PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK TARI KICIR - KICIR DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS V SDN SEMANAN 05
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Keywords:
metode drill, tari Kicir-Kicir, keterampilan gerakAbstract
Rendahnya keterampilan gerak tari siswa dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar menjadi permasalahan utama, terutama akibat metode pembelajaran yang kurang interaktif dan minimnya partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak tari Kicir-Kicir pada siswa kelas V melalui penerapan metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas V SDN Semanan 05 Pagi tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, angket, dan dokumentasi, yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keterampilan gerak siswa, termasuk ketepatan gerakan, keluwesan, ekspresi, dan kekompakan kelompok. Persentase ketuntasan siswa meningkat dari 44% pada siklus I menjadi 81% pada siklus II, melebihi kriteria keberhasilan sebesar 76%. Temuan ini menunjukkan bahwa metode drill efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak tari sekaligus mendorong motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, metode drill direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang interaktif dan aplikatif dalam pembelajaran seni tari di sekolah dasar.Downloads
References
Adinda, Y. N., Lutfiana, R. F., & Ismanto, P. H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sbdp Materi Tari Kreasi Menggunakan Model PJBL Di SD Negeri Kauman 1 Malang. Journal of Social Science Reseacrh, vol 3 (https://jinnovative.org/index.php/Innovative/issue/view/7).
Anjarsari, I., Sarwi, & Sudarmin. (2024). Analisis Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan dan Tari Tradisonal di Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.47134/paud.v2i2.1302
Artha, I. K. A. (2021). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Smash Bulutangkis Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 4 Busungbiu. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.4420479.
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur : Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4325–4336. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800
Fransiska, C., Masykur, R., & Putra, F. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill ditinjau dari Gaya Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 131–140. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4147
Handu, K. T., Yulinis, Y., & Widiastuti, N. M. D. (2024). PEMBELAJARAN TARI KAKA NGKIONG MENGGUNAKAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS DI SANGGAR PARIPURNA BONA, GIANYAR BALI. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 4(1), 95–102. https://doi.org/10.59997/pensi.v4i1.3229
Hidayat, V. A. (2020). GERAK DAN RASA DALAM TARI MERAK JAWA BARAT. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(2), 104. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.804
Hidayati, N. A. (2020). PENERAPAN METODE MIND MAP BERBASIS DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DI PRODI PBSI IKIP PGRI BOJONEGORO. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578
Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran.
Sabanil, S., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Hidden Curriculum untuk Menumbuhkan Karakter Kebhinekaan Global Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6567–6579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3306
Selvi, S. N. M., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Pembelajaran Kolaboratif Untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dunia Pendidikan, vol 4. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1465
Sari, M. W. R., Karyati, D., & Budiman, A. (2021). Penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe stad untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Ringkang, vol 1. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ringkang.v1i2.35863
Wijiastuti, A., & Susanto, Moh. R. (2024). Ekplorasi tari kreasi melalui project based learning sebagai upaya peningkatan kreativitas dan kolaborasi pada siswa kelas v sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol 9. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12299
Xuan, Y., & Della, C. (2024). Assessing the impact of interactive multimedia learning platforms on dance education outcomes. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 11(9). https://doi.org/https://doi.org/10.21833/ijaas.2024.09.002
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.