PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS V SDN 205/IV KOTA JAMBI
penelitian kuantitatif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25208Keywords:
Pengaruh, Model Think Pair Share, Berfikir Kritis, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SDN 205/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 205/IV Kota Jambi pada tahun ajaran 2024/2025 . Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa serta dominasi metode ceramah dalam proses pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental jenis one group pre-test and post-test design. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas V yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kritis sebelum dan sesudah penerapan model TPS. Hasil analisis data menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Rata-rata nilai pre-test sebesar 48,47 meningkat menjadi 84,20 pada post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS. Oleh karena itu, model TPS direkomendasikan sebagai alternatif model pembelajaran aktif yang dapat diterapkan di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Downloads
References
Adisty, A. N., Evayenny, E., & Hasanah, N. (2021). Analisis Kemampuan Bepikir Kritis Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 1-7).
Ayuni, P., T Muthi., I. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar PPKN Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin.
Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644
Ramadhan, R., Wicaksono, B. R., & Prasetyo, T. (2024). Pembelajaran IPAS Pada Proses Belajar Sekolah Dasar Kelas 4. Karimah Tauhid, 3(7), 7457-7464.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Rosa, I., Kistian, D., Bina, S., Meulaboh, B., Nasional, J., Cut, M. P., & Kec, U. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. 1(2014), 17– 20.
Siregar, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(Vol 9 No.1), 31–43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.