UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI PENERAPAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SITES

Authors

  • I Made Dharma Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Anugrah Pinaruh Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25056

Keywords:

Discovery Learning, Self-Regulated Learning, Google Sites

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan self-regulated learning siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbantuan media Google Sites Penelitian dirancang sebagai Classroom Action Research yang diimplementasikan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat fase: (1) perumusan rencana aksi, (2) implementasi tindakan, (3) pengamatan, dan (4) evaluasi refleksi. Partisipan penelitian melibatkan 43 siswa kelas X RPL 1 SMK Negeri 1 Denpasar pada tahun ajaran 2024/2025. Tingkat self-regulated learning siswa diukur melalui kuesioner yang mencakup aspek metakognitif, motivasi, dan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase skor kemampuan self-regulated learning siswa mengalami peningkatan dari pra-siklus hingga siklus II, yaitu 56,07%, 64,80%, dan 73,87%. Pada akhir siklus II, persentase siswa yang memiliki kemampuan self-regulated learning dalam kategori tinggi dan sangat tinggi mencapai 79,07%. Dengan demikian,  penerapan Discovery Learning berbantuan media Google Sites dapat meningkatkan  kemampuan self-regulated learning siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anis, Y. W. (2017). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model

Discovery Learning di Kelas VIII SMP. Jurnal EDUCATIO, 3(2), 15-24

Arrahmah, J., Kusuma, Y. Y., & Fadhilaturrahmi, F. (2024). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.919.

Arsyad, R. N., Sarson. W.D.P., Nurhayati, & Novianita. A. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 48-56.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). Self Regulated Learning sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 139–146.

Febrian, M. A., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran kolaboratif: Perspektif teoritis dan praktis. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 152–159.

Febriyanto, E., dkk. 2025. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Google Sites Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 10(2),1565-1572.

Junaila, S., & Yerizon. (2021). The Efforts to Improve Mathematical Communication and Self Regulated Learning of Students By Using the Guided Discovery Method in Class X. IS3 SMAN 2 Sungai Limau. Journal of Physics Conference Series.

Khairunisa, N. (2011). Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran. Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kristin, F., Chintia, I. N., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 69-77.

Kristiyanti, T. (2016). Self-Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Kurniasih, A. W., Wiyanti, D. T., & Zahid, M. Z. (2018). Visualisasi konsep matematika dalam pembelajaran menggunakan GeoGebra. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 796-799.

Murtado, D., Hita, I., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma’mun, A., & Yahya, M. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas, 6(1), 35-47.

Parantika, I. W. A. (2022). Pengembangan Instrumen Self Regulated Learning dan Kecerdasan Emosional Pada Pembelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha

Rahmatia, D., & Corry, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Self-Regulated Learning Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 20 Surabaya. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah,13(2).

Ruliyanti, Bekti D. dan Hermien L. (2014). Hubungan Antara Self-Efficacy Dan Self-Regulated Learning Dengan Prestasi Akademik Matematika Siswa Sman 2 Bangkalan. Character. Volume 03 (No 2).

Satrio, Y. D., & Budi, W. (2021). Penerapan self-regulated learning dalam manajemen perilaku siswa pada pembelajaran online kelas XI. KAIROS: Jurnal Ilmiah, 1(2), 101-124.

Setiawan, K., Naomi, S., & Winata, W. (2022). Pengembangan desain media pembelajaran berbasis Google Sites kepada guru pada pembelajaran daring di SMP Islam Harapan Ibu Jakarta-Selatan. Jurnal Instruksional, 4(1), 73–82.

Zimmerman, B. J. (1990). Self regulated learning and Academic Achievement: an Overview. Journal Educational Psychology, 49(1): 3-17.

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming A Self Regulated Learner: An Overview. Theory Into Practice, 41(1): 64-72.

Downloads

Published

2025-06-07