PENERAPAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 SUMBER CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25061Keywords:
, Hasil Belajar, matematika, pembelajaran berdiferensiasiAbstract
Perbedaan kesiapan, minat, dan gaya belajar peserta didik sering tidak terakomodasi dalam pembelajaran konvensional, sehingga memengaruhi hasil belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V SDN 1 Sumber melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I menerapkan diferensiasi berdasarkan kesiapan belajar, sedangkan siklus II berdasarkan minat belajar. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 32,9 (pretest) menjadi 75,5 pada akhir siklus II, serta meningkatnya keterlibatan peserta didik selama pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika, khususnya pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan TerbesarDownloads
References
’Adawiyyah, R., Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa SD Kelas II. As-Sabiqun, 6(2), 312–324. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i2.4558
Ade Sintia Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.
Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127, 11(8), 1–14.
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KURIKULUM MERDEKA. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Hadiawati, N. M., Prafitasari, A. N., & Priantari, I. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95
Hasanah, O. N., & Surakarta, U. M. (2024). DI SEKOLAH DASAR ELSE ( Elementary School Education. 8(1), 204–213.
Izzah, Z. N., Humairah, H., & Kharisma, A. I. (2024). Analisis Penyebab Kurangnya Kemampuan Berhitung pada Materi KPK dan FPB Siswa Kelas V SDN Canditunggal. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 167–177. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.505
Kurnia Amalia, D., & Adi, P. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level Untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 2 Pakis. JurnalMIPAdanPembelajarannya, 4(4), 2024. https://doi.org/10.17977/um067.v4.i4.2024.3
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Marantika, J. E. R., Tomasouw, J., & Wenno, E. C. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas. German Für Gesellschaft (J-Gefüge), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8
Naldi, W., Suryadi, S., R, G. A., Herman, T., & Dwiana, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5224–5231. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2374
Purnawanto, A. T. (2023). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34–54.
Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)), 29–41. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4399
Sabri, S. (2020). Peningkatan hasil belajar KPK dan FPB dengan pendekatan konstruktivisme. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 79. https://doi.org/10.29210/02628jpgi0005
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Sianipar, A. H. J., Hasanah, Sujarwo, Hartati, S., & Wahyuni, A. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 2(1), 200–205.
Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475
Unaenah, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi FPB Dan KPK Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan SEROJA, 2(Mi), 1–19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.