PENERAPAN PENDEKATAN TARL BERBANTUAN MEDIA GEOBOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN JEMBERLOR O5

Authors

  • Fatkur Mujib Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Jember
  • Galuh Melinda Safitri Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Jember
  • Aprillia Putri Pratiwi Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Jember
  • Singgih Bektiarso Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Jember
  • Kuntari Dwi Meitikosari SDN Jember Lor 05

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25260

Keywords:

TaRL, Media Geoboard, Hasil Belajar, Matematka

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Pendekatan TaRL dirasa tepat digunakan karena menekankan adanya penyesuaian tingkat kesulitan materi dengan kemampuan awal peserta didik. Media geoboard dirasa tepat digunakan pada mata pelajaran matematika materi ciri-ciri bangun datar karena membantu dalam pemahaman konsep abstrak melalui objek nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VA SDN Jember Lor 05 pada mata pelajaran Matematika melalui pendekatan TaRL berbantuan media Geoboard. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MC Tagart dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dari pra-siklus 28% yang mencapai ketuntasan. Ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 57% pada siklus pertama dan 85% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, T. N., Sari, T. N., R, N. H., & Darmadi. (2024). Media Pembelajaran Geoboard Meningkatkan Pemahaman Keliling Bangun Datar Siswa Kelas V SDN Tlogomas 2. Indonesian Journal Of Education, 1(2), 35–42.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahayu, M. P., & Kurniastuti, I. (2024). Pengembang Modul Ajar Berdiferensiasi Kelas 4 Sekolah Dasar Materi Bangun Datar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 877–891.

Rahmawati, L. D., Agustini, F., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 2 SD Melalui Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(04), 312–320.

Santiasi, I., Nurjanah, & Pakiding, M. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 2 SDN 10 Palu melalui Pendekatan Teaching at The Right Level ( TaRL ) dengan menggunakan Media Konkret. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(2), 274–288.

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Wulandari, Asyari, H., Suryandari, K. C., & Hidayah, N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Untuk Meningkatkan Hasil Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas II. Social, Humanies, and Educational Studies, 7(3), 1982–1987.

Yunus, M. M., Rohana, & Latang. (2025). Pengaruh Pendekatan Teaching at The Right Level Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V UPT S/PF SDI Hartaco Indah Kecamatan

Downloads

Published

2025-06-01