Pengembangan Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Strategi Question Student Have Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25050Keywords:
Thematic Learning, Student Learning Outcomes, Questions Students Have, Elementary schoolAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tematik yang menggunakan strategi dalam pembelajaran yaitu question student have di kelas III SD Negeri Purwadadi II. Pada penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Untuk melihat hasil kevalidan pada peneltian ini dapat kita lihat dari segi isi, bahasa dan RPP dengan jumlah total 3,72 kategori sangat valid. Strategi pembelajaran ini memberikan responden dengan rata-rata 90% direspon oleh siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan pembelajaran ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tematik dan dibantu dengan menggunakan strategi pembelajaran question student have pada kelas III SD.Downloads
References
priyani, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Si Belajar Siswa Sekolah Dasar. Research & Learning In Elementary Education , 4077-4080.
Aulia. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Questions Students Have Pada Pembelajaran Ips Di Sd/Mi. 26-36.
Endang Fatmawati, D. (2022). Pembelajaran Tematik. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Hasna, D. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 104.
Kiki Pratama, D. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm), 15-20.
Madinatul, D. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. 674.
Mardicko, A. (2022). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5487.
Maulana, D. (2021). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana.
Nabila, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Research & Learning In Elementary Education, 3929-3932.
Nurhaswinda. (2021). Penerapan Metode Question Student Have Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Journal Of Primary Education, 45-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.