EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA MEDPEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PERKALIAN MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25354Keywords:
Problem Based Learning, Conceptual Understanding, Mathematics Multiplication MaterialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Problem Based Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis materi perkalian siswa kelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental dengan desain one-group pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari 19 siswa kelas 2 SD Negeri 01 Wotan tahun ajaran 2024/2025 yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi Pre-test, Post-test, observasi,dan wawancara, dengan analissi data menggunakan Paired Samples T-Test dan N-Gain. penggunaan model PBL berbantuan MEDPEN terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada uji paired sample T-test memperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan sebelum dan sesudah menggunakan model PBL berbantuan MEDPEN. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang signifikan, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar dalam 0,560 yang masuk dalam kategori sedang. Penelitian ini mengindikasikan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan sampel lebih besar serta mengekplorasi strategi inovatif lainnya dalam pembelajaran.Downloads
References
Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacyterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5482-5490.
Ardianti, S. D., Ulya, H., Ismaya. (2018). PAKEM dalam Kurikulum 2013. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Ermawati, D., & Amalia, N. (2023). the Effect of Mat Joyo Application on Students’ Understanding of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 9(1), 12–22.
Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation Of Open-Ended Problems On Mathematical Problem-Solving Skill Of Elementary School Students. Jpsd, 145-157. Retrieved From Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Jpsd/Article/Viewfile/8798/5952
Ermawati, D., Indra, P. Z., Richa, R. A., Putri, T. H., & Shabrina, K. Z. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Kelas Iv Sd Gempolsongo. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), 7(2), 228-236. Retrieved From Https://Ejournal.Unib.Ac.Id/Jppms/Article/View/28606/13012
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Haikal, M. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 145-157.
Hilyana, F. S., Ermawati, Diana., & Riswari, L. A. (2023). Analysis Of Stem Ability And Digital Literacy Of Students For Development Of Stem-Based Digital Assessment Applications For Prospective Digitally Capable Teachers. Analysis Of Stem Ability And Digital Literacy Of Students For Development Of Stem-Based Digital. Bali: European Alliance For Innovation.
Khurriyati, A. L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Iii Melalui Media Pacapi (Papan Pecahan Pizza). Jiip, 1028-1034. Retrieved From Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id/Jiip/Index.Php/Jiip/Article/View/497/455
Kurniawati, N. J., Prasetya, A. B., Sekarwangi, P. A., & Amaliyah, F. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Statistika Pada Siswa Kelas Vi Sd 7 Gondosari. Bersatu : Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 33-38. Doi:Https://Doi.Org/10.51903/Bersatu.V1i4
Kurniawan, A., & Pertiwi, E. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran KonvensionalTerhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 145-157.
Kusumaningrum, S. R., Furqon, M. N., Ulya, W. J., & Amaliyah, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (Jurrimipa), 162-169. Doi:Https://Doi.Org/ 10.55606/Jurrimipa.V2i2.1539
Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575.https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8 n3.p569-575
Mangundipuro Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3202-312. Retrieved From Https://Journal.Unpas.Ac.Id/Index.Php/Pendas/Article/View/12733/5598
Rachmiati, W., Rijal, M. R., & Faridah, N. (2024). Student Learning Results On Adding Fractions Using The Realistic Mathematics Education (Rme) Approach: An. Pendas, 13(2), 2339-2495. Retrieved From Https://Jurnal.ArRaniry.Ac.Id/Index.Php/Pendas/Article/View/22908/9814
Rohmah, T. N., & Ermawati, Diana. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ii Sd Melalui Metode Jarimatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1101-1111. Retrieved From Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/616928066.Pdf
Safitri, A. D., Hariyani, Y., & Kusuma, R. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pendas, 93-103.
Udmah, S., Purwaningrum, J. P., & Ermawati, Diana. (2024). Penggunaan Media Kokuba untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 59-74. Retrieved From Https://Www.Journalstkippgrisitubondo.Ac.Id/Index.Php/Pkwu/Article/View/ 1016/700
Vitasari, U. N., Ermawati, Diana., & Amaliyah, F. (2025). Model
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.