PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 4 MEGUGEDE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25268Keywords:
Media Diorama, Peningkatan Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, hal ini ditandai dengan nilai hasil belajar pada penilaian akhir tahun mata pelajaran Ilmu Pengatahuan Alam dan Sosial kelas IV B, diperoleh rata-rata nilai sebesar 65,2, yang masih berada di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah belum optimalnya penggunaan media yang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial pada materi keanekaragaman hayati dengan bantuan media diorama. Penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam studi ini mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart, terdiri atas empat komponen, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan dengan rata-rata nilai peserta didik mencapai KKTP sebesar 75,00 pada setiap siklus. Hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan. Rata-rata nilai meningkat dari 67,2 (prasiklus), menjadi 73,2 (Siklus I), dan akhirnya mencapai 82,6 (Siklus II). Begitu juga dengan persentase ketuntasan belajar, yang awalnya hanya 44% pada prasiklus, meningkat menjadi 60% pada Siklus I, dan mencapai 84% pada Siklus II. Berdasarkan hasil tersebut penggunaan media diorama terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial materi keanekaragaman hayati kelas IV B SDN 4 MegugedeDownloads
References
Adrillian, H., & Munahefi, D. N. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 57-65).
Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal Of Education, 2(1), 64–73.
Dauly, N. I., Wuryani, M. T., Muslim, R. I., & Nurani, D. C. (2024). Problematika Pembelajaran IPAS Kelas V SD N 1 Wonokerso. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 11(1), 211-222.
Dewi, K., Sadia, I. W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1.
Hafsah, U. M., Soleh, D. R., & Dewi, Y. R. (2023). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN Bangunsari 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 644-656.
Hendrik, M. Y., Tanggur, F. S., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. SPASI: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 115- 129.
Husna, F. N., Wahyuningtyas, D. T., & Astuti, R. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Pada Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD. In Seminar Nasional dan Prosiding PPG Unikama (Vol. 1, No. 2, pp. 485-494).
Lestari, E. T., Cahyono, B. E. H., & Kusuma, G. E. (2024). Penggunaan Media Diorama dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SDN Kaibon 01. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5936-5942.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 79–86.
Purnomowati, R. Pengaruh Model Learning Cycle 7E Berbantuan LKPD Berbasis Android Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Rahayu, D., & Astuti, D. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Pembelajaran Inovatif di SDN 1 Jatiprahu. IDEAS: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(2), 112–120
Redhamutia, R., Utami, S. R., Widayani, T. K., & Razanah, M. (2024). Penerapan Model NHT dengan Media Canva dalam Meningkatkan Pemahaman Informasi Teks LHO pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1602-1612.
Salmah, T., Siregar, I., Nola, I. S., & Hartati, T. (2025). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Mengubah Tantangan Menjadi Solusi. Jurnal Ta'limuna, 3(1), 63-73.
Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54.
Susanti, L., Listiani, I., & Kurniawati, R. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 510-516.
Wulandari, S., & Sartika, L. D. (2024). Pemanfaatan Media Diorama untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Medan. Education & Learning, 4(1), 1-6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.