Pengaruh Implementasi Metode Community Language Learning (CLL) Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25182Keywords:
Community language learning, Sekolah dasar, Metode pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas lima di SDN Menteng 01 Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan kelancaran dan ketepatan berbicara, merasa lebih percaya diri dan nyaman dalam menyampaikan ide, serta menunjukkan partisipasi aktif dan keterlibatan emosional selama pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif yang difasilitasi oleh guru memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Bahasa InggrisDownloads
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S.,
Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K.
N., & Sari, M. E. (2021). METODOLOGI
PENELITIAN KUANTITATIF (N. Saputra,
Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
http://penerbitzaini.com
Akram, H., Yang, Y., Ahmad, N., & Aslam, S.
(2020). Factors Contributing Low English
Language Literacy in Rural Primary
Schools of Karachi, Pakistan.
International Journal of English
Linguistics, 10(6), 335–346.
https://doi.org/10.5539/ijel.v10n6p335
Alfatih, A. (2021). Buku Panduan Praktis
Penelitian Deskriptif Kuantitatif.
Universitas Sriwijaya Press.
Asari, A., zulkarnaini, Hartatik, Anam, A. C.,
Litamahuputty, J. V., Dewadi, F. M.,
Prihastuty, D. R., Maswar, Syukrilla, W. A.,
Murni, N. S., & Sukwika, T. (2023).
Pengantar Statistika (A. Asari, Ed.). Mafy
Media Literasi Indonesia.
Çakır, I. (2014). Community Language
Learning.
https://www.researchgate.net/publicatio
n/312582814
Daulay, E. G. (2019). Community Language
Learning to Improve Students’ Speaking
Skill. English Journal for Teaching and
Learning, 7(2), 252–261.
http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/i
ndex.php/EEJ
Dhiu, K. D., Fono, Y. M., Ngao, T., & Rita, F.
(2023). Optimasi Pola Pengasuhan Orang
Tua: Fondasi Pembentukan Karakter Anak
Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6),
7204–7213.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.56
73
Febrilia, B. R. A., & Patahuddin, S. M. (2019).
INVESTIGASI TINGKAT KETERLIBATAN
MATEMATIKA SISWA MELALUI ANALISIS
RANCANGAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ELPSA DAN
IMPLEMENTASINYA DI KELAS. Jurnal
Pendidikan Matematika, 13(1), 55–72.
https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6326.
55-72
Hamdayama, J. (2016). Metodologi
Pengajaran (Suryani, Ed.). Bumi Aksara.
Kim, K.-S. (2022). Methodology of
Non-probability Sampling in Survey
Research. American Journal of
Biomedical Science & Research, 15(6),
616–618.
https://doi.org/10.34297/ajbsr.2022.15.0
02166
Masyitoh, A., Aulia Safmi, C., & Gusmaneli.
(2024). Peran Guru dalam Membangun
Kepercayaan Diri Siswa melalui
Pembelajaran Aktif di Kelas Dasar.
Journal Educational Research and
Development, 01(02), 89–95.
Nursiniah, S. (2024). Mensinergikan
Community Languange Learning (CLL)
dan Total Physical Response (TPR).
Karimah Tauhid, 3(7), 7803–7819.
Prasetyo, A., Nugroho, G. S., Muchran, M., &
Hazmin, G. (2023). Meningkatkan
Keterampilan Public Speaking untuk
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi
di Depan Umum. International Journal of
Community Service Learning, 7(2),
192–198.
https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.51633
aptadi, N. T. S., Wardoyo, T. H., Maulani, G.,
& Hadikusumo, R. (2024). Pendidikan
Multilingual: Teori dan Praktik (S.
Nurmela, Ed.). Sada Kurnia Pustaka.
https://www.researchgate.net/publicatio
n/385767914
Utami, E. O., Sukirlan, M., & Sudirman. (2015).
IMPLEMENTATION OF COMMUNITY
LANGUAGE LEARNING (CLL) IN TEACHING
VOCABULARY.
Virdaus, V. V. (2017). The Effectiveness of
Counselling Learning Approach and
Scrabble Game In the Teaching of
Vocabulary. Cakrawala Pendidikan,
20(14), 78–88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.