penyelenggara Penterjemah Al-Qurâ€TM An.
Departemen Agama, R. I. (2018). Al-Qur‟ an dan Terjemah Dilengkapi Panduan Waqaf dan Ibtida‟. Jakarta: PT Suara Agung Cek, 2.
Faizah, Misbahul Misbahul, & Arifin, Syamsul Syamsul. (2023). Konsep Tawakal dalam Al-Qur’an dan Relevansinya Terhadap Pendidikan. PUTIH: Jurnal Pengetahuan Tentang Ilmu Dan Hikmah, 8(2), 1–14.
Hamzah, Arief Rifkiawan. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(01).
Haris, Muhammad. (2015). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. HM Arifin. Ummul Qura, 6(2), 1–19.
Hasan, Hafiedh. (2017). Internalisasi Religius dalam Kompetensi Guru Agama Islam. Madaniyah, 7(2), 284–298.
Kbbi, KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.
Kemenag. (2016). Al-Qur’an Terjemahan.
Kementerian Agama, R. I. (2015). Al-Qur’an. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah.
Kementerian Agama, R. I. (2018). Al-Qur’an. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah.
Kementrian Agama, R. I. (2012). Al-Qur’an Transliterasi per Kata dan Terjemah per kata. Bekasi: Cipta Bagus Segara.
Nasution, Harun. (2015). Islam ditinjau dari berbagai aspeknya. Penerbit Universitas Indonesia.
Nizar, H. Samsul. (2013). Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara. Kencana.
Nizar, Samsul. (2001). Pengantar dasar-dasar pendidikan Islam. Cet. I, Jakarta: Gaya Media Pratama.
Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, Nurhayati. (2021). Manajemen POACH pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Luring di SDII Luqman Al Hakim Batam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 381–394.
Nurhayati, Nurhayati. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1).
Nurhayati, Nurhayati, Mukti, Abdul, Wesnedi, Candra, Munawar, Slamet, & Maisah, Maisah. (2022). KINERJA KEPALA SEKOLAH KINERJA KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 634–644.
Nurhayati, & Rosadi, Kemas Imron. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.
Rayhan, Ramadhan. (2022). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AHMAD TAFSIR. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Ri, Departemen Agama. (2010). al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 220.
Ri, Departemen Agama. (2016). al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi, 220.
Rifa’i, Ahmad Ghorib. (2020). asbabun nuzul dalam tafsir mara> h labi> d (Analisa Kualitas Riwayat Asbab al-Nuzul surat al-Baqoroh ayat 1-141 dalam Tafsir Mara> h Labi> d karya Syekh Muhammad Nawawi al-Bantani). IAIN PONOROGO.
Satrisno, Hengki. (2018). Filsafat Pendidikan Islam. Samudra Biru.
Shihab, M. Quraish. (2016). Wawasan Al-Quran. Bandung: Mizan.
Syarif, Miftah. (2017). Hakekat Manusia dan Implikasinya Pada Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 135–147.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.