Bahasa Iklan di Tiktok: Studi Kualitatif Terhadap Strategi Komunikasi Persuasif Influencer pada Akun @bangucup dalam Menarik Minat Pembeli

Authors

  • Aritiastary Universitas Negeri Makassar
  • Fitriana Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Haliq Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.25129

Keywords:

Tiktok, persuasive communication, advertising language, digital marketing

Abstract

Tiktok merupakan salah satu platform media sosial yang saat ini telah menjadi sarana paling popular dalam startegi pemasaran digital. Berbeda dengan media sosial lainnya, TikTok memungkinkan pengguna, termasuk bisnis dan influencer, untuk berinteraksi langsung dengan audiens melalui fitur seperti komentar, siaran langsung, dan tantangan berbasis tren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi persuasif dalam bahasa iklan yang digunakan oleh akun @bangucup dalaam menarik minat pembeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis terhadap 150 konten video dari akun tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten dari akun @bangucup menggunakan gaya bahasa iklan yang cenderung santai, gaul, menghibur, emosional, dan kadang unik dengan gaya marah-marah ini yang justru menjadi daya tarik tersendiri selaras dengan karakteristik pengguna Tiktok. Strategi seperti penggunaan sudut pandang (POV), storytelling, humor, dan pemanfaatan tren hastag tidak hanya efektif dalam membangun interaksi dan keterlibatan audiens, tetapi juga terbukti efektif dalam mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan strategi pemasaran di Tiktok sangat dipengaruhi oleh kekuatan komunikasi persuasive dan pemilihan bahasa yang sesuai dengan karakteristik platform dan target audiens.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amali, A., Anatasya, C., Pratiwi, E. D., & Sari, K. (2025). Behind The Scene: Eksistensi Remaja Pada Media Sosial TikTok Melalui Konten Point Of View (POV). ADAPTASI: Jurnal Sosial Humaniora Dan Keagamaan, 2(1), 226-240.

Andary, R. W. & Khairullah. (2023). Media Sosial Dan Eksistensi Remaja. Jurnal Riset Ilmiah, 843-850.

Bogdan, Robert C. & Sari Knopp Biklen, Qualitatif Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon, Inc.1982

Harahap, S. R. (2023). Strategi Komunikasi Persuasif Akun Tiktok@ Risyad_Bay Dalam Berdakwah (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kirk, J., & Miller, M.L. 1986. Reliability and Validity Qualitative Research, Vol. 1. Beverly Hills, California: Sage Publications.

Liantika, D. A., Kusumaningsih, D., & Septiari, W. D. (2023). Stategi pemilihan komposisi iklan untuk menguatkan pesan bahasa pada iklan skincare di tiktok. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 50-56.

McGorry, M., & College, M. (2022). Harry Potter and the Medium of TikTok: Shifting and POV Videos During Quarantine. Media and Communications Honors Thesis, 1-41

Putri, N. W. E., & Pratyaksa, I. G. T. (2023). KOMUNIKASI PERSUASIF PADA AKUN TIKTOK@ thekeranjangbali DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE. COMMUNICARE, 4(1), 41-50.

Ramadhan, H., Ilham, R. P., Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok@ jogjafoodhunterofficial) Analysis of Digital Marketing Techniques in Tiktok Aplication (Case Study of@ jogjafoodhunterofficial). Online) Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49-60.

Setiawan, Arwah.1990. Teori Humor.Jakarta: Majalah Astaga, No.3Th.III,hal.34-35.

Simanjuntak, A.L. (2008). Seni Bercerita. Jakarta: Gunung Mulia.

Stathopoulou, A., Borel, L., Christodoulides, G., & West, D. (2017). Consumer Branded #hashtag Engagement: Can Creativity in TV Advertising Influence Hashtag Engagement?. Psychology & Marketing, 34(4), 448-462.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. PT Remana Rosdakarya. Bandung

Susanti, Y., Korining Tyas, D., & Aryo Saputra, B. (2021). Gaya bahasa dan teknik persuasif pada iklan pasta gigi di Youtube tahun 2020. Jurnal Kansasi, 6(2). http://jurnal.stkippersada.ac.id/ju rnal/index.php/KAN.

Downloads

Published

2025-06-06