PENERAPAN EVALUASI DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI KURIKULUM DI SDII LUQMAN AL HAKIM

Authors

  • M. Nurman Ardiansyah STIT Internasional Muhammadiyah, Indonesia, Universitas Islam Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Abudin Nata

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25427

Keywords:

kurikulum, evaluasi kurikulum, implementasi pengembangan kurikulum

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap informan, observasi, dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2024 di Sekolah Dasar Islam Integral Luqman Al-Hakim. Teknik penentuan informan dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan memilih tim pengembang kurikulum Sekolah Dasar Islam Integral Luqman Al-Hakim sebanyak tiga orang sebagai informan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan evaluasi dan pengembangan organisasi kurikulum di Sekolah Dasar Islam Integral (SDII) Luqman Al Hakim telah memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran dan pencapaian akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. (2018). Buku Landasan Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rafa Production.

Azis, R. (2018). Implementasi pengembangan kurikulum. Inspiratif Pendidikan, 7(1), 44–50.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67.

Dakir, D., Fauzi, A., & Anwar, K. (2020). Pesantren Quality Management Government Intervention in the Policy of the Pesantren Law in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(3), 1603–1620.

Kbbi, K. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Budaya.

Laksono, T. A., & Izzulka, I. F. (2022). Evaluasi pengembangan kurikulum pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4082–4092.

Mesra, R., & Salem, V. E. T. (2023). Pengembangan Kurikulum.

Nabella, S. D., Rivaldo, Y., Kurniawan, R., Nurmayunita, Sari, D. P., Luran, M. F., … Wulandari, K. (2022). The Influence of Leadership and Organizational Culture Mediated by Organizational Climate on Governance at Senior High School in Batam City. Journal of Educational and Social Research, 12(5), 119–130. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0127

Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803

Nurhayati, Nurhayati. (2021). Manajemen POACH pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Luring di SDII Luqman Al Hakim Batam. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 381–394.

Nurhayati, Nurhayati, Mukti, A., Wesnedi, C., Munawar, S., & Maisah, M. (2022). KINERJA KEPALA SEKOLAH KINERJA KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 634–644.

Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.

Soleman, N. (2020). Dinamika perkembangan kurikulum di Indonesia. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 12(1), 1–14.

Tarihoran, N. (2017). Pengembangan Kurikulum.

Wahyudi. (2022). “The Role of Reward Management in Improving Job Satisfaction in Higher Education.” International Journal of Educational Management, 36(7), 1231–1245. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Downloads

Published

2025-05-29