PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUMPULAN DATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 1 SIDAREJA

  • Setiyono Setiyono Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Arifin Muslim Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sony Irianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pengumpulan data melalui model pembelajaran kooperatif tipe JIGAW di kelas V. Jenis penelitian ini yaitu, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 (dua) siklus, yang masing-masing siklus terdapat 2 (dua) kali pertemuan dengan masing-masing pertemuan dilaksanakan dengan satu kali rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari yang pertama yaitu perencanaan, yang kedua tindakan, yang ketiga observasi dan yang ke empat yaitu refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sidareja kecamatan Kaligondang kabupaten Purbalingga, dengan jumlah peserta didik yaitu 32 peserta didik, yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta dengan menggunakan lembar observasi peserta didik ranah afektif dan psikomotor peserta didik. Hasil peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat setiap siklusnya dengan menggunakan soal evaluasi yang dikerjakan oleh peserta didik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan bahwa pembelajarn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW  dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengumpulan data di kelas V SD Negeri 1 Sidareja. Peserta didik mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya dengan skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu 60,61 % dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata yaitu 82,84% dengan kriteria sangat baik pada lembar evaluasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 4, 2020
How to Cite
SETIYONO, Setiyono; MUSLIM, Arifin; IRIANTO, Sony. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUMPULAN DATA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 1 SIDAREJA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 25 - 37, july 2020. ISSN 2548-6950. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/2514>. Date accessed: 02 dec. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.2514.