Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Kitab Lisan Arabi di Pondok Pesantren Al-Mubarokah
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25167Keywords:
pembelajaran bahasa arabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan kitab Lisan Arabi di pondok pesantren Al-Mubarokah. Penelitian ini merupakan penelitian field research menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan kitab Lisan Arabi telah terstruktur dengan baik, mencakup semua aspek pembelajaran, perencanaan pembelajaran sudah meliputi penetapan tujuan, pemilihan materi, metode, media, dan penilaian yang disesuaikan dengan kebutuhan santri. Proses pembelajaran menggunakan metode bernyanyi, dimana pembelajaran dilakukan secara langsung dan individual dengan interaksi intensif antara guru dan siswa. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan tes tertulis, lisan, dan observasi.Downloads
References
Hidayah, N. (2019). Al-Asas Al-Lughawiyyah Fî I’Dâd Al-Kitâb Al-Madrâsiy. Taqdir, 4(2), 14–28. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i2.3120
Hidayah, N. (2020). Peluang Dan Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pskolinguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Taqdir, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922
Hidayah, N., Mukmin, & Cardasyifa. (2024). CEFR Pada Materi Bahasa Arab: Inovasi Pembelajaran Ramah Anak Pada Sekolah Dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 117–127. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.12742
Hidayah, N., Mukmin, M., & Eltika, L. (2023). Konsep Aritmetika pada Perubahan Kata Bahasa Arab. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(2), 153–169. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.04
Hidayah, N., Mukmin, M., & Rahma, M. (2021). Kecerdasan Dan Kepribadian Siswa di SMP IT Fathona Palembang Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berbicara. Taqdir, 7(1), 115–130. https://doi.org/10.19109/taqdir.v7i1.8455
Imron, K. (2021). Analisis Kesalahan Morfologi Dan Sintaksis Pada Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uin Raden Fatah Palembang. Proceedings of International Education Conference, 1(1), 19–27. http://103.84.119.236/index.php/iec/article/view/3
Imron, K., & Humairoh, S. (2023). Konsepsi Implementasi Moderasi Beragama Di Madrasah. … Education Conference (IEC) …, 20, 32–39. https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/iec/article/view/764/571
Imron, K., Irmansyah, I., Nurhusna, N., Maimunah, I., & Hajib, Z. A. (2023). A New Model of Kalam Material Through Cybernetic Approach: Development Stages and The Influence Towards Speaking Skill of Students. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 15(1), 207–223. https://doi.org/10.24042/albayan.v15i1.16199
Irmansyah, I., & Pratiwi, L. (2021). Model Pembelajaran Seven Power Key Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp It Fathonah Palembang. Al-Mashadir, 1(1), 30–46. https://doi.org/10.30984/almashadir.v1i1.85
Irmansyah, I., & Puspita, Y. (2023). تعليم النحو باستخدام كتاب مختارات قواعد اللغة العربية للتلميذات في الفصل إعداد اللغة بمعهد زاد المعاد بالمبانج. Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 2(02), 1–32. https://doi.org/10.30984/almashadir.v2i02.428
Irmansyah, I., Qaaf, M. A., & Yuslina, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Savi (Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual). Jurnal Al-Mashadir: Journal of Arabic Education and Literature, 3(01), 69–86. https://doi.org/10.30984/almashadir.v3i01.610
Jamanuddin, D. b &. (n.d.). ﺞﻧﺎﺒﻟﺎﻓ ﺎﻨﺗﺰﻋ ﺪﻬﻌﻤﺑ مﻼﻜﻟا ةرﺎﻬﻤﻟ ﺔﻴﺑﺮﻌﻟا ﺔﻐﻠﻟا سورد ﻰﻓ ﻢﻳﻮﻘﺘﻟا مﺎﻈﻧ.
Jamanuddin, S. K. (n.d.). ﺔّﻨﺴﻟا ﻢﻴﻘﻣ ﺪﻬﻌﻤ ﺑ ﺔﻳﻮﻧﺎﺜﻟا ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻲﻓ ةءاﺮﻘﻟا ةرﺎﻬﻣ ﻢﻴﻠﻌﺗ ﻢﻳﻮﻘﺗ ﺞ.
Jumhur, & Wasilah. (2023). Constitute-Based Religious Moderation Education : Studies on the Qadariyah wa Naqsabandiyah Thariqah in Islamic Boarding School. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AJIE), 7(2).
Marwa, A. (n.d.). ﺺﻨﻟا ةءاﺮﻗ ةرﺎﻬﲟ ﺔﻴﺑﺮﻌﻟا ﺔﻐﻠﻟا ﻢﻠﻌﺗ ﰲ ﺬﻴﻣﻼﺘﻟا ﺔﺒﻏر و ﻢﻠﻌﳌ ﺔﻴﻨﻬﳌا ةءﺎﻔﻜﻟا ﲔﺑ ﺔﻗﻼﻌﻟا ﺔﻴﺑﻮﻨﳉا ىﺮﻄﻣﻮﺳ ساور سﻮﻣ ﻦﻳﺮﺟﺎﻬﳌا ﺔﻴﻟﺎﻌﻟا ﺔﺳرﺪﳌ, ﺔﻴﺑﺮﻌﻟا.
