Nilai Moral Tokoh Utama dalam Serial Kartun Strawberry Shortcake

Authors

  • Tantri Kirana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25054

Keywords:

Children Literature, Moral Value, Cartoon Film

Abstract

Karya sastra merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Mengingat hal tersebut, tidak dipungkiri lagi jika di dalam karya sastra terdapat nilai-nilai moral yang terkandung. Nilai moral sangatlah penting dalam pembentukan karakter, terutama untuk anak. Oleh sebab itu nilai moral disampaikan dalam bentuk kartun atau gambar bergerak dan disajikan dengan cerita yang dapat menarik perhatian anak. Salah satu serial kartun anak yang cukup dikenal adalah serial Strawberry Shortcake yang menjadi objek dalam penelitian ini. Penelitian ini memfokuskan pada nilai moral yang terkandung dalam serial kartun Strawberry Shortcake dengan menggunakan kajian teoritis mengenai nilai moral Nurgiyantoro dengan metode deskriptif kualitatif. Bentuk nilai moral yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain keberanian, pemaaf, bertanggung jawab, menghormati, dan tolong menolong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhira, N. A. (2022). Representasi Nilai Moral pada Film yang Berjudul “Bebas” (Kajian Sosiologi Sastra). DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 161–169. https://doi.org/https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.256

Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287–295. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.164

Aziz, M., Napitupulu, D. S., & Siahaan, J. (2024). Kartun Sebagai Media Pembelajaran Akhlakul Karimah Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.766

Etika Lusy, O., Astuti, T., & Ramadan Lazuardi, D. (2021). Analisis Nilai Moral Tokoh Utama Novel Refresi karya Fakhrisina Amalia. JURNAL KASTRAL: Kajian Sastra Nusantara Linggau, 1(1).

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598

Hasanah, U., Fajri, N., & Al Junaidiyah, R. A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Agustus, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Kurniawati, N., Fathurrohman, I., & Roysa, M. (2022). Analisis Semiotika Budaya Jawa Tengah pada Film Mangkujiwo Karya Azhar Kinoi Lubis. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1, 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.56916/bip.v1i1.217

Lutfiah, N., Tricia Nirmala, F., & Aini Sa, N. (2024). Nilai Moral Tokoh Utama pada Film Rumah Masa Depan Karya Danial Rifki dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. JUPENSAL: Jurnal Pendidikan Universal, 1, 222–233.

Manao, M. M. (2021). Perwatakan Tokoh Utama Dalam Kumpulan Cerita “Setengah Pecah Setengah Utuh” Karya Parlindungan Marpaun. KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i1.413

Nala Fadillah, H., & Purwasusanto, H. (2024). Nilai Moral Tokoh dalam Film “Hati Suhita” Karya Archie Hekagery dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2(2), 82–88. https://doi.org/10.60012/cje.v2i2.104

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan Bahasa. Cakra Books.

Nurgiyantoro, B. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.

Pratiwi, H., & Meirizky, A. R. (2022). Analisis Tokoh dan Penokohan Novel Konspirasi Alam Semesta Karya Fiersa Besari. Jurnal Membaca Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1.14831.g8926

Razzaq, A. A., & Setiawan, H. (2022). Konflik Batin Tokoh Mustafa dalam Novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur. Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS

Suta Wardianto, B., & Khomsiyatun, U. (2020). Analisis elemen penyebab konflik batin tokoh utama (perspektif psikoanalisis Freud) dan relevansinya sebagai bahan ajar sastra di SMA. GENRE, 2(2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3918

Toruan, S. S. L., & Erwani, I. (2022). Nilai Moral Pada Tokoh Utama Dalam Film “Shéi De Qīngchūn Bù Mímáng.” Longda Xiokan: Journal of Mandarin Learning and Teaching, 5, 8–20. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/longdaxiaokan.v5i1.39125

Warnita, S., Linarto, L., Cuesdeyeni, P., & Gunawan, H. (2021). Analisis Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Perahu Kertas Karya Dewi Lestari. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2852

Winata, K., & Arifin, Y. Y. (2023). Nilai Moral Tokoh Utama Dalam Film Mulan Karya Niki Caro (Kajian Sosiologi Sastra). Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya720

Downloads

Published

2025-06-12