UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA DIORAMA DI KELAS 3 SDN SILIH ASUH 2
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25031Keywords:
Diorama Media, hasil belajar, pendidikan pancasilaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas III SDN Silih Asuh 2 pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya materi penerapan nilai-nilai sila Pancasila di rumah dan di sekolah. Hasil observasi awal menunjukan hanya 38% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KTTP). Rendahnya hasil belajar ini diduga karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik perkembangan kognitif peserta didik di kelas III yang masih berada pada tahap operasional konkret. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penggunaan media diorama 2D. metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek sebanyak 21 peseta didik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi yang dianalisis secara kuantitif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan pada hasil peserta didik. Pada prasiklus, Tingkat ketuntasan sebesar 38% meningkat menjadi 57% pada siklus I, dan mencapai 71% pada siklus II. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media diorama 2D dapat membantu peserta didik memahami materi secara lebih konkret menarik dan menyenangkan, sehingga berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar Pendidikan Pancasila.Downloads
References
Fierna, M., Lusie Putri, J., Putriani, F., Santika, H., & Nadhif Mudhoffar, K. (2023). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2).
Hernawan, A. H. (n.d.). Makna Ketuntasan Dalam Belajar.
Muchtar, F., Sahabuddin, E. S., Sayidiman, &, & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas V Upt Spf SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(1), 81. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp
Munira, R., Fonna, T., Nadia, S., & Marsitah, I. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa di Universitas Almuslim. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.770
Nurfadilah, T. (2023). Keragaman Siswa Dan Pemenuhan Target Kurikulum Di SD Negeri 4 Arcawinangun, PURWOKERTO. https://primary.ump.ac.id/index.php/primary/article/view/74
Nursya’adah, S. (2025). Penggunaan Media Paprik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Meminjam Siswa Kelas II SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 5.
Purba, P. B., Juliana, A. T. M., Kuswandi, S., Sitopu, J. W., Pasaribu, A. N., Hulu, I. L., Yuniwati, I., & Masrul. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.
Ramdan, A., Qadri, A., Yoenanto, N. H., & Fardana, N. A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Diorama pada Peserta Didik Sekolah Dasar. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Sunny Novakhta, V., Siti Sundari, F., Kurniasih, M., Prajabatan Gelombang, P., Pakuan Kota Bogor, U., Polisi, S., & Bogor, K. (n.d.). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E di SDN Polisi 1 Kota Bogor.
Susanto, A. H. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Pemahaman Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/17102/8959/78620
Tico Wijaya, A., Rahayu, B., Wulan, S., Rohmatin, T., Stkip, P., & Sidoarjo, P. (2020). Pengaruh Media Diorama Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Di Sekolah Dasar. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
Widayanti, M., Robiansyah, F., & Darmawan, &. (n.d.). Penerapan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Serang 11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.