PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 18 BELANG – BELANG KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25315Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu pembelajaranmasih berpusat pada guru, peserta didik kurang aktif dan cenderung pasif, minim interaksi antar peserta didik dan suasana belajar kurang kolaboratif kemudian guru kurangmenggunakan model pembelajaran yang kurangmenyenangkan atau variasi model masih minim, pesertadidik juga masih kurang percaya diri dan mudah jenuh ataukurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran IPAS.Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui proses penerapan model kooperatif tipe Take And Give dalam meningkatkan hasilbelajar IPAS peserta didik kelas V SDN 18 Belang-BelangKabupaten Maros.Penelitian yang dilaksanakan merupakanpenelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukandalam dua siklus masing-masing terdiri dari tahapperencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitiaan iniadalah peserta didik kelas V SDN 18 Belang-BelangKabupaten Maros sebanyak 18 peserta didik yang terdiriatas 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapenerapan model kooperatif tipe Take And Give mampumeningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 18 Belang-Belang Kabupaten Maros.Pada siklus I, nilairata-rata hasil belajar peserta didik adalah 61,6 denganpersentase ketuntasan klasikal sebesar 61,6 %.Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 73,44 dengan persentase ketuntasanklasikal sebesar 73,44%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas belajar peserta didik yang semula pada siklus I hanya mencapai rata- rata 66,76 % meningkat menjadi96,06% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebutdapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatiftipe Take And Give efektif dalam meningkatkan hasilbelajar peserta didik dalam proses pembelajaran IPAS.Downloads
References
Agustina, A., Mufarizuddin, M., & Rizal, M. S. (2023). Peningkatan Mental Activities Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take And Give Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 131–138. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1479
Ali, L., & Musfirah. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 28 Kota Parepare. 2015, 1570–1582.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Aningsih, & Yosa, M. I. (2021). Peranan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Take and Give dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar pada Materi Sumber Daya Alam. PEDAGOGIK, IX(2), 53–60.
Endayani, H. (2018). Sejarah dan Konsep Pendidikan IPS. Ittihad, II(2), 117–127.
Gustia, D. D., & Noviana, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 192 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 334–338. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6444
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Nuryani, S., Hamdani Maula, L., & Khaleda Nurmeta, I. (2023). Implementasi Kurikulum
Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599–603. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 146–167. https://www.neliti.com/libraries.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan
Prestatif dalam Memahami Peserta Didik (I). CV Pustaka Setia.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna
Sagendra, B. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) FaseA-FaseC.1–59. https://drive.google.com/drive/folders/1hWJF_aa1QJKc2POtF71rOwp__WyBbgKZ
Setiyawan, H., & Hasti Yunianta, T. N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 162–174. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3859
Shasliani. (2020). Upaya Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 24 Makassar Tahun 2019. Heritage: Journal of Social Studies |, 1(1), 23–42. http://heritage.iain-jember.ac.id
Syofyan, H., & Octavianingrum, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Pada Materi Alat Pernapasan Makhluk Hidup. Jurnal Forum Ilmiah, 16(2), 139–148. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal18436-11_0868.PDF
Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). In Eureka Media Aksara (pp. 1–23). EUREKA MEDIA AKSARA.
Winda, Ariani, T., & Egok, A. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give (TG) pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Purwara V Kecamatan Nibung. Linggau Journal of Elementary School Education, 2(2), 94–100.
Yanti, Y., Fauziah, S., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kelas III. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 167–182. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5516
Zainal, Z., Mukhlisa, N., & Azizah, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Volume Bangun Ruang Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 77 Parepare. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2), 99–103. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.3
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.