UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25056Keywords:
Discovery Learning, Self-Regulated Learning, Google SitesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan self-regulated learning siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbantuan media Google Sites Penelitian dirancang sebagai Classroom Action Research yang diimplementasikan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat fase: (1) perumusan rencana aksi, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan, dan (4) evaluasi refleksi. Partisipan penelitian melibatkan 43 siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Denpasar pada tahun ajaran 2024/2025. Tingkat self-regulated learning siswa diukur melalui kuesioner yang mencakup aspek metakognitif, motivasi, dan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase skor kemampuan self-regulated learning siswa mengalami peningkatan dari pra-siklus hingga siklus II, yaitu 56,07%, 64,80%, dan 73,87%. Pada akhir siklus II, persentase siswa yang memiliki kemampuan self-regulated learning dalam kategori tinggi dan sangat tinggi mencapai 79,07%. Dengan demikian, penerapan Discovery Learning berbantuan media Google Sites dapat meningkatkan kemampuan self-regulated learning siswa.Downloads
References
Anis, Y. W. (2017). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model
Discovery Learning di Kelas VIII SMP. Jurnal EDUCATIO, 3(2), 15-24
Arrahmah, J., Kusuma, Y. Y., & Fadhilaturrahmi, F. (2024). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.919.
Arsyad, R. N., Sarson. W.D.P., Nurhayati, & Novianita. A. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 48-56.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.
Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). Self Regulated Learning sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 139–146.
Febrian, M. A., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran kolaboratif: Perspektif teoritis dan praktis. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 152–159.
Febriyanto, E., dkk. 2025. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Google Sites Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 10(2),1565-1572.
Junaila, S., & Yerizon. (2021). The Efforts to Improve Mathematical Communication and Self Regulated Learning of Students By Using the Guided Discovery Method in Class X. IS3 SMAN 2 Sungai Limau. Journal of Physics Conference Series.
Khairunisa, N. (2011). Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran. Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Kristin, F., Chintia, I. N., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 69-77.
Kristiyanti, T. (2016). Self-Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Kurniasih, A. W., Wiyanti, D. T., & Zahid, M. Z. (2018). Visualisasi konsep matematika dalam pembelajaran menggunakan GeoGebra. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 796-799.
Murtado, D., Hita, I., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A., & Yahya, M. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas, 6(1), 35-47.
Parantika, I. W. A. (2022). Pengembangan Instrumen Self Regulated Learning dan Kecerdasan Emosional Pada Pembelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha
Rahmatia, D., & Corry, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Self-Regulated Learning Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 20 Surabaya. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah,13(2).
Ruliyanti, Bekti D. dan Hermien L. (2014). Hubungan Antara Self-Efficacy Dan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa Sman 2 Bangkalan. Character. Volume 03 (No 2).
Satrio, Y. D., & Budi, W. (2021). Penerapan self-regulated learning dalam manajemen perilaku siswa pada pembelajaran online kelas XI. KAIROS: Jurnal Ilmiah, 1(2), 101-124.
Setiawan, K., Naomi, S., & Winata, W. (2022). Pengembangan desain media pembelajaran berbasis Google Sites kepada guru pada pembelajaran daring di SMP Islam Harapan Ibu Jakarta-Selatan. Jurnal Instruksional, 4(1), 73–82.
Zimmerman, B. J. (1990). Self regulated learning and Academic Achievement: an Overview. Journal Educational Psychology, 49(1): 3-17.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming A Self Regulated Learner: An Overview. Theory Into Practice, 41(1): 64-72.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.