PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 2 BAJONG PURBALINGGA

Authors

  • Wahyu Nurlinawati Pascasarjana Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Tutuk Ningsih Pascasarjana Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02`.25055

Keywords:

Teacher Role; Critical Thinking; Science

Abstract

Peran guru dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar Negeri 2 Bajong Purbalingga. Keterampilan berpikir kritis sangat penting dalam pendidikan, terutama di tingkat dasar, karena dapat membekali siswa dengan kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi untuk masalah yang dihadapi. Melalui pendekatan yang tepat, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa strategi pengajaran yang berfokus pada keterlibatan aktif siswa, pemecahan masalah, dan diskusi kelompok berkontribusi signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. *The Delphi Report*.

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). (2020). *PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do*. OECD Publishing.

World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report 2020.

Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan. (2021). Laporan Penelitian tentang Metode Pembelajaran di Sekolah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Statistik Pendidikan 2022.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. *The Delphi Report*

Wahid Bayu Permana & Tutuk Ningsih (2025). Peran Guru kreatif: implementasi smart tablets untuk materi IPAS tentang sejarah kerajaan di Indonesia Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vo. 9, No. 1, Januari 2025 : 157-168.

Tutuk Ningsih (2023). Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran IPS. Jurnal Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International.

Arum, R., & Roksa, J. (2011). *Academically Adrift: Limited Learning on College Campuses*. University of Chicago Press.

Dewey, J. (1933). *How We Think*. D.C. Heath and Company.

Facione, P. A. (2011). *Critical Thinking: What It Is and Why It Counts*. Insight Assessment.

Hwang, G. J., Wu, P. H., & Chen, C. H. (2019). A collaborative mobile learning approach to enhancing the learning performance of students in a science course. *Journal of Computer Assisted Learning*, 35(3), 307-318.

Minner, D. D., Levy, A. J., & Century, J. (2010). Inquiry-based science instruction—What is it and does it matter? *Results from a research synthesis of the effects of

Downloads

Published

2025-06-16