UPAYA PENINGKATAN LITERASI BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA SISWA SD UNISMUH MAKASSAR

Authors

  • Maria Ulviani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Arisa Universitas Puangrimaggalatung
  • Rosmalina Kemala Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Akbar Aba Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25101

Keywords:

speaking literacy, ifferentiated instruction, classroom action research

Abstract

This classroom action research aims to improve students’ speaking literacy through the application of differentiated instruction in SD Unismuh Makassar. The background of the problem stems from the students’ low speaking participation and limited vocabulary in expressing their thoughts verbally. The objective of the research is to enhance students’ ability to speak coherently and confidently in learning activities. The study was conducted in two cycles, with each cycle including planning, action, observation, and reflection stages. The subjects of the study were fourth-grade students, and the data collection techniques included observation, field notes, and speaking performance assessments. The results showed a significant improvement in students’ speaking skills in terms of fluency, clarity, and confidence. The differentiated learning model, which accommodated students’ needs, readiness, and interests, effectively created an inclusive and engaging learning atmosphere. It also supported teachers in designing more adaptive strategies. Based on the findings, differentiated instruction is recommended as an effective alternative method to foster speaking literacy in elementary school settings.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsjad, Maidar G dan Mukti U.S. 2005. Pembinaan Kemampuan Bebicara Bahasa. Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Ditasona, C. 2013. Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa Sma. [Internet]. diakses pada hari senin, 11 April 2025 pukul 15.07 WITA. Tersedia pada: http://repository.upi.edu/2138/.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Model dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Erlinawati. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Diskusi terhadap Keterampilan Berbicara Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Paranginan”.

Faiz, Aiman. dkk., 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Pengerak Pada Modul 2.1”. 6(2). Cirebon: Universitas Muhammadiyah Cirebon

Febryaningsih,dkk. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD”. Jurnal Penelitian, 4(1): 1-10. (online) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ JJPGSD/article/ view/6938. Diakses 05 April 2025.

Gatot. 2020. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN Sriwedari Surakarta. Jurnal Penelitian. (online) https://eprints.uns.ac.id/9692/1/Unlock-b_(10).pdf. Diakses 07 Mei 2025

Haryani, Sri. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Model Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III B MI

Hastuti P.H. Sri. dkk. 2020. Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar kelas VI Kota Madya Surabaya. Jakarta : Depdiknas.

Heacox, D. (2013). Pembelajaran Diferensiasi: Panduan Praktis untuk Guru Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Indeks.

Hilaliyah. Tatu. 2017. Tes Keterampilan Berbicara Siswa dalam Pembelajaran.Vol.2(1).MLI Cabang Untirta dan HISKI Banten. Jakarta.

Imansyah, H., & Mahmud, M. (2020). Pengembangan Literasi Siswa Sekolah Dasar melalui Strategi Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 45–56.

Julaeha. Siti. dan Mohhammad Erihardiana. 2022. Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM dalam Prespektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. 4(1). Bandung.

Ma”Arif Bego. Jurnal Penelitian. (online)http://digilib.uinsuka.ac.id119631BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%20PUSTA KA.pdf. Diakses tanggal 05 Mei 2025.

Melasarianti, Lolita. 2018. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Plus Pada Mata Kuliah Berbicara. Jurnal Penelitian. 9(1). (online) http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jli/article/download/578/769/. Diakses 05 Mei 2025.

Nurhadi. (2004). Pendidikan Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Pratama, Adi. 2019. Model Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. 6(2).606.

Ratri Niandani (2014). “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Muatan Ips Siswa Kelas Iv Sd N Tambakaji 01 Semarang”. Semarang.

Rediasih, L,dkk. 2017. ”Pengaruh Model Pembelajaran Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V”. Jurnal Penelitian, 5(2): 1-10 .(online) https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11010. Diakses. 06 Mei 2025.

Rusyda. Siti Hadaina. 2022. “Pengaruh Model Paired Storytelling terhadap Keterampilan Bercerita pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswaa Kelas IV MI Dayatussalam Cileungsi Bogor”. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Saddhono Kundharu & Slamet. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Santrock, J. W. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Satriani, Neni. dkk. 2019. “Pengembangan Program Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Membaca anak dengan hambatan pendengaran”. 9(124). Internasional Conference on Special Education In Southeast Asiaregion.

Situmorang, Erlinawati. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Debat terhadap Keterampilan Berbicara Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Paranginan”. Jurnal Penelitian, 1(1):181. (online) http://journal.ojsunita.com/index./unita /article/view/26/24. Diakses 06 Mei 2025.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, I. & Rahman. 2018. “Penerapan Metode Debat Inisiasi Berorientasi Karakter Terhadap Keterampilan Berbicara Dan Berpikir Kreatif Siswa SD”. Jurnal Penelitian, 1(3): 229-250 (online) http://ejournal.uika-bogor. ac.id/ index.php/at-tadib/article/view/150. Diakses 08 Mei 2025.

Suratiyanti, Ita (2015) Keefektifan Penerapan Metode Debat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Petinggen Yogyakarta. http://eprints.uny.ac. id/225 07/. Diakses 09 Mei 2025.

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms (3rd ed.). Alexandria, VA: ASCD.

Wahyunigrum. S.R., dkk. 2021. Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assirtive Training untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa di SMK Kesehatan Nusantara.

Downloads

Published

2025-06-16

Most read articles by the same author(s)