PENINGKATAN LITERASI MELALUI MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN BERBASIS PROYEK PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25290Keywords:
literasi; kemampuan menulis puisi; project based learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi malalui kemampuan menulis puisi dengan pendekatan berbasis proyek (PjBL) pada peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 1 Medan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data dibandingkan berdasarkan indikator keberhasilan kemudian ditarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan literasi melalui kemampuan menulis puisi dengan pendekatan proyek dari siklus I dengan nilai rata-rata 77,91 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 85,55 dengan interpretasi baik. Peningkatan nilai tersebut terlihat juga pada nilai rata-rata berdasarkan aspek pembangun puisi. Pada siklus I masih ada nilai di bawah ketuntasan 75, sedangkan pada siklus II semua nilai sudah tuntas. Selain itu, ada peningkatan pada capaian hasil ketuntasan seluruh peserta didik, pada siklus I sejumlah 53% naik secara signifikan menjadi 100% pada siklus II. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa pendekatan berbasis proyek mampu meningkatkan literasi dan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 1 Medan tahun ajaran 2024/2025.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-06-10
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.