PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SETS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25389Keywords:
Multimedia Interaktif, SETS, Hasil Belajar, IPA, EnergiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis SETS terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan bentuk energi di kelas 4 SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas di SDN 1 Ngronggot, yaitu kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta pemberian pre-test dan post-test. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi sebesar p = 0,000 (p<0,05; 2-tailed). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis SETS memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi perubahan bentuk energi.Downloads
References
Arifin, Muhammad, and Rini Ekayati. 2021. Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Medan: Umsupress.
Fitri, Selfi Kurnia, and Azwir Anhar. 2019. “Need Analysis on SETS (Science Environment, Technology and Society) Based Practicie Guidance Development for Semesteri II of X Grde Og Senior High School” 14 (1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v14.1.854.
Hanifah, Dina, Alwen Bentri, Zuwirna Zuwirna, and Mutiara Felicita Amsal. 2024. “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Construct 2 Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8 (1): 8760–69. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13714.
Haryadi, Rudi, and Hanifa Nuraini Al Kansaa. 2021. “Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan 7 (1): 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/attalim.v7i1.426.
Lintang, Gita Pramesti Addiana Wahyu, Farida Nurlaila Zunaidah, and Mumun Nurmilawati. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flipbook Pada Materi Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Di Kelas V Sdn Satak 2 Gita Pramesti Addiana Wahyu Lintang, Farida Nurlaila Zunaidah, Mumun Nurmilawati.” SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA 4 (2): 74–88.
Maharani, Aulia Tata, and Khusnul Khotimah. 2024. “Pengembangan Multimedia Interaktif ‘Lightplay’ Pada Materi Dasar Penggunaan Lighting Mata Kuliah Pengembangan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Unesa.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 14 (1).
NINGTIYAS, ELOK SULISTIYA, DHIAN DWI NUR WENDA, and FRANS ADITIA WIGUNA. 2024. “Pengembangan Multimedia Interaktif Sitaya (Sistem Tata Surya) Untuk Siswa Kelas 6 Di Sdn Kraton Kabupaten Kediri.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 4 (1): 46–59. https://doi.org/10.51878/edutech.v4i1.3018.
Nuriyah, Rikah. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN Bodor Pace Kabupaten Nganjuk.”
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat 3 (1): 171–87. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52.
Robbia, Annisa Zikri, and Husnul Fuadi. 2020. “Pengembangan Keterampilan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Di Abad 21.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5 (2): 117–23. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125.
SARI, FADILA PUTRI INDAH, DHIAN DWI NUR WENDA, and FRANS ADITIA WIGUNA. 2024. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Peta Konsep Pada Materi Bentuk Dan Fungsi Tumbuhan Untuk Siswa Kelas Iv Sd Muhammadiyah Assalam Gurah.” SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA 4 (2): 89–104. https://doi.org/10.51878/science.v4i2.2966.
Suprapto, Heri. 2020. Media Benda Konkret Untuk Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Indramayu: Penerbit Adab.
Ulfah, Nurul, Ibrahim Ibrahim, and Vlorensius Vlorensius. 2020. “Pengaruh Penerapan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society) Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Tarakan.” Borneo Journal of Biology Education 2 (1): 24–32. https://doi.org/10.52222/bjbe.v2i1.1737.
Wedyawati, Nelli, and Yasinta Lisa. 2019. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Sleman: Deepublish.
Yusa, I Made Marthana, Sepriano, Dwi Puspita Anggriani, Arief Ruslan, Agung Dwi Saputro, Euis Nur Fitriani Dewi, and Darwin. 2024. Buku Ajar Multimedia. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.