GERAKAN LITERASI SEKOLAH SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV DI SDN KALIANGET TIMUR I
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25289Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Minat BacaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada kelas IV di SDN Kalianget Timur I, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat di dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada kelas IV di SDN Kalianget Timur I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan oleh peneliti adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada kelas IV di SDN Kalianget Timur I ada 2, yaitu kegiatan membaca buku non pelajaran di dalam hati selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai baik dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas, serta penggunaan pojok baca. Untuk mekanisme pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN Kalianget Timur I dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Selain itu, faktor pendukungnya yaitu adanya motivasi dan keterlibatan dari pihak kepala sekolah, guru kelas IV, dan orang tua dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, tersedianya pojok baca di dalam ruang kelas IV, tersedianya bahan bacaan yang bervariasi pada pojok baca. Faktor penghambatnya yaitu buku yang ada di perpustakaan masih belum bervariasi, kurangnya minat peserta didik dalam membaca, dan ada siswa yang bergurau dengan temannya pada saat pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah.Downloads
References
Aisyi, I. R., Ghufron, S., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2020). GERAKAN LITERASI SEKOLAH: PELAKSANAAN, HAMBATAN, DAN SOLUSI (STUDI KASUS DI SD GHUFRON FAQIH SURABAYA). GENTA MULIA, XI(2), 105–117.
Azriansyah, Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Analisis hambatan guru dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah (GLS) di SDN 32 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 262–269.
Cahyani, R. D., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2023). Analisis Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Minat Baca Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 1802–1811.
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Pawestri, R. A., Dewi, K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v19i1.723
Dewi, W. S., Karma, I. N., & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) Pada Literasi Baca Tulis di SDN 30 Ampenan Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2165–2172. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.931
Dwi Aryani, W., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682
Elita, N.I, & Supriyanto, A. (2020). Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu PEndidikan Universitas Negeri Malang, 106–113. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/391
Indonesia, R., Negara, T. L., Lembaran, T., & Republik, N. (2021). Bupati sumenep provinsi jawa timur peraturan bupati sumenep nomor. 1999.
Islami, R. M., & Ferdianto, F. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1477–1483. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6330
Jamilah, Hikmawati, N., & Moh. Imam Sufiyanto. (2023). Konsep dan Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Manajemen Kurikulum SD/ MI. ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1–16. https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/abuya
Jamilah, J., Jesica, M., Fikri, A., Anwar, K., Ansori, A., & Anshori, S. (2024). Implementasi Metode Information Search pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2229–2237. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6651
Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885.
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Miftahurrahmah, Husniati, & Umar. (2023). Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ) di SD Peduli Anak Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 939–947. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1315
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2015). BERITA NEGARA. 1072, 1–11.
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2019). No Title. 1–8.
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–7. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Sama’, Wahyuni, A., Anggraeni, A. D., & Tonasih. (2021). PSIKOLOGI PENDIDIKAN (I. K. N. Ardiawan (ed.)). 2021.
Samak, S. (2017). Implementasi Pendekatan Ctl Pada Pembelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd. In Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian (Vol. 3, Issue 2, p. 429). https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n2.p429-438
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi ke-3). ALFABETA.
Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. (2021). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di SDIT Nurul Yaqin. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 2(1), 264–273.
Syafitri, N., & Yamin, Y. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6218–6223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3207
Wendri Wiratsiwi. (2020). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Widiada, I. K., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kuta. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 387–393. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.511
Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497–503. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.