PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FIND SOMEONE WHO DAN APLIKASI INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25096Keywords:
Find Someone Who, Aplikasi Interaktif, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran find someone who dan aplikasi interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI di SD Plus Baitussalam Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan desain penelitian Quasi- Experimental-Design dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VI A sebagai kelas kontrol dan kelas VI B sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VI A berjumlah 20 siswa dan kelas VI B berjumlah 20 siswa dengan latar belakang dan tingkat kemampuan yang setara. Uji-t (Independent Sample t-test) digunakan untuk menguji pengaruh model pembelajaran find someone who dan aplikasi interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan besarnya probabilitas (Sig. 2-tailed) = 0,002 < 0,05 (taraf signifikasi) dan diperoleh t-hitung sebesar 3,206 lebih besar dibandingkan t-tabel sebesar 2,009. Sehingga dapat dibuktikan bahwa pengaruh model pembelajaran find someone who dan aplikasi interaktif dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas VI di SD Plus Baitussalam Tulungagung.Downloads
References
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan ajar sebagai bagian dalam kajian problematika pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65.
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Aliyas, R., Ismail, M. I., & Maulana, A. (2019). Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 46–60.
Amal, N., Heriansyah, H., & Achmad, D. (2024). The Use of “Find Someone Who” Method in Improving Students’ Speaking Skill. Research in English and Education Journal, 9(3), 112–120.
Astutik, L. S., Dwinata, A., Af’idah, N., & Wahyuningsih, E. T. (2025). Platform Literasi Cloud dalam Mendukung Kegiatan Membaca Nyaring Anak TK Tunas Gama Kabupaten Jepara. Jurnal Simki Postgraduate, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jspg.v4i1.896
Dahiya, S., Jaggi, S., Bhardwaj, K. K., Goyal, R. C., & Varghese, C. (2016). An Learning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132–135.
Dwinata, A., Ahmad, M., Astutik, L. S., & Af’idah, N. (2024). Al badar islamic elementary school as representative of leading schools in tulungagung. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 3(2), 50–58. https://doi.org/https://doi.org/10.59944/jipsi.v3i2.282
Dwinata, A., Pahru, S., Astutik, L. S., Susilo, C. Z., & Pratiwi, E. Y. R. (2023). Motivasi Dan Interaksi Sosial sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemic Covid-19. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 126–133. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1
Dwinata, A., Pratiwi, E. Y. R., & Nuruddin, M. (2023). The Effectiveness Of Brainstorming Method And Audio-Visual Media On The Learning Outcomes Of Elementary School Ips Students. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(1), 77–86. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3806
Dwinata, A., & Rachmadyanti, P. (2024). Filsafat Ilmu: Konsep, Kedudukan, dan Orientasi Berpikir. Jombang: CV Ainun Media.
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif dengan aplikasi powntoon pada mata pelajaran bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–13.
Hardinanto, E., & Dwinata, A. (2022). Analisis Wacana Kritis pada Novel Tempurung Karya Oka Rusmini dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 935–946. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v7i02.3427
Hidayah, N. (2017). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291
Joyce, B., & Weil, M. (1980). Models of Teaching. USA: Allyn and Bacon A Simon & Scuster Company.
Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454
Nurfijriah, H. L., Yunianti, A. R., & Dwinata, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity, 2(1), 66–71.
Nurhaniyah, B., Soetjipto, B. E., & Hanurawan, F. (2015). The Implementation of Collaborative Learning Model" Find Someone Who and Flashcard Game" to Enhance Social Studies Learning Motivation for the Fifth Grade Students. Journal of Education and Practice, 6(17), 166–171.
Pratiwi, E. Y. R., Dwinata, A., Nuruddin, M., Raharja, H. F., & Susilo, C. Z. (2025). Pendampingan Pabrikasi Media Pembelajaran Komprehensif dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Tanjung Kabupaten Kediri. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 9(1), 87–97. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v9i1.23628
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sunaenah. (2023). Find Someone Who to Enhance Learning Outcomes in Speaking Skill. BAHTRA: Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(01), 83–87.
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model pembelajaran bahasa indonesia yang efektif pada anak usia sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.