Muhammad, K. (2020). Ta’līm as-Sharf bi Kitâb Tashīl as-Sharfiyyah fil-Madrasah ats-Tsânawiyyah Ittifaqiyyah. Taqdir, 6(1), 65–73. https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i1.5893
Mukmin, M. (2019). the Effect of Educational Background and Language Competence on Students’ Arabic Language Motivation. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6(1), 36–52. https://doi.org/10.15408/a.v6i1.10484
Mukmin, M., & Ghofur, A. (2018). Tahlîl Al-Akhtâ’ Al-Nahwiyyah Fî Qirâah Kutub Al-Turots ‘Inda Al-Talâmîdz Bi Ma’Had Al-Falah Al-Salafi Banyuasin. Taqdir, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i1.2282
Mukmin, M., Hidayah, N., & Marpuah, S. (2023). Reorientation of The Arabic Language Curriculum for Secondary Education in The Endemic Era. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 10(2), 217–229. https://doi.org/10.15408/a.v10i2.34960
Munir, M. (2016). The Continuity and the Culture Change of Pesantren in South Sumatra. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 21(1), 87–100. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.741
Nazarmanto, & Istiqomah. (2019). تعليم اللغة العربية في ضوء تكنولوجيا التعليم الإلكتروني في الفصل السابع بالمدرسة الثانوية الدينية العلمية الإسلامية الأزهر قاهرة بالمبانج. Taqdir, 5(1), 1–16.
Nufus,erlina, koderi, H., Utama, M., & Ramadhan, C. (2022). Development of Tarkib Teaching Materials Based on Motion Graphic in Islamic Junior High School ةمدق م تانوكلما ىلع نوكم لك رثؤي ثيح ةيجهنم ةقيرطب ملعلما اهب موقي ةيلمع ميلعتلا نإ . ملعتلما مامتهلا ةريثلما تايجيتارتسالاو ةيتاولما تلااحلا قيقحت ىلإ ملعلما ج. 14(1), 40–57. https://doi.org/10.24042/albayan.v
Nurani, Q., Irmansyah, I., & Dwi, I. (2019). Ta’līm An-Nahw bi Istikhdâm Kitâb Amtsilati fī al-Ma’had Abdurrahman. Taqdir, 5(2), 41–53. https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.5018
Penelitian, J., Pendidikan, A., Putri, A. K., Kurniawati, W., Magister, S., & Dasar, P. (2024). E d u k a s i. 16(01), 17–26.
Purnomo, J., Rohayati, E., Hidaya, N., & Ramasepti, W. (n.d.). Learning Nahwu Using The Book Of Murod Awamil Mandaya Using The Sorogan Method At The Ardaniah Pusat Islamic Boarding School Serang-.
Rohayati, E., Wasilah, & Rahmadewi, S. (2024). Pembelajaran Shorof menggunakan Buku Al-Maqsud dengan Metode Istiqraiyyah. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 8(1), 49–57.
Sabana, R. (n.d.). ةرهاقلا رهزلأا ة ّ يملاسلإا ة ّ يئادتبلإا ةسردلمبا ةيبرعلا ةغللا ميلعت في ةبقارلما ةرادإ غابلماف ) ة ّ يبرعلا يرغب ينقطا ّ نلل يفصو يليلتح ثبح (. 95–109.
Septriani, E., Imron, K., & Oktamarina, L. (2022). Dampak Penggunaan Smartphone terhadap Perilaku Tantrum Anak Usia 5-8 Tahun (Fenomenologi di Desa Air Gading Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1425–1431. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.587
Utaminingtyas, S., Utami, W. T. P., & Mahardika, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pada Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Puzzle Peserta Didik Kelas II SD Negeri Trukan. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 15(1), 71–82. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i1.9079
Yuniar, A. H. &. (n.d.). نﺎﻛ و أ مﻼﺴﻟا رﻮﻧ ﺔﻴﺋاﺪﺘﺑ ﻻا ﺔﺳرﺪﻤﻟﺎﺑ ﺲﻣﺎﺨﻟا ﻒﺼﻠﻟ ﺔﻴﺑﺮﻌﻟا ﺔﻐﻠﻟا ﻢﻴﻠﻌﺗ ﺔﻔﻴﻔﻋ ﺔﻤﻜﺣ و رﺎﻴﻧﻮﻳ : داﺪﻋإ ﺚﺤﺒﻟا ﺺﻠﺨﺘﺴﻣ . ﺔﻴﻗﺮﺸﻟا ﻮﻟو أ ﺞﻨﻳﺮﻤﻛ ﻲﻓ ﺬﻴﻣﻼﺘﻟا ﻢﻠﻌﺗ ﺔﺠﻴﺘﻧ ﻰﻠﻋ ﻦﻴﻔﻴﺿ و ﻦﻳ ءﺎﻘﺑ ﻢﻴﻠﻌﺘﻟا جذﻮﻤﻧ ﻖﻴ ﺒﻄﺗ ﺮﻴﺛﺄﺗ.
Yuniar, F. H. & T. A. (2022). Development of Tarkib Teaching Materials Based on Motion Graphic in Islamic Junior High School ةمدق م تانوكلما ىلع نوكم لك رثؤي ثيح ةيجهنم ةقيرطب ملعلما اهب موقي ةيلمع ميلعتلا نإ . ملعتلما مامتهلا ةريثلما تايجيتارتسالاو ةيتاولما تلااحلا قيقحت ىلإ ملعلما ج. 14(1), 40–57. https://doi.org/10.24042/albayan.v
Yuniar, Y., Ibrahim, I., Amilda, A., Megawati, M., & Viani, A. D. (2023). Meningkatkan Motivasi Warga Untuk Kesadaran Gotong Royong Dalam Membangun Desa Tanjung Tambak Baru Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 200. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i2.16536
إرمنشة, & اميلسا, ي. (2019). تأثير استيعاب المفردات و مدة الصرف على مهارة القرأة لدى التلميذات في المدراسة الدينية الزهراء 12 اولو بالمبانج. تقدير, 4(2), 58–74.
مؤمن, & إرمنشاة. (2018). تطوير مواد الفيديو (وسائل السمعية البصرية) في تعليم اللغة العربية
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.