PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK CERITA BERGAMBAR BERBANTUAN APLIKASI CANVA PADA MATERI BHINEKA TUNGGAL IKA KELAS IV DI SDN 16 INDRALAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25204Keywords:
Bahan Ajar, Flipbook, Canva, Bhinneka tunggal ika, kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar flipbook cerita bergambar berbantuan aplikasi Canva pada materi Bhineka Tunggal Ika untuk siswa kelas IV di SDN 16 Indralaya. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 5 siswa pada uji coba kelompok kecil dan 15 siswa pada uji coba kelompok besar. Hasil validasi ahli materi menunjukkan tingkat validitas sebesar 62,5% (valid), ahli media sebesar 90,6% (sangat valid), dan guru praktisi sebesar 93,75% (sangat valid). Uji coba kelompok kecil menghasilkan skor kemenarikan 94%, sedangkan kelompok besar mencapai 92,6%, keduanya termasuk kategori sangat menarik. Temuan ini menunjukkan bahwa bahan ajar flipbook berbantuan Canva mampu meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta relevan dengan prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa dalam Kurikulum Merdeka.Downloads
References
Abigail Soesana. dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran di Era Society 5.0. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Enita, E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN ANGKA BERPASANGAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68.
Maulidah, L., Kurnia, D., & Anjaswuri, F. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flipbook pada Tema 9 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5479-5491.
Rahmawati, R., Yandari, I. A. V., Sukirwan, S., & Pamungkas, A. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital flipbook Menggunakan Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 337-350.
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265–7274.
Salma, A. D., Windiyani, T., & Purnamasari, R. (2023). Pengembangan EModul Berbasis Aplikasi Flipbook Kelas Iv Subtema Indahnya Keberagaman Budaya. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2325–2335.
Saputra, M. R. A. (2021). Pengembangan bahan ajar sejarah berbasis WEB. Penerbit YLGI
Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (R&D) lima tahap (MANTAP). Project Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Yogyakarta.
Sá, M. J., & Serpa, S. (2020). COVID-19 and the promotion of digital competences in education. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4520–4528.
Widiyanti, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD menggunakan live worksheet pada materi bangun datar kelas IV sekolah dasar. Eprints UMM, 20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.