Penerapan Filsafat Idealisme dalam Pembelajaran Sejarah

Penerapan Filsafat Idealisme dalam Pembelajaran Sejarah

Authors

  • balqisedenia Balqis Edenia Universitas Sriwijaya
  • Syafruddin Yusuf Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya
  • Rani Oktapan Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25380

Keywords:

filsafat, idealisme, sejarah

Abstract

Dalam kepenulisan artikel ini penulis akan mengangkat tema yakni mengenai salah satu ilmu yang ada dan dianggap sebagai induk dari seluruh ilmu yaitu filsafat, namun hal yang menjadi konsen atau focus dalam tulisan ini adalah filsafat idealisme yang merupakan salah satu aliran yang ada dan memiliki pengaruh didalam dunia pendidikan. Untuk itu pemikiran dari aliran filsafat idealisme ini akan dituangkan dan dihubungkan dengan ilmu dari sejarah, hal yang membuat menarik yakni hubungan dalam penerapan filsafat idealisme dengan mata pelajaran sejarah. Dengan begitu maka penelitian dalam tulisan ini akan menggunakan metode kualitatif yang membahas mengenai filsafat pendidikan aliran idealisme dan ilmu sejarah yang mana dalam dunia pendidikan penerapannya itu dalam mata pelajaran sejarah. Untuk itu pada hakikatnya pengumpulan data kualitatif ini dilakukan dengan melalui pencarian terhadap berbagai sumber baik dari tulisan berupa buku, koran, artikel, internet, dan sebagainya yang dalam pengumpulan sumber ini juga turut dilakukan dengan melakukan analisis terhadap sumber sehingga kesesuaian antara isi dan tema yang dikaji memiliki keterkaitan satu sama lain. Filsafat, Idealisme, dan Sejarah

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.H, S. (2020). Pemikiran Essensialisme, Perenialisme, dan Pragmatisme dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Al Asas, 5(2), 16–28.

Alfitriani, A., Erawati, T., & Suyanto. (2021). Pengaruh Idealisme, Relativisme, Pendidikan Etika Bisnis Dan Love Of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Tentang Krisis Etika Akuntan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi UST). Jurnal Ilmu Akuntansi, 3(2), 258–284.

Andrean, S., & Arif, M. (2020). Analisis Kritis Terhadap Buku Filsafat Pendidikan Islam Karya Muhammad As Said. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(2), 151–162.

Bandarsyah, D. (2014). Aktualisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah. Socia Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2), 189–197. https://doi.org/10.21831/istoria.v10i1.3592

Bernadib, I. (2002). Filsafat Pendidikan (H. H. Nugroho (ed.); I). Adicita Karya Nusa.

Dewantara, A. W. (2022). PENDIDIKAN AGAMA DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT IDEALISME. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(1), 20–27.

Fathon, A. M. (2010). Idealisme pendidikan plato. Tadris, 5(1).

Fauzan, A., Isnandar, & Afianto, M. (2022). Pemikiran Idealisme dalam Filsafat Pendidikan (S.Nurchamid & M. Farid (eds.)). PT Nasya Expanding Management.

Hermawan, A. H. (2009). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Kahari, Maryadi, & Fauziyati, E. (2022). PERANAN PENDIDIKAN TASAWUF SANTRI PADA KEHIDUPAN MODERN DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT IDEALISME. JOSR: Journal of Social Research, 1(9), 1020–1025.

Maksum, A., & Yunan, L. (2004). Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post Modern.

Mubin, A. (2019). REFLEKSI PENDIDIKAN FILSAFAT IDEALISME. 15(2), 25–39.

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jetish: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40.

Naila, N. (2020). Makalah Filsafat Idealisme. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Ngulwiyah, I. (2016). Menciptakan iklim pendidikan yang murni berbasis idealisme. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 214–222.

Prayogi, A. (2021). Paradigma Positivisme dan Idealisme dalam Ilmu Sejarah : Tinjauan Reflektif Terhadap Posisi Sejarah Sebagai Ilmu. 21(1), 75–90.

Prayogi, A. (2022). Ruang Lingkup Filsafat Sejarah Dalam Kajian Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajuan Sejarah, 4(1), 1–10.

Purwati, I., & Fauziati, E. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT IDEALISME. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33654/pgsd

Rasid, A. (2018). IMPLIKASI LANDASAN-LANDASAN PENDIDIKAN. Al-Fikrah, 1(1).

Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Kualitatif (pp. 1–37). http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4494/1/

METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan Praktis Kualitatif.pdf

Rohani, R., Yusuf, S., & Syarifuddin, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Keterampilan Sosial di Sekolah Menengah Atas Palembang. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 5(2), 117–129. https://doi.org/10.29408/fhs.v5i2.3768

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Kiranti, D. I., Febriyanti, I., Farradhillah, S. Q. A., & Sari, Y. (2022). URGENSI PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN SISWA SEKOLAH DASAR.Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(April), 50–70

Rusdi. (2013). Filsafat idealisme (implikasinya dalam pendidikan). Dinamika Ilmu, 13(2), 236–249.

Saiful. (2013). Filsafat Idealisme dan Realisme: Suatu Perspektif Pendidikan. Jurnal Mentari, 16(2).

Suasthi, I. G. A. (2020). Analisis Swot Konsep Dasar Filsafat Idealisme Implikasi dan Aplikasi dalam Pendidikan. Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 9(1), 1. https://doi.org/10.25078/sjf.v9i1.1607

Suripto. (2012). Filsafat Idealisme dan Implementasinya dalam Pendidikan. Al-Furqan Jurnal : Studi Pendidikan Islam, I(1), 89–116.

Wahyuni, I., Titsa Raky Andjani, & Setyawati, A. (2022). ONTOLOGI PENDIDIKAN MENURUT BERAGAM FILSAFAT DUNIA: IDEALISME, REALISME, PRAGMATISME, EKSISTENSIALISME. Jurnal Umsida.

Wijaya, D. N. (2015). R.G. Collingwood dalam Idealisme Historis. Sejarah Dan Budaya, 9(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/1549

Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Jurnal Pendidikan Islam, 1(02).

Zed, M. (2018). Tentang Konsep Berfikir Sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(1), 54–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.34050/jlb.v13i1.4147

Downloads

Published

2025-06-06