Pengaruh Implementasi Metode Community Language Learning (CLL) Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Authors

  • Aris Aris Harja Kusuma Universitas Negeri Jakarta
  • Herlina Usman Universitas Negeri Jakarta
  • Mahmud Yunus Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25182

Keywords:

Community language learning, Sekolah dasar, Metode pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran

kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa

kelas lima di SDN Menteng 01 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan

metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan dianalisis

secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami

peningkatan kelancaran dan ketepatan berbicara, merasa lebih percaya diri dan

nyaman dalam menyampaikan ide, serta menunjukkan partisipasi aktif dan

keterlibatan emosional selama pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa

pembelajaran kolaboratif yang difasilitasi oleh guru memberikan pengaruh positif

terhadap perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dalam

pembelajaran Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Herlina Usman, Universitas Negeri Jakarta

  1.  

References

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S.,

Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K.

N., & Sari, M. E. (2021). METODOLOGI

PENELITIAN KUANTITATIF (N. Saputra,

Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

http://penerbitzaini.com

Akram, H., Yang, Y., Ahmad, N., & Aslam, S.

(2020). Factors Contributing Low English

Language Literacy in Rural Primary

Schools of Karachi, Pakistan.

International Journal of English

Linguistics, 10(6), 335–346.

https://doi.org/10.5539/ijel.v10n6p335

Alfatih, A. (2021). Buku Panduan Praktis

Penelitian Deskriptif Kuantitatif.

Universitas Sriwijaya Press.

Asari, A., zulkarnaini, Hartatik, Anam, A. C.,

Litamahuputty, J. V., Dewadi, F. M.,

Prihastuty, D. R., Maswar, Syukrilla, W. A.,

Murni, N. S., & Sukwika, T. (2023).

Pengantar Statistika (A. Asari, Ed.). Mafy

Media Literasi Indonesia.

Çakır, I. (2014). Community Language

Learning.

https://www.researchgate.net/publicatio

n/312582814

Daulay, E. G. (2019). Community Language

Learning to Improve Students’ Speaking

Skill. English Journal for Teaching and

Learning, 7(2), 252–261.

http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/i

ndex.php/EEJ

Dhiu, K. D., Fono, Y. M., Ngao, T., & Rita, F.

(2023). Optimasi Pola Pengasuhan Orang

Tua: Fondasi Pembentukan Karakter Anak

Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6),

7204–7213.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.56

73

Febrilia, B. R. A., & Patahuddin, S. M. (2019).

INVESTIGASI TINGKAT KETERLIBATAN

MATEMATIKA SISWA MELALUI ANALISIS

RANCANGAN PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN ELPSA DAN

IMPLEMENTASINYA DI KELAS. Jurnal

Pendidikan Matematika, 13(1), 55–72.

https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6326.

55-72

Hamdayama, J. (2016). Metodologi

Pengajaran (Suryani, Ed.). Bumi Aksara.

Kim, K.-S. (2022). Methodology of

Non-probability Sampling in Survey

Research. American Journal of

Biomedical Science & Research, 15(6),

616–618.

https://doi.org/10.34297/ajbsr.2022.15.0

02166

Masyitoh, A., Aulia Safmi, C., & Gusmaneli.

(2024). Peran Guru dalam Membangun

Kepercayaan Diri Siswa melalui

Pembelajaran Aktif di Kelas Dasar.

Journal Educational Research and

Development, 01(02), 89–95.

Nursiniah, S. (2024). Mensinergikan

Community Languange Learning (CLL)

dan Total Physical Response (TPR).

Karimah Tauhid, 3(7), 7803–7819.

Prasetyo, A., Nugroho, G. S., Muchran, M., &

Hazmin, G. (2023). Meningkatkan

Keterampilan Public Speaking untuk

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

di Depan Umum. International Journal of

Community Service Learning, 7(2),

192–198.

https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.51633

aptadi, N. T. S., Wardoyo, T. H., Maulani, G.,

& Hadikusumo, R. (2024). Pendidikan

Multilingual: Teori dan Praktik (S.

Nurmela, Ed.). Sada Kurnia Pustaka.

https://www.researchgate.net/publicatio

n/385767914

Utami, E. O., Sukirlan, M., & Sudirman. (2015).

IMPLEMENTATION OF COMMUNITY

LANGUAGE LEARNING (CLL) IN TEACHING

VOCABULARY.

Virdaus, V. V. (2017). The Effectiveness of

Counselling Learning Approach and

Scrabble Game In the Teaching of

Vocabulary. Cakrawala Pendidikan,

20(14), 78–88.

Downloads

Published

2025-06-